x

3 Kali Kecelakaan di Mandalika, Marc Marquez Bagikan Kondisi Terkini yang Memprihatinkan

Selasa, 22 Maret 2022 19:59 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Marc Marquez menagabarkan jika dirinya menderita diplomia lagi usai jatuh tiga kali di sirkuit Mandalika yang balapan MotoGP-nya gagal ia ikuti.

INDOSPORT.COM - Belum hilang kekecewaan karena batal ikut balapan MotoGP Mandalika pada Minggu (20/03/22) lalu, Marc Marquez justru tertimpa musibah tambahan.

Rider untuk tim Repsol Honda tersebut mengungkapkan jika ia kini menderita cedera pada mata. Penyebabnya apa lagi jika bukan kecelakaan pada sesi pemanasan di Sirkuit Mandalika.

Baca Juga

Marc Marquez dan motornya terpelanting cukup tinggi dan jauh yang menyebabkan dirinya harus dibawa ke rumah sakit setempat.

Dalam dua uji laju sebelumnya Marquez juga sudah sempat crash namun kali ini jauh lebih parah. terbukti dengan gegar otak ringan yang ia alami sesudahnya.

Dokter pun kemudian memutuskan pria berjuluk The Baby Alien tak cukup fit untuk menunggangi kuda besi miliknya di balapan utama.

Baca Juga

Saat hendak bertolak pulang ke negaranya, Spanyol, Marquez mengaku tiba-tiba diplomia-nya kembali mengganggu.

Diplomia bukan barang baru untuk pembalap berusia 29 tahun itu karena pada November 2021 ia sempat absen dari MotoGP 2021 karena keluhan yang sama meski kali ini tak lebih parah.

"Saya merasa mengalami deja vu. Dalam perjalanan kembali ke Spanyol, penglihatan saya seperti terganggu," beber Marquez lewat akun Twitter dan Instagram miliknya pada Selasa (22/03/22).

Baca Juga

"Kemudian kami memutuskan untuk mendatangni Dokter Sanchez Dalmau yang mengkonfirmasi jika diplomia saya kambuh lagi."

"Beruntung, kali ini tidak separah tahun lalu namun saya harus istirahat dan melihat perkembangan selanjutnya," pungkas juara dunia MotoGP enam kali tersebut yang kemudian mengucapkan terima kasih untuk dukungan fansnya.


1. Apa itu Diplomia?

Pebalap MotoGP Marc Márquez usai latihan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Sabtu (/19/03/22). Foto: REUTERS/Willy Kurniawan

Bagi pembalap MotoGP kelas dunia seperti Marc Marquez yang selalu diusung sebagai salah satu favorit untuk menang, gangguan pada mata adalah sebuah problem besar.

Tanpa mata yang sehat, maka mustahil bagi seorang rider untuk bisa melakukan manuver penuh presisi di lintasan dalam latihan maupun balapan.

Baca Juga

Diplomia yang diderita Marquez membuat penderitanya melihat dua bayangan dari satu benda. Hal ini bisa terjadi di satu atau dua mata sekaligus.

Jika terjadi di satu mata saja maka itu adalah gejala diplomia monokuler. Sedangkan gangguan pada dua mata disebut diplomia binokuler.

Gejala awal yang umum terjadi di awal terkena diplomia adalah mata juling, sakit pada mata, sakit kepala, nyeri di pelipis juga alis, mual, dan kelopak mata turun.

Baca Juga

Penyebabnya adalahkerusakan pada otot mata, saraf, juga gangguan otak. Ketika saraf yang terganggu, misalnya karena diabetes, hal itu dapat menyebabkan kerusakan saraf pada otot yang menggerakan mata dan akhirnya mengakibatkan penglihatan ganda. 

Pada kerusakan otak seperti dalam penyakit stroke, tumor, hingga tekanan dari cedera atau infeksi, itu juga merupakan penyebab yang menjadi alasan penglihatan ganda terjadi. Akan tetapi salah satu yang paling umum adalah benturan keras pada kepala.

Marquez dan para pembalap MotoGP lain yang rawan mengalami kecelakaan dan cedera kepala meski mengenakan helm kualitas top adalah orang-orang yang selalu diintai oleh diplomia.

Baca Juga

Belum diketahui kapan tepatnya Marquez bisa pulih dan diizinkan untuk membalap lagi. Balapan MotoGP terdekat adalah GP Argentina pada 4 April mendatang.

Absen di Sirkuit Mandalika artinya Marc Marquez masih gagal untuk menaiki satupun podium di MotoGP musim 2022. Sejauh ini ia baru mengoleksi 11 poin dari dua race dan duduk di posisi 12 dari 24 pembalap.


2. Quartararo Pamer Aksi Tiru Pawan yang Kocak di MotoGP Mandalika

Selebrasi pembalap motoGP, Fabio Quartararo saat mengangkat tropi usai balapan di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

Juara dunia musim 2021, Fabio Quartararo, rupanya tidak biasa melihat adanya aksi seorang pawang hujan untuk membantu mengatasi cuaca buruk di ajang MotoGP.

Pembalap asal Prancis tersebut terekam kamera merasa heran dengan ritual yang dilakukan oleh pawang hujang panggilan panitia setempat.

Quartararo bahkan menirukan tindak-tanduk sang pawang yang terlihat fokus membunyikan mangkuk chakra dari kuningan dengan tongkat pendek.

Bedanya Quartararo bukan menggunakan alat yang sama namun dengan mangkuk es krim beserta sendoknya dan aksinya tersebut mengundang gelak tawa dari komentator MotoGP.

Quartararo semakin terlihat kocak usai mangkuk es krim miliknya jatuh sebelum ia menyelesaikan lawakannya. 

Baca selengkapnya: Tirukan Aksi Pawang Hujan di MotoGP Mandalika, Quartararo Langsung 'Kualat'

Marc MarquezRepsol HondaMotoGPMotoGP IndonesiaSirkuit MandalikaBerita MotoGPMotoGP MandalikaMotoGP 2022

Berita Terkini