x

Asia Talent Cup Digelar Bersamaan dengan WSBK, Begini Konfirmasi MGPA

Selasa, 16 November 2021 18:58 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Isman Fadil
World Superbike (WSBK) di Qatar

INDOSPORT.COM - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) memberikan konfirmasi mengenai penyelenggaraan Asia Talent Cup yang akan digelar bersamaan dengan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Kedua ajang bergengsi itu dijadwalkan untuk dilangsungkan pada akhir pekan ini setelah sebelumnya dijadwalkan ulang karena aspek kesiapan sirkuit.

Dorna Sport dan MGPA pada Minggu (14/11/21), memutuskan untuk menunda balapan seri ke-3 IATC yang sedianya berlangsung pada 14 November ke tanggal 19-21 November.

Sekaligus dengan seri ke-4 yang menjadi penutup musim di sela-sela penyelenggaraan WSBK. Selanjutnya balapan final IATC akan dibagi ke dalam dua hari yaitu pada 20 November dan 21 November.

Baca Juga
Baca Juga

Sedangkan tanggal 19 November digunakan untuk sesi latihan bebas pembalap.

"Sebelumnya kami meminta maaf kepada seluruh pecinta balap tanah air perihal pelaksanaan IATC yang terpaksa kami jadwalkan ulang," ujar Ricky Baheramsjah selaku Direktur Utama MGPA dilansir dari Antara.

"Putaran pertama ATC yang digelar di Sirkuit Mandalika memang dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada sirkuit baru ini dapat diujicobakan layanan fasilitas dan lintasannya serta mengidentifikasi apa saja yang perlu kita tingkatkan lagi."

Baca Juga
Baca Juga

"Saat ini kami bersama Dorna dan dibantu oleh Ikatan Motor Indonesia terus berkoordinasi dengan Federation Internationale de Motorcyclisme untuk mempersiapkan race sesuai jadwal yang sudah ditentukan berdasarkan uji coba kemarin," sambungnya lagi. 

Ketum IMI Bambang Soesatyo menegaskan regulator olahraga balap tanah air itu akan segera memenuhi kelengkapan aspek keselamatan di Sirkuit Pertamina Mandalika menyusul penundaan ATC.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Bamsoet itu menjelaskan sesuai peraturan FIM, seharusnya terdapat setidaknya delapan orang marshal di setiap pos.


1. Pihak Penyelenggara Terhambat Berbagai Faktor

FIM Superbike World Championship (WSBK)

Bambang Soesatyo menegaskan bahwa pihaknya kini sedang mempersiapkan sumberdaya orang untuk memenuhiperaturan FIM.

"Ini yang akan kami lengkapi," kata Ketua IMI tersebut. Selanjutnya Ricky Baheramsjah menjelaskan soal persiapan di Sirkuit Mandalika.

"Terkait persiapan sirkuit, dapat kami pastikan bahwa pertamina Mandalika International Street Circuit tidak ada masalah dan pembangunannya sudah sesuai dengan aturan dan standar yang ditetapkan oleh FIM," ucap Ricky 

"Hal ini dibuktikan dengan terselenggaranya sesi latihan IATC di sirkuit dengan lancar," sambungnya lagi.

Sebagai pemilik sirkuit, ITDC Group telah menyiapkan infrastruktur jalan beserta sarana dan prasarana kelengkapan sesuai dengan standar international. 

Sedangkan soal penyusunan jadwal balap merupakan wewenang dari Dorna Sports. Kemudian perihal perekrutan dan penyiapan marshal sepenuhnya menjadi tanggung jaab IMI selaku tegulator otomtofif di Indonesia.

FIMAsia Talent Cup (ATC)Sirkuit Mandalika

Berita Terkini