x

Usai Kecelakaan di Mandalika, Marc Marquez Resmi Comeback di MotoGP Amerika 2022

Rabu, 6 April 2022 17:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez akhirnya akan kembali membalap di MotoGP Amerika 2022 usai sempat absen pasca kecelakaan di Sirkuit Mandalika.

INDOSPORT.COM – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez akhirnya akan kembali mengaspal di MotoGP Amerika 2022 usai sempat absen pasca kecelakaan di Sirkuit Mandalika.

Seperti yang diketahui Marc Marquez sempat mengalami masa-masa sulit, karena kesehatannya kembali terganggu usai kecelakaan di MotoGP Mandalika yang berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 20 Maret kemarin.

Baca Juga

The Baby Alien sejatinya sempat mengalami dua kali kecelakaan di sesi kualifikasi. Namun tak sampai di situ, Marquez juga mengalami kecelakaan hebat saat sesi pemanasan.

Saat itu pembalap Repsol Honda tersebut kehilangan kendali saat hendak menikung di T7. Mantan juara bertahan MotoGP itu kemudian terpelanting ke udara, sementara motornya sempat berputar cukup lama di udara.

Akibat kecelakaan horor tersebut, Marc Marquez sempat dilarikan ke rumah sakit dan disebut mengalami gegar otak.

Baca Juga

Alhasil, kakak kandung dari Alex Marquez (LCR Honda) itu akhirnya tidak bisa tampil di race MotoGP Mandalika 2022. 

Setelah bertolak ke Spanyol, Marquez mengalami keluhan dengan mengatakan dirinya tak merasa nyaman di bagian penglihatannya.

Setelah diperiksa, ternyata penyakit lama Marquez kambuh. Penyakit yang dimaksud adalah diplopia, yakni kondisi ketika mata melihat dua bayangan dari satu benda yang sama. Penyebanya bisa bermacam-macam.

Baca Juga

Masalah penglihatan ganda sebelumnya pernah dialami Marc Marquez pada November 2021. Kondisi yang kembali kumat membuat ia akhirnya absen di MotoGP Argentina.

Namun setelah rehat dan menjalani pengobatan serta latihan, kondisi Marc Marquez pun dinilai sudah fit dan membuatnya akan kembali unjuk gigi di MotoGP Amerika.


1. Marc Marquez Resmi Comeback di COTA

Pembalap MotoGP Repsol Honda, Marc Marquez

Melasir dari laman resmi MotoGP, pihak tim dokter yang menangani Marc Marquez telah mengizinkan rider Repsol Honda itu untuk kembali balapan.

Tim Repsol Honda juga telah mengonfrimasi kembalinya Marquez yang akan tampil di MotoGP Amerika Serikat pada akhir pekan ini.

Baca Juga

Keputusan tim dokter pun terbilang cepat, karena The Baby Alien sebelumnya diprediksi bakal absen di beberapa balapan karena cedera yang dialaminya.

“Dokter telah mengizinkan juara dunia enam kali MotoGP Marc Marquez berkompetisi lagi menyusul kecelakaan yang dialaminya dalam sesi Warm Up GP Indonesia di Mandalika, di mana ia didiagnosis diplopia,” tulis pernyataan HRC.

“Pembalap tim Repsol Honda itu telah menyelesaikan proses rehabilitasinya dengan cepat. Kini, ia sudah siap beraksi lagi dalam putaran keempat MotoGP musim ini yang akan berlangsung di Austin, Texas.” tambah rilis tersebut.

Akhirnya resmi diizinkan kembali menunjukkan tajinya pun membuat Marc Marquez berkesempatan besar untuk meneruskan catatan impresifnya di MotoGP Amerika.

Sebab, Marquez menjadi pembalap dengan rekor kemenangan terbanyak di Circuit of The Americas (COTA) sejak pertama kali digelar pada 2013.

Baca Juga

Tercatat, Marc Marquez sudah mengantongi tujuh kemenangan, kecuali gagal pada edisi 2019 dan pada musim selanjutnya absen karena tak digelar balapan akibat pandemi.

“Tentu saja saya sangat senang bisa kembali, rasanya luar biasa, terutama ini salah satu trek favorit saya. Apa pun kondisinya, saya sangat menikmati berkendara di Texas dan memiliki memori luar biasa di sana,” kata ucap Marc Marquez.


2. Klasemen MotoGP 2022

Klasemen MotoGP 2022

Sementara itu, Marc Marquez sendiri saat ini telah mengantongi 11 poin dan berada di posisi ke-15 dalam klasemen sementara MotoGP 2022.

Di sisi lain, Aleix Espargaro dari tim Aprilia Racing secara mengejutkan mendominasi balapan yang berlangsung di Termas de Rio Hondo.

Aleix memang memulai balapan dari pole position usai menjadi yang tercepat saat sesi kualifikasi. Nyatanya, ia mampu mempertahanan dominasinya pada sesi race yang berlangsung 25 lap.

Baca selengkapnya: Update Klasemen MotoGP dan Moto3: Aleix Espargaro Meroket, Mario Aji Posisi Buncit

Marc MarquezRepsol HondaMotoGPMotoGP Amerika SerikatBerita MotoGPMotoGP 2022

Berita Terkini