x

Detik-detik Kecelakaan Maut di Moto2: Libatkan 11 Pembalap, Motor Terbakar hingga Patah Jadi 2

Senin, 25 April 2022 07:30 WIB
Editor: Juni Adi
Kecelakaan terjadi di Moto2 GP Argentina 2022 beberapa waktu lalu.

INDOSPORT.COM - Terjadi insiden kecelakaan maut yang melibatkan 11 pembalap di Moto2. Ada yang motornya terbakar hingga patah menjadi dua.

Insiden mengerikan terjadi di ajang Moto2 GP Portugal 2022, di Sirkuit International Algarve, Portimao, Portugal, Minggu (24/04/22) petang WIB.

Baca Juga

Hujan sempat menguyur wilayah tersebut sebelum balapan dimulai yang kemudian menjadi salah satu faktor terjadinya insiden crash, karena lintasan basah.

Trek basah akhirnya menimbulkan petaka saat balapan dimulai. Berjalan mulus di awal-awal, pertengahan balapan baru terjadi insiden tepatnya di lap kesembilan.

Tiga pemabalap terdepan yakni Aron Canet, Cameron Beaubier, dan Ai Ogura terpelanting dari motor mereka. 

Baca Juga

Delapan pembalap lainnya menyusul ikut terlibat dalam insiden tersebut, enam di antaranya adalah Somkiat Chantra, Tony Arbolino, Augusto Fernandez.

Lalu ada Sam Lowes, Albert Arenas, Pedro Acosta, Zonta van den Goorbergh, serta Simone Corsi ikut crash di tikungan yang sama tak lama berselang.

Akibat insiden kecelakaan itu, dua motor bertabrakan di gravel hingga menimbulkan api besar yang melahap seluruh bagian motor.

Baca Juga

Tak hanya itu, bagian roda depan motor Kalex Moto2 milik Zonta Van den Goorbergh terpisah dengan rangkanya pasca terlibat dalam kecelakaan masal Moto2.

Red flag pun berkibar tanda balapan dihentikan sementara. Balapan baru bisa dilanjutkan kembali 40 menit kemudian.

Para pebalap yang jatuh dan tersungkur di gravel tidak mengalami luka serius. Meski begitu, mereka tak bisa melanjutkan balapan ketika bendera hijau dikibarkan, dan juga tidak cukup waktu untuk memperbaiki motornya.


1. Jalannya Balapan

Kecelakaan terjadi di Moto2 GP Argentina 2022 beberapa waktu lalu.

Setelah balapan ditunda akibat adanya insiden kecelakaan beruntun di lap kesembilan, balapan pun akhirnya dilanjutkan.

Untungnya dua pembalap dari Pertamina Mandalika SAG Racing Team tak terlibat insiden, hingga tetap melanjutkan balapan yakni Gabriel Rodrigo dan Bo Bendsneyder.

Baca Juga

Alhasil, Bendsneyder dan Rodrigo diuntungkan karena berada di posisi yang jauh lebih baik saat start kedua di Moto2 Portugal 2022.

Pada start kedua itu, Bendsneyder menempati posisi kesembilan. Sementara Rodrigo berada di urutan ke-14.

Ketika dimulai ulang, Jake Dixon yang berada di urutan terdepan, secara mengejutkan justru terpleset ketidak sedang memimpin.

Baca Juga

Hal tersebut menguntungkan dua pembalap Pertamina Mandalika SAG Racing Team, sehingga mereka berada di posisi terbaik.

Ketika balapan tinggal menyisakan dua lap lagi, Bendsneyder berada di posisi ketujuh, sementara Rodrigo menusuk ke peringkat sembilan.

Baca Juga

Sayangnya di lap terakhir Bendsneyder berhasil disalip dan harus puas mengakhiri Moto2 Portugal 2022 di urutan kedelapan. Sementara Rodrigo menyelesaikan balapan di posisi ke-10.

Hasil race Moto2 Portugal 2022 dimenangkan oleh pembalap Tim Italtrans Racing, Joe Roberts.


2. Fabio Quartararo Diambang Perpisahan

Selebrasi pembalap motoGP, Fabio Quartararo saat mengangkat tropi usai balapan di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

Fabio Quartararo di ambang perpisahan dengan Yamaha. Gosip miring tersebut sejurus dengan keluhan sang pembalap terkait skuternya yakni M1.

Dalam sesi kualifikasi di seri MotoGP Mandalika 2022 misalnya. Meski tampil jadi yang tercepat, namun motor yang dikendarai Quartararo mengalami masalah serius.

Di awal balapan, M1 miliknya harus masuk garasi padahal sesi kualifikasi baru berjalan 7 menit menyentuh aspal Sirkuit Mandalika.

Motor Quartararo mendadak mati mesin ketika baru memasuki satu tikungan. Para marshal pun membantu Quartararo mendorong motornya menuju pit lane.

Kondisi tersebut terbilang langka, mengingat selama ini Quartararo nyaris tak pernah mengalami kejadian serupa.

Baca selengkapnya: Ngeluh Bapuknya M1, Fabio Quartararo di Ambang Perpisahan dengan Yamaha

MotoGPMoto2Mandalika Racing Team

Berita Terkini