x

Kejutan! 2 Pembalap Indonesia Bakal Mentas di Kejuaraan Dunia Motorcross MXGP Samota 2022

Senin, 20 Juni 2022 22:18 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Indonesia bakal mengirimkan dua wakil pembalapnya di ajang Kejuaraan Dunia Motorcross MXGP Samota 2022.

INDOSPORT.COM – Indonesia bakal mengirimkan dua wakil pembalapnya di ajang Kejuaraan Dunia Motorcross MXGP Samota 2022.

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal kembali menjadi tuan rumah kejuaraan balap kelas dunia, usai sukses menggelar ajang bergengsi seperti World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

Baca Juga

Kali ini NTB akan menggelar ajang Motorcross Grand Prix (MXGP) 2022 yang digelar di Rocket Motor Circuit MXGP Samota, Sumbawa.

Indonesia memang sebelumnya langganan menjadi tuan rumah MXGP, namun sayang sempat absen sebagai tuan rumah selama dua tahun terakhir.

MXGP Samota 2022 sendiri bakal digelar pada akhir pekan ini atau lebih tepatnya pada tanggal 24-26 Juni 2022 mendatang.

Baca Juga

Indonesia selaku tuan rumah bakal bersaing dengan mengirimkan dua wakilnya di kelas MXGP dan MX2 nanti.

Melansir dari Antara, dua pembalap Indonesia yang akan tampil ialah Farhan Hendra Fahrodjie untuk kelas MXGP dan Delvintor Alfarizi di kelas MX2.

Keduanya mentas di ajang motorcross bergengsi itu usai mendapatkan fasilitas wildcard, sehingga bisa bersaing dengan crosser top dunia.

Baca Juga

Happy Harinto sebagai Official National Promoter MXGP of Indonesia juga telah mengonfrimasi hal ini, dengan mengatakan bahwa dua crosser yang mendapatkan wildcard telah memenuhi kriteria di seri Kejuaraan Dunia Motocross 2022.

"Kalau sudah masuk MXGP dan MX2 tentu jam terbang mereka sudah tinggi. Pembalap yang mewakili Indonesia sudah sesuai dengan kriteria," kata Happy Harinto jelang MXGP Samota 2022.


1. Bukan Pembalap Sembarangan

Logo kejuaraan motorcross MXGP.

Sekadar informasi, Farhan Hendra merupakan pembalap yang sudah beberapa kali mencicipi ajang MXGP.

Yakni pernah tampil pada seri MXGP 2017 di Pangkal Pinang, MXGP 2018 di Pangkal Pinang dan Semarang, serta MXGP 2019 di Palembang dan Semarang.

Baca Juga

Farhan merupakan salah satu pembalap top Indonesia yang tercatat beberapa kali menang di kejuaraan nasional motocross.

Pada gelaran MXGP di Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa, Farhan bakal turun dengan menggunakan motor KTM.

Farhan Hendra juga akan bersaing dengan 20 rider top dunia seperti Tim Gajser (Sloveni), Jeremi Seewer (Swiss), Jorge Prado (Spanyol), dan yang lainnya.

Baca Juga

Sementara Delvintor Alfarizi adalah pebalap yang juga pernah merasakan atmosfer persaingan Kejuaraan Dunia Motocross dengan turun pada kelas MX2 pada 2018 di Semarang dan Pangkal Pinang, serta pada 2019 di Palembang dan Semarang.

Pada edisi kali ini, Delvintor Alfarizi akan berlomba di bawah naungan Astra Honda Racing Team dan bersaing dengan 13 pembalap dunia, antara lain Tom Vialle (Prancis) dan Jago Geerts (Belgia).


2. Puluhan Ribu Penonton Siap Ramaikan MXGP Samota 2022

Logo kejuaraan motorcross MXGP.

Puluhan ribu penonton diprediksi bakal memadati kejuaraan dunia Motorcross Grand Prix (MXGP) 2022 yang digelar di Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Setelah sukses menggelar kejuaraan balap kelas dunia WSBK dan MotoGP pada 2021 dan 2022 kemarin, kini provinsi NTB akan menjadi tuan rumah untuk ajang balap internasional lainnya.

Baca selengkapnya: NTB Jadi Tuan Rumah Lagi, 75.000 Penonton Siap Padati Kejuaraan MXGP Samota 2022

MotocrossMotocross Grand Prix (MXGP)MXGP IndonesiaNusa Tenggara Barat

Berita Terkini