x

Tak Banyak yang Tahu! 5 Fakta Usai Gelaran MotoGP Indonesia

Selasa, 22 Maret 2022 14:08 WIB
Editor: Juni Adi
Para pembalap MotoGP mulai star usai turun hujan lebat di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COM -Usai gelaran MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, terdapat sejumlah fakta menarik yang lahir. Apa saja itu?

Gelaran MotoGP Indonesia baru saja rampung digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu (20/03/22) kemarin.

Baca Juga

Setelah sempat mengalami sejumlah kendala, akhirnya ajang balapan si kuda besi paling bergengsi di dunia itu bisa juga terlaksana di Tanah Air.

Dilansir dari MotoGP, ini merupakan balapan MotoGP pertama setelah terakhir kali diselenggarakan di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada 1997 lalu atau 25 tahun silam.

Pembalap KTM, Miguel Oliveira sukses menjadi pemenangnya setelah mampu menaklukan lintasan basah Sirkuit Mandalika, Lombok. 

Baca Juga

Sementara itu di tempat kedua, diisi oleh pembalap Yamaha, Fabio Quartararo dengan jarak 2,205 detik. Kemudian di tempat ketiga diambil oleh Johan Zarco dari tim Pramac Racing.

Namun balapan terasa kurang spesial lantaran tidak adanya sang ikon MotoGP saat ini, Marc Marquez. 

Pembalap tim Repsol Honda itu harus absen setelah mengalami crash di sesi pemanasan.

Baca Juga

Kabarnya Marquez sampai dilarikan ke Rumah Sakit, karena khawatir ada cedera serius.

Usai balapan MotoGP Indonesia, sejumlah fakta lahir. Apa saja itu? berikut ulasannya:


1. Ada Helm Spesial

Para pembalap MotoGP mulai star usai turun hujan lebat di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

Perhelatan MotoGP Indonesia memang bikin banyak masyarakat Tanah Air bangga. Para pembalap pun juga ikut merasakannya.

Sejumlah nama antusiasi balapan di Sirkuit Mandalika, bahkan tiga dari 20 pembalap yang berpartisipasi, menyiapkan helm bersain khusus ada nuasa-nuansa Indonesia-nya.

Baca Juga

Mereka adalah Johan Zarco, Jorge Martin, dan Alex Rins. Helm Zarco memiliki beberapa unsur Indonesia.

Mulai dari motif batik mega mendung, hingga ada bendera merah putih. Sedangkan Martin, juga membawa aura Indonesia dengan menghadirkan peda Tanah Air di bagian helm belakangnya, disertai dengan motif batik.

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, juga gak mau ketinggalan memerkan helm dengan desain khusus untuk Mandalika.

Baca Juga

Terlihat dari beberapa foto yang diunggah oleh Alex Rins, helm Nolan X-Lite X-803 RS miliknya itu didominasi oleh warna merah dan putih seperti bendera Indonesia. 

Dan di sepanjang warna merah-putih di helmnya, terdapat motif batik.


2. Pembalap MotoGP Disambut Hangat

Para pembalap MotoGP mulai star usai turun hujan lebat di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

Sebelum race MotoGP diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, para pembalap hadir di Jakarta terlebih dahulu untuk disambut oleh Presiden RI, Joko Widodo, dan melakukan parade.

Mereka merasa terkesan dengan sambutan warga dan fans di Jakarta ketika melakukan konvoi di sekitar Bundaran HI, Jakarta, Rabu (16/3/22).

Baca Juga

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, melayangkan ucpan terima kasihnya kepada seluruh warga dan fans di Jakarta. Dia juga merasa sambutan yang diberikan kepada para pembalap begitu luar biasa.

"Start bagus buat GP Indonesia! Terima kasih banyak untuk fans atas sambutan fantastis di Jakarta dan buat Presiden @jokowi atas jamuannya. Terima kasih," begitu cuitan Mir.

Turut Dihadiri Banyak Pesohor

MotoGP Indonesia 2022 telah berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok. Turnamen akbar dunia balap ini memulai babak kualifikasi pada Sabtu (19/3/2022).

Baca Juga

Sejumlah pesohor dan artis ternama Ibu Kota turut terbang ke Lombok untuk meramaikan MotoGP Indonesia 2022. 

Mulai dari Donna Agnesia, Darius Sinathrya, Putri Indonesia Ayu Maulida, Ananda Omesh, Karen Vendela, Rifat Sungkar, Tiara Andini hingga Imam Darto. 


3. Habiskan Dana Triliunan

Pemenang balapan, Miguel Oliveira dari Red Bull naik podium tempat kedua, Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP dan tempat ketiga, Johann Zarco dari Pramac Racing di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, buka-bukaan terkait anggaran negara yang sudah dihabiskan guna menyukseskan penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tak tanggung-tanggung dalam menyukseskan perhelatan tersebut.

Pemerintah telah mengalokasikan dana kepada PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) senilai Rp 1,3 triliun.

Baca Juga

Rinciannya, selain alokasi PMN ke BUMN, APBN juga dipakai di Mandalika melalui penganggaran kementerian dan lembaga sebesar Rp 1,18 triliun.

Lalu Insentif PPN atas Jasa Kena Pajak Rp 240,73 miliar, dan Insentif Bea Masuk dan Pajak Impor Rp 10,41 miliar.

Tak Ada Umberella Girl

Biasanya sesi pemberian trofi untuk tiga pembalap yang finis teratas usai lomba, itu dilakukan oleh gadis payung atau umbrella girl.

Namun di MotoGP Indonesia kali ini sedikit berbeda, karena pemberian trofi untuk tiga pembalap di podium diserahkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

MotoGPJokowiMiguel OliveiraSirkuit MandalikaMotoGP 2022

Berita Terkini