x

Finis Kedua di MotoGP Mandalika, Fabio Quartararo Malah Adu Mulut dengan Jack Miller

Senin, 21 Maret 2022 13:43 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Juni Adi
Para pembalap MotoGP mulai star usai turun hujan lebat di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COM – Gelaran MotoGP Mandalika 2022 menghadirkan drama baru usai Fabio Quartararo dilaporkan sempat beradu mulut dengan rider Ducati, Jack Miller.

MotoGP Mandalika 2022 resmi berakhir pada Minggu, (20/03/22) sore WIB, dengan rider KTM Factory, Miguel Oliveria keluar sebagai pemenang edisi pertama balapan di Indonesia sejak 1997 tersebut.

Baca Juga

Miguel Oliveira yang start dari posisi ketujuh, berhasil keluar sebagai yang tercepat usai mencatatkan waktu 33 menit 27 detik dalam 20 lap.

Jumlah lap tersebut terkesan minim. Namun, pihak MotoGP menyebutkan jumlah 20 lap tersebut dipangkas karena balapan sempat ditunda akibat hujan deras.

Di belakang Oliveira, ada juara dunia musim lalu yakni Fabio Quartararo yang turut meraih podium di MotoGP Mandalika.

Baca Juga

Pembalap berjuluk El Diablo tersebut memulai start dari Pole Position dengan buruk dan sempat merosot ke posisi kelima.  Namun di lima putaran terakhir, Quartararo behasil merebut posisi kedua.

Sedangkan rider asal Prancis lainnya, Johan Zarco, melengkapi podium terakhir usai finish di tempat ketiga dengan tertinggal 3,158 detik dari Miguel Oliveira.

Baca Juga

Di balik keseruan dan penundaan balapan akibat cuaca yang tak bersahabat itu, balapan di Mandalika ini menyisakan drama pelik antara Quaratararo dan Jack Miller.

Usai balapan MotoGP Mandalika, Fabio Quaratararo dan Jack Miller tampak beradu mulut menyusul adanya pertarungan di atas trek saat keduanya berebut tiga posisi teratas di MotoGP Mandalika 2022.


1. Adu Mulut Quartararo vs Miller

Fabio Quartararo pembalap Monster Energy Yamaha.

Drama pelik ini bermula saat Jack Miller mengkritisi gaya membalap Quartararo saat keduanya berduel bersama Johan Zarco untuk berebut posisi tiga teratas.

Pembalap asal Australia tersebut mengklaim bahwa dirinya merasakan adanya kontak atau sentuhan di sisi kanannya. Ia juga menyebutkan bahwa Quartararo mengincar ban depannya.

Baca Juga

“Itu bukanlah pertarungan. Saya melewatinya dan dia (Quartararo) mengendarai motornya ke sisi kaki saya. Persis seperti apa yang dia lakukan ke Johann (Zarco),” tutur Miller dilansir dari laman Crash

“Saya rasa tidak perlu ketika seseorang melewati Anda dan langsung berakselerasi ke ban depan mereka. Saya akan senang berbicara tentang masalah ini,” lanjut Miller.

Pernyataan Miller ini langsung memancing reaksi Quartararo. Rider berusia 22 tahun ini mengaku tak peduli dengan keluh kesan rider milik Ducati tersebut.

Baca Juga

“Saya tak peduli! Saya tak peduli karena dia (Miller) salah satu pebalap yang punya gaya agresif di masa lalu,” ucap Quarataro dilansir dari sumber yang sama.

“Saya pikir gerakan saya tak agresif, hanya saja saya tak mengira ada sentuhan. Sentuhan saya bukanlah hal besar, itu hanya sentuhan kecil dan saya tak tahu apa dia melihat TV (tayangan ulang), tapi lebih baik dia melihatnya,” lanjut Quartaro.


2. Klasemen MotoGP 2022

Selebrasi pembalap motoGP, Fabio Quartararo saat mengangkat tropi usai balapan di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

Terlepas dari drama tersebut, Fabio Quartararo menjadi salah satu pembalap yang menduduki papan atas klasemen sementara MotoGP 2022.

Fabio Quartararo saat ini berada di posisi ketiga dengan koleksi 27 poin, di belakang Enea Bastianini dan Brad Binder yang berada di posisi pertama dan kedua klasemen.

Sedangkan juara di MotoGP Mandalika membuat Miguel Oliveira meroket ke urutan keempat. Rider asal Portugal itu kini mengoleksi 25 poin yang semuanya ia raup dari MotoGP Mandalika.

Oliveira hanya unggul satu angka saja dari Johann Zarco yang dalam dua seri terakhir konsisten mendulang poin berkat tak pernah keluar dari sepuluh besar.

Baca selengkapnya: Update Klasemen MotoGP dan Moto3: Bastianini Masih di Puncak, Mario Aji Cetak Sejarah

MotoGPJack MillerFabio QuartararoSirkuit MandalikaBerita MotoGPMotoGP MandalikaMotoGP 2022

Berita Terkini