x

Tak Ada Rossi-Marini, 3 Rider Kakak-Adik yang Bakal Tampil di MotoGP 2022

Jumat, 28 Januari 2022 15:55 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Dengan tak adanya lagi duet Valentino Rossi-Luca Marini, berikut 3 pasangan rider kakak-adik yang akan sama-sama tampil di gelaran MotoGP 2022.

INDOSPORT.COM – Dengan tak adanya lagi duet Valentino Rossi-Luca Marini, berikut 3 pasangan rider kakak-adik yang akan sama-sama tampil di gelaran MotoGP 2022.

Setelah libur beberapa bulan, MotoGP akan segera memasuki musim baru yakni 2022. Gelaran musim ini akan diawali tes pramusim di Sepang dan Mandalika pada 5-6 Februari dan 11-13 Februari, sebelum seri pertama yakni GP Qatar di Sirkuit Losail pada awal Maret.

Gelaran MotoGP 2022 sendiri akan menjadi momen istimewa. Pasalnya, ini kali pertama dalam 21 tahun tak ada nama Valentino Rossi di daftar pembalap.

Seperti diketahui, legenda hidup dunia otomotif itu resmi pensiun pada akhir musim lalu. Posisinya di tim satelit Yamaha yang kini bernama WithU Yamaha RNF digantikan Darryn Binder yang lompat kelas setelah tampil di Moto3 musim lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, ketiadaan Valentino Rossi membuat Luca Marini tak bisa lagi membalap bersama sang kakak. Seperti diketahui, musim lalu ada 3 pasangan pembalap kakak-beradik di MotoGP termasuk Valentino Rossi dan Luca Marini.

Meski demikian, jumlah rider kakak adik di MotoGP 2022 nanti tidak akan berkurang. Pasalnya, salah satu pembalap rookie untuk musim ini memiliki kakak yang sudah lebih dulu berlaga di MotoGP.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan demikian, duet kakak-adik baru ini akan mengisi tempat duet Rossi dan Marini musim lalu.

Situasi menarik juga terjadi dengan tak satu pun dari tiga pasang kakak-beradik ini bakal membela tim yang sama di MotoGP 2022 nanti.

Lantas, siapa saja ketiga pasang duet kakak adik di MotoGP 2022? Berikut ulasannya:


1. Dua Pasangan Lawas dari Spanyol, Satu Pasangan Baru dari Afsel

Marc Marquez dan Alex Marquez (Dasril Roszandi/NurPhoto via Getty Images)

Marc Marquez (Repsol Honda) dan Alex Marquez (LCR Honda)

Pasangan pertama adalah Marquez bersaudara yakni Marc Marquez dan Alex Marquez yang sama-sama menunggangi motor Honda tapi berbeda tim. Marc akan membalap bersama tim pabrikan, Repsol Honda, sedangkan Alex membela panji LCR Honda.

Marc Marquez lebih dulu mengawali karier di MotoGP pada 2013, sebelum sang adik menyusul di tahun 2020. Istimewanya, ketika itu keduanya langsung satu tim yakni di Repsol Honda.

Sayangnya, Marc dan Alex pada akhirnya hanya berduet di tim yang sama dalam satu balapan. Pasalnya, di seri pertama Marc mengalami patah tulang dan kemudian absen di sisa musim. Musim berikutnya, duet kakak adik ini dipecah dengan Alex dipindah ke LCR hingga saat ini.

Aleix Espargaro (Aprilia) dan Pol Espargaro (Repsol Honda)

Pasangan kedua adalah Aleix Espargaro dan Pol Espargaro. Kakak beradik asal Spanyol ini tampil bersama di MotoGP sejak 2014, ketika Pol si adik menjalani debut bersama Yamaha Tech 3 menyusul Aleix yang ketika itu membela Forward Yamaha.

Sejak itu, keduanya terus berpindah-pindah tim tapi tak sekalipun pernah menjadi rekan setim. Aleix sempat membela Suzuki Ecstar sebelum kini membela Aprilia Gresini sejak 5 musim terakhir. Sementara itu Pol pernah membela KTM sebelum direkrut Repsol Honda sejak musim lalu.

Musim lalu, keduanya menampilkan performa yang tak berbeda jauh dengan Aleix Espargaro meraih 120 poin dan finis di posisi 8, sementara Pol Espargaro mengumpulkan 100 poin dan duduk di posisi 12.

Brad Binder (Red Bull KTM) dan Darryn Binder (WithU Yamaha RNF)

Dua bersaudara Brad Binder dan Darryn Binder adalah pasangan kakak adik terbaru di MotoGP 2022 sekaligus satu-satunya yang tidak berasal dari Spanyol. Keduanya merupakan pembalap kebanggaan Afrika Selatan.

Brad Binder lebih dulu tampil di kelas tertinggi pada tahun 2020 lalu ketika ia membela Red Bull KTM hingga saat ini. Sementara itu, Darryn yang 2 tahun lebih muda akan menjalani debut MotoGP musim ini bersama WithU Yamaha RNF menggantikan Valentino Rossi, setelah lompat kelas dari Moto3.

Brad Binder tampil apik musim lalu dengan menempati posisi 6 klasemen akhir lewat torehan 151 poin dan 1 kemenangan di MotoGP Austria, yang menjadikannya pembalap terbaik KTM.

Di sisi lain, Darryn Binder dikenal sebagai pembalap yang kerap bertingkah membahayakan di lintasan, seperti saat menabrak Dennis Foggia di Moto3 Algarve musim lalu.

Marc MarquezValentino RossiMotoGPAleix EspargaroPol EspargaroAlex MarquezLuca MariniOtomotifBrad BinderTRIVIABerita MotoGPBerita OtomotifMotoGP 2022Darryn Binder

Berita Terkini