x

5 Pemabalap MotoGP Fenomenal yang Pernah Juara di Indonesia

Senin, 28 Maret 2022 04:30 WIB
Editor: Juni Adi
Para pembalap MotoGP mulai star usai turun hujan lebat di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COM - Sebelumnya di tahun 1996 dan 1997, sirkuit Sentul yang dipercaya menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia. Sejumlah nama besar pernah menjadi juaranya.

Beberapa waktu lalu Indonesia telah menorehkan sebuah sejarah dengan kembali menggelar MotoGP Indonesia untuk pertama kalinya, sejak terakhir kali digelar tahun 1997 lalu.

Baca Juga

Kala itu ajang balap motor paling bergengsi di dunia ini digelar di Sirkuit Sentul, Bogor, pada 25 tahun silam.

Hasilnya, terdapat sejumlah kejutan. Salah satunya MotoGP Indonesia yang pertama kali digelar di Sirkuit Mandalika itu tak bisa menampilkan sang ikon, Marc Marquez, yang absen karena cedera.

The Baby Alien mengalami kecelakaan cukup parah dalam sesi warm up pagi hari. Marc tidak mengikuti balapan setelah menjalani pemeriksaan.

Baca Juga

Ditunda karena turun hujan kuang lebih selama satu jam, membuat start harus tertunda. Ketika berhenti, para pembalap langsung mengisi grid-nya masing-masing.

Fabio Quartararo mengisi pos terdepan, setelah mampu meraih hasil positif di babak kualifikasi. 

Setelah pertarungan sengit selama 20 lap, MotoGP Indonesia pun melahirkan juara baru. Ia adalah Miguel Oliveira. 

Namun meski terbilang sukses, gelaran MotoGP Indonesia rupanya masih menyisakan sejumlah masalah. Apa saja masalahnya?

Baca Juga

Akan tetapi, Miguel Oliveira yang mengetahui Fabio Quartararo mulai mendekatinya, berusaha menambah kecepatan.

Perlahan tapi pasti, Miguel Oliveira akhirnya sukses menjadi juara MotoGP Indonesia untuk pertama kalinya.

Sebelumnya di tahun 1996 dan 1997, sirkuit Sentul yang dipercaya menjadi tuan rumah.

Menariknya, terdapat beberapa nama besar yang pernah menjadi juara. Berikut lima pembalap yang pernah menang di GP Indonesia.


1. Valentino Rossi

Momen perpisahan Valentino Rossi dengan MotoGP dan timnya di Valencia setelah mengumumkan pensiun.

Valentino Rossi harus mengubur mimpinya untuk bisa kembali merasakan balapan MotoGP di Indonesia setelah 25 tahun silam. 

Sebab ia telah memutuskan untuk gantung helm pada akhir musim lalu. Padahal pembalap berjuluk The Doctor itu bisa mengulangi kenangan manisnya di Tanah Air.

Tepatnya pada GP Indonesia 1997. Kala itu, Rossi masih berada di kelas 125cc dengan membela Aprilia.

Rossi sukses tampil sebagai pemenang. Kazuto Sakata dan Jorge Martinez sukses membuat Aprilia mengunci semua podium.

Max Biaggi

Max Biaggi memang tidak pernah juara dunia, sehingga nama besarnya tak masuk dalam sejarah juara MotoGP. Namun untuk kelas 250 cc dia merupakan pemegang rekor.

Max Biaggi tercatat mengoleksi empat gelar juara dunia kelas 250 cc. Salah satunya terjadi di MotoGP Indonesia musim 1997.

Kala itu ia mampu meraup lima kemenangan. Menariknya, salah satunya terjadi di GP Indonesia yang kala itu menjadi seri ke-14. Semusim berselang ia resmi naik ke kelas 500cc.


2. Mick Doohan

Mick Doohan senang Indonesia jadi tuan rumah MotoGP lagi.

Mick Doohan merupakan salah satu pembalap terbaik di kelas 500 cc. Pembalap asal Australia itu sudah mempunyai lima gelar juara dunia dengan 54 kali menang di kelas teratas.

Salah satunya terjadi di MotoGP Indonesia 1996. Doohan yang kala itu membela Repsol Honda sukses tampil menjadi yang tercepat. Alex Barros dan Loris Capirossi juga turut melengkapi jajaran podium.

Masaki Tokudome

Masaki Tokudome merupakan pembalap Aprilia di kelas 125cc untuk musim 1996. Pembalap asal Jepang tersebut datang ke Indonesia bermodalkan posisi keempat pada balapan pembuka di GP Malaysia.

Pada balapan yang digelar di sirkuit Sentul tersebut, Tokudome sukses meraih kemenangan. Pada akhir musim, pembalap asal Jepang tersebut berhasil menjadi runner up di belakang rekan senegaranya, Haruchika Aoki.

Tetsuya Harada

Pembalap Jepang kembali tampil mendominasi di seri perdana GP Indonesia. Kali ini ada Tetsuya Harada yang sukses merajai kelas 250cc.

Harada yang membela Yamaha sukses mengasapi pembalap Aprilia, Max Biaggi.

Kemenangan tersebut juga merupakan satu-satunya kemenangan yang diraih Harada di musim tersebut.

Semusim berselang, di tempat yang sama, Harada hanya mampu meraih posisi keempat.

Valentino RossiMotoGPMax BiaggiMick DoohanMotoGP IndonesiaTRIVIAMotoGP 2022

Berita Terkini