x

Max Verstappen dan Nelson Piquet, Calon Menantu-Mertua Sesama Juara Dunia Formula 1

Kamis, 16 Desember 2021 18:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Max Verstappen resmi jadi juara dunia Formula 1 (F1) 2021. Pembalap Red Bull itu ikuti jejak calon mertuanya, Nelson Piquet yang pernah meraih gelar yang sama.

INDOSPORT.COM – Max Verstappen resmi jadi juara dunia Formula 1 (F1) 2021. Pembalap Red Bull itu ikuti jejak calon mertuanya, Nelson Piquet yang pernah meraih gelar yang sama.

Prestasi luar biasa diraih oleh pembalap Red Bull, Max Verstappen. Pembalap asal Belanda itu resmi menjadi juara dunia Formula 1 2021, usai memenangi F1 GP Abu Dhabi akhir pekan lalu, lewat pertarungan ketat dengan rivalnya, Lewis Hamilton (Mercedes).

Seperti diketahui, saat memasuki GP Abu Dhabi yang menjadi seri terakhir musim ini, Verstappen dan Hamilton memiliki poin yang sama di klasemen pembalap yakni 369,5 poin.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan demikian, siapa pun yang meraih poin lebih banyak di balapan yang digelar di Sirkuit Yas Marina itu akan keluar sebagai juara dunia.

Kans Verstappen menjadi juara dunia sendiri sempat lenyap. Pasalnya, meski meraih pole position, ia kemudian disalip oleh Lewis Hamilton. Hamilton pun kemudian tampil dominan dan bahkan unggul 11,5 detik hingga lap ke-53.

Namun, situasi berubah ketika di lap tersebut Nicholas Latifi (Williams) menabrak dinding pembatas yang mengakibatkan masuknya safety car.

Situasi itu pun dimanfaatkan Max Verstappen masuk lap untuk mengganti ban. Verstappen pun kemudian berada tepat di belakang Lewis Hamilton setelah race director Michael Masi mengizinkan 5 pembalap yang berada di antara mereka untuk menyalip safety car.

Akibatnya, saat safety car meninggalkan lintasan, Verstappen pun berhasil menyalip Hamilton dan mengambil alih pimpinan lomba, hingga akhirnya menjadi pemenang dan menyegel gelar juara dunia.

Baca Juga
Baca Juga

Situasi ini sendiri sempat membuat Mercedes mengajukan protes. Namun, protes mereka ditolak dan Max Verstappen pun resmi menjadi juara dunia Formula 1 2021.

Hasil ini menjadi gelar juara dunia perdana Verstappen sepanjang kariernya, sekaligus membuatnya menjadi pembalap Belanda pertama yang menjadi juara dunia. Ia juga menggagalkan upaya Hamilton memecahkan rekor sebagai pembalap pertama yang juara dunia F1 sebanyak 8 kali.

Di sisi lain, gelar juara dunia ini membuat Verstappen menyamai prestasi sang calon mertua, Nelson Piquet, yang juga pernah menjadi juara dunia Formula 1.


1. Kelly Piquet, 'Penghubung' Max Verstappen dan Nelson Piquet

Kelly Piquet, putri legenda F1 Nelson Piquet dan kekasih Max Verstappen.

Max Verstappen dan Nelson Piquet memang memiliki hubungan khusus. Pasalnya, Nelson Piquet adalah ayah dari kekasih Verstappen, Kelly Piquet.

Nelson Piquet sendiri merupakan salah satu legenda hidup di Formula 1. Pria Brasil itu 3 kali menjadi juara dunia pada tahun 1981, 1983, dan 1987. Dua gelar pertama diraihnya bersama tim Brabham, sedangkan gelar terakhir dimenangi bersama Williams.

Secara total, Piquet tercatat berkarier di F1 selama 13 musim, yakni dari 1978 hingga 1991. Sepanjang kariernya, ia tampil dalam 204 balapan dan memenangi 23 di antaranya, dan 3 kali menjadi juara.

Piquet mengawali kariernya di ajang jet darat itu bersama Brabham pada 1978 yang dibelanya selama 7 tahun. Ia kemudian secara berturut-turut membela Williams, Lotus, dan Benetton masing-masing selama 2.

Catatan menarik lain muncul terkait Piquet dan Verstappen bersama Honda. Pasalnya, ketika menjadi juara dunia 1987 bersama Williams, Piquet merupakan pembalap pertama yang meraih titel tersebut bersama mesin Honda.

Sementara itu, dengan menjadi juara dunia musim ini, Verstappen menjadi pembalap terakhir yang meraih gelar itu bersama Honda, karena musim ini adalah musim terakhir Honda di F1.

Dalam hal kehidupan pribadi, Nelson Piquet tercatat menikah 3 kali dan memiliki 7 anak. Dari istri keduanya, Sylvia Tasma, ia memiliki 3 anak salah satunya Kelly Piquet yang kini menjadi kekasih Max Verstappen.

Hubungan Verstappen dan Kelly Piquet sudah berlangsung selama sejak 2020 lalu. Menariknya, sebelum bersama Verstappen, Kelly Piquet sempat menjadi kekasih pembalap F1 lainnya, Daniil Kvyat, selama 4 tahun dan memiliki putri dari hubungan tersebut.

Usai putus dari Kvyat itulah Kelly Piquet mulai berkencan dengan Max Verstappen yang kebetulan punya relasi unik dengan Kvyat. Kedatangan Verstappen ke Red Bull pada 2016 membuat Kvyat tersingkir ke Scuderia Toro Rosso.

Kelly Piquet sendiri dikenal sebagai model sekaligus blogger otomotif yang kerap menulis soal Formula 1. Namun, ia bukan satu-satunya anak Nelson Piquet yang juga terlibat di F1.

Kakak kandungnya, Nelson Piquet Jr, merupakan mantan pembalap F1 yang pernah membela Renault pada 2008 hingga 2009.

F1Max VerstappenFormula 1Nelson Piquet JrNelson PiquetBerita F1Formula 1 2021

Berita Terkini