x

Hasil F1 GP Arab Saudi: Diwarnai 2 Kali Red Flag, Hamilton Asapi Verstappen

Senin, 6 Desember 2021 02:53 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Max Verstappen (Red Bull) dan Lewis Hamilton (Mercedes) di F1 GP Arab Saudi (06/12/21).

INDOSPORT.COM – Berikut hasil Formula 1 GP Arab Saudi 2021 di Sirkuit Jeddah Corniche, Senin (06/12/21) dini hari WIB di mana Lewis Hamilton mampu meraih kemenangan sekaligus membawa perebutan gelar juara dengan Max Verstappen hingga seri terakhir di Abu Dhabi.

Saat start dimulai, Lewis Hamilton langsung menduduki posisi pertama yang diikuti oleh Valtteri Bottas dan Max Verstappen di posisi kedua  dan ketiga.

Ketiganya bahkan mampu meninggalkan lawan-lawannya dengan jauh sebelum posisi ini berubah seiring ada insiden tabrakan yang dialami Mick Schumacher.

Baca Juga
Baca Juga

Hal ini membuat Marshall mengibarkan bendera kuning yang kemudian menjadi Red Flag sesuai instruksi dari Race Control tepat di lap ke-14. Alhasil, balapan ditunda dan para pembalap memasuki Pit Lane.

Balapan kembali dimulai di lap ke-15. Baru berjalan beberapa tikungan, Red Flag kembali dikibarkan seiring terjadinya Crash yang menimpa Nikita Mazepin.

Alhasil balapan kembali dimulai di lap ke-17 di mana Max Verstappen langsung mengambil start apik dan meraih posisi pertama melewati Esteban Orcon di trek lurus menuju tikungan ketiga.

Baca Juga
Baca Juga

Memasuki lap ke 22, Verstappen dan Lewis Hamilton masih saling bersaing di posisi 1 dan 2 serta menjauhi Esteban Ocon di tempat ketiga hingga perbedaan waktu 7 detik.

Di lap ke-23, Yellow Flag kembali dikibarkan setelah Yuki Tsunoda menabrak tembok usai melakukan kontak dengan Sebastian Vettel. Balapan pun kembali dilanjutkan di lap ke-24 setelah pembalap asal Jepang itu masuk ke Pit Lane.

Di lap ke-30, Yellow Flag kembali dikibarkan seiring adanya benturan yang terjadi antara dua pembalap kawakan, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen di turn 4.


1. Lanjutan Jalannya Balapan

Max Verstappen (Red Bull) dan Lewis Hamilton (Mercedes) di F1 GP Arab Saudi (06/12/21).

Setelah lintasan dirasa Clear, balapan dimula kembali di lap ke-13. Verstappen dan Hamilton masih bersaing untuk mempertahankan dan merebut posisi pertama.

Di 16 lap tersisa, balapan hari ini sepenuhnya dimiliki oleh Verstappen dan Hamilton yang menjauh dari Ocon di posisi ketiga dengan perbedaan 20 detik lebih.

Di lap ke-37, Hamilton hampir menyalip Verstappen. Namun pembalap kelahiran Belgia ini masih mampu menjaga kecepatannya dan mulai menjauh kembali dari pembalap asal Inggris itu.

Di lap ke-38, terjadi insiden di mana  Hamilton menabrak Verstappen yang melambat. Diketahui, Verstappe ingin memberi posisi ke Hamilton namun yang bersangkutan tak memahami sehingga terjadi insiden tersebut.

Drama pun berlanjut di 10 lap tersisa. Verstappen pun memberikan posisi pertama ke Hamilton dan mendapat penalti 5 detik dari Race Control.

Kini di 4 lap tersisa, Hamilton memimpin balapan dengan keungulan 4 detik lebih dari Verstappen yang berada di urutan kedua.

Di posisi keempat dan kelima, Valtteri Bottas dan Daniel Ricciardo menjalani duel sengit untuk mengejar Esteban Ocon yang ada di tempat ketiga.

Di trek lurus jelang garis finish, Bottas pun berhasil menyalip Esteban Ocon dan berhasil meraih podium ketiga menyusul Hamilton di posisi pertama dan Verstappen di podium kedua.

Lewis HamiltonValtteri BottasMax VerstappenFormula 1Hasil PertandinganGP Arab Saudi

Berita Terkini