x

Kepanasan, Rider MotoGP Pamer Aksi Kocak di Sirkuit Mandalika, Ada yang Meluk ‘Penggemar’

Jumat, 18 Maret 2022 19:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Pol Espargaro di Sirkuit Mandalika.

INDOSPORT.COM – Sejumlah pembalap MotoGP melakukan aksi di luar nalar guna mengusir hawa panas selama sesi latihan bebas di Sirkuit Mandalika, Jumat (18/03/22).

Rangkaian sesi latihan bebas pada hari pertama jelang MotoGP Indonesia telah rampung digelar di Sirkuit Internasional Mandalika hari ini.

Baca Juga

Secara keseluruhan, sesi latihan bebas MotoGP Indonesia berlangsung dengan lancar terlepas dari cuaca panas terik di sekitar Sirkuit Mandalika. Padahal area tersebut sempat diguyur hujan deras di pagi hari.

Menurut informasi yang diunggah Aspar Team MotoGP melalui akun resmi Twitter, suhu di Sirkuit Mandalika pada pukul 12.43 WIB nampak sangat tinggi, yakni mencapai 54,6 derajat Celsius.

Baca Juga

Tak heran jika terdapat pemandangan aneh nan kocak yang dilakukan para rider demi mengurangi hawa panas saat berada di paddock masing-masing di sela-sela sesi latihan balapan.

Beberapa pembalap seperti Jorge Martin dan para anggota Pramac Racing memilih tidak mengenakan baju saat menyusuri area sirkuit.

Beberapa pembalap memilih menggunakan payung untuk menghindari panas, dan ada juga yang menggunakan moda transportasi untuk menempuh lintasan.

Baca Juga

INDOSPORT.com berhasil mengabadikan sejumlah unggahan kocak para rider karena kepanasan melalui akun Instagram mereka dan tim masing-masing.

Unggahan pertama dari adik kandung Pol Espargaro, Aleix, yang memperlihat momen saat dirinya berendam di sebuah kolam plastik.


1. Aksi Kocak Rider MotoGP Gegara Kepanasan di Mandalika

Alex Rins, rider MotoGP dari tim Suzuki Ecstar (Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari)

Aleix yang finis di urutan keenam dan ketujuh pada dua sesi latihan terlihat begitu nyaman selama berendam.

Aksi kocak pembalap kepanasan di Sirkuit mandalika.
Baca Juga

Aksi berendam di dalam kolam plastik juga dipamerkan oleh pembalap rookie Moto2 dari tim Intact GP, Jeremy Alcoba.

Begitu dirinya turun dari motor tunggahannya, rider asal Spanyol itu membuka bajunya dan kemudian menuju kolam plastik berisi air dingin yang sudah tersedia di ruang istirahat.

Aksi kocak pembalap kepanasan di Sirkuit mandalika.

Ada juga Dennis Foggia. Pembalap Moto3 itu memiliki cara unik dengan menaruh helm dan sarung tangan di kulkas untuk menghadapi cuaca panas di Mandalika.

Pembalap Leopard Racing Team itu berharap dengan ritual ini helm dan sarung tangannya akan lebih nyaman dan adem selama dikenakan.

Baca Juga


Aksi tak kalah kocak disuguhkan oleh pembalap Suzuki, Alex Rins. Rider asal Spanyol tersebut mengaku tengah memeluk ‘penggemar’ yang dianggap sebagai sahabat sejatinya.

Alex Rins peluk penggemarnya di Sirkuit Mandalika. Foto Instastory@alexrins

Istilah penggemar yang dalam bahasa inggris ditulis Alex Rins ‘Fans’ ini merujuk pada kipas angin yang sengaja dia peluk erat-erat untuk memulihkan tubuhnya yang kepanasan usai membalap.

Baca Juga

“Sangat menyukai fans Indonesia, yang ini juga (kipas angin), sahabat baru saya,” tulis Alex Rins lewat Insta Story.


2. Hasil Sesi Latihan Bebas MotoGP Indonesia di Mandalika

Sirkuit Mandalika yang Akan Jadi Tuan Rumah MotoGP 2022 (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

Sementara itu, MotoGP Indonesia dilaksanakan di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022.

Sebanyak 24 pembalap dari 12 tim balap MotoGP dipastikan siap tampil. Di antaranya juara MotoGP 2021 Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP, Marc Marquez dari Repsol Honda Team.

Pada latihan bebas pertama, rider Repsol Honda, Pol Espargaro menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 33,499 detik. Dia lebih cepat 0,044 detik dari rider Redbull KTM, Miguel Oliveira.

Sementara pada free practice kedua, Fabio Quartararo menjadi yang tercepat dengan mencetak ekor lap baru  waktu 1 menit 31,608 detik.

Sementara itu, juara dunia enam kali, Marc Marquez, harus mengalami nasib tragis karena harus finish di posisi ke-23 lantaran sempat mengalami kecelakaan.

Selanjutnya, agenda yang padat sudah menanti pra pembalap usai sesi latihan bebas hari ini, karena mereka bakal melanjutkan sesi kualifikasi yang akan berlangsung pada Sabtu (19/03/22).

Puncaknya, mereka  akan menggeber motor tim masing-masing dalam balapan utama MotoGP Mandalika 2022 selama 27 lap pada Minggu (20/03/22).

Baca Selengkapnya: Jadwal Lengkap MotoGP Indonesia Akhir Pekan Ini

MotoGPAleix EspargaroMotoGP IndonesiaAlex RinsSirkuit MandalikaBerita MotoGPMotoGP MandalikaMotoGP 2022

Berita Terkini