x

Hasil Kualifikasi F1 GP Arab Saudi: Schumacher Crash, Hamilton P16, Perez Pole Position

Minggu, 27 Maret 2022 03:07 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut hasil kualifikasi F1 GP Arab Saudi. Diwarnai crash Mick Schumacher (Haas) di Q2, Sergio Perez raih pole sedangkan Lewis Hamilton tercecer di P16. (Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed)

INDOSPORT.COM – Berikut hasil kualifikasi F1 GP Arab Saudi. Diwarnai crash Mick Schumacher (Haas) di Q2, Sergio Perez raih pole sedangkan Lewis Hamilton tercecer di P16.

Formula 1 (F1) 2022 kini memasuki seri kedua yakni F1 GP Arab Saudi. Minggu (27/03/22) pukul 00.00 WIB digelar sesi kualifikasi untuk menentukan posisi start terdepan saat balapan.

Baca Juga

Balapan F1 GP Arab Saudi sendiri sempat terancam batal setelah kota Jeddah yang menjadi tuan rumah dihantam serangan rudal dari pihak Houthi.

Para pembalap sempat menggelar rapat darurat, tapi pada akhirnya para driver tersebut memilih melanjutan balapan setelah adanya jaminan keamanan.

Rangkaian F1 GP Arab Saudi sendiri diawali oleh Free Practice 1. Pada sesi ini, Charles Leclerc (Ferrari) jadi yang tercepat diikuti Max Verstappen dan Valtteri Bottas.

Baca Juga

Leclerc yang memenangi seri pertama Formula 1 2022 di Bahrain pekan lalu pun terus mendominasi dengan jadi yang tercepat lagi di FP2 dan FP3.

Sementara itu, sesi kualifikasi dimulai pada Minggu (27/03/22) pukul 00.00 WIB dengan menggelar sesi 1 alias Q1.

Sesi Q1 ini sempat diwarnai red flag setelah Nicholas Latifi (Williams) mengalami kecelakaan dan menabrak papan pembatas di tikungan 13.

Baca Juga

Q1 sendiri akhirnya dipuncaki oleh rekan Leclerc di Ferrari, Carlos Sainz dengan waktu 1:28.855. Max Verstappen (Red Bull) dan Leclerc melengkapi 3 besar.

Kejutan terjadi dengan Lewis Hamilton tersingkir di Q1 dan tak lolos Q2 setelah hanya berada di posisi 16. Bersama Hamilton, turut tersingkir juga Alex Albon, Nico Hulkenberg, Latifi, dan Yuki Tsunoda.


1. Ferrari Gigit Jari, Sergio Perez Raih Pole Position Perdana

Sergio Perez bersama Red Bull Racing di F1 2021. (Antonin Vincent - Pool/Getty Images)

Di sesi kualifikasi kedua alias Q2, red flag kembali berkibar setelah Mick Schumacher (Haas) mengalami kecelakaan parah.

Mobil putra Michael Schumacher itu melintir di lintasan dan kemudian menabrak pembatas dengan cukup keras sehingga debris pun mewarnai lintasan.

Baca Juga

Mick sendiri diketahui tetap sadar dan mampu keluar dari mobilnya untuk kemudian menjalani pemeriksaan di pusat medis.

Setelah mobil Haas yang ditumpangi Mick Schumacher berhasil dibereskan dari lintasan, Q2 pun kembali dilanjutkan.

Ferrari pada akhirnya kembali mendominasi dengan Sainz lagi-lagi tampil tercepat, diikuti Leclrec. Duo Red Bull yakni Max Verstappen dan Sergio Perez mengisi tempat ketiga dan keempat.

Baca Juga

Sementara itu Lando Norris, Daniel Ricciardo, Zhou Guanyu, Mick Schumacher dan Lance Stroll tersingkir di Q2 usai menempati 5 terbawah.

Di Q3 alias sesi terakhir kualifikasi, Ferrari kembali tampil dominan. Sainz lagi-lagi tampil tercepat diikuti oleh Leclerc saat Q3 masih tersisa 8 menit.

Jelang akhir sesi, Charles Leclerc berhasil mengudeta Sainz untuk mengambi alih posisi puncak. Namun, pada akhirnya justru pembalap Red Bull, Sergio Perez yang tampil tercepat dan berhasil merebut pole position.

Baca Juga

Sementara itu, Leclerc dan Sainz harus puas start dari posisi kedua dan ketiga. Tempat keempat diisi Verstappen sementara Esteban Ocon melengkapi 5 besar.

Bagi Sergio Perez sendiri, raihan pole position di F1 GP Qatar menjadi prestasi khusus, mengingat ini kali pertama ia memenangi sesi kualifikasi dan meraih pole position di Formula 1.


2. Hasil Lengkap

Charles Leclerc bakal start dari posisi 2.

Berikut hasil lengkap kualifikasi F1 GP Arab Saudi, Minggu (27/03/22) dini hari WIB.

Lewis HamiltonF1Max VerstappenFormula 1Sergio PerezCarlos SainzCharles LeclercBerita F1GP Arab SaudiFormula 1 2022

Berita Terkini