x

Lewis Hamilton dan George Russel Tersingkir, Max Verstappen Raih Pole Position F1 GP Austria

Sabtu, 9 Juli 2022 17:46 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Juni Adi
Lewis Hamilton dan Max Verstappen crash di F1 GP Italia.

INDOSPORT.COM – Lewis Hamilton dan George Rusell tersingkir dari Kualifikasi 3(Q3) Formula 1 di GP Austria 2022, Hal tersebut membuat Max Verstappen mengamankan pole position untuk sprint race.

Gagalnya duet Mercedes, Lewis Hamilton dan George Rusell di Kualifikasi ke-3 tersebut diakibatkan oleh kecelakaan yang dialami oleh Hamilton tersebut, pada Jumat (08/07/22).

Baca Juga

Hal tersebut membuat Lewis Hamilton harus start dari urutan ke-10, sedangkan George Rusell akan mengawali balapan di posisi keempat.

Sebenarnya kedua pembalap asala Mercedes tersebut saling bersaing dengan pembalap lain untuk posisi terdepan.

Baca Juga

Namun atas kejadian yang dialami oleh Hamilton, membuat dua pembalap yang berasal dari tim Mercedes Benz tersebut harus puas start dari tiga besar.

Di sisi lain, pemuncak klasemen klasemen sementara Formula 1, Max Verstappen mampu mengamankan pole position untuk sprint race.

Pembalap asal Red Bull tersebut untuk sementara mengumpulkan 181 poin, dan mampu meraih lima kali kemenangan dari 10 seri balapan yang telah dilakukan.

Verstappen mampu mencetak waktu terbaik satu menit 4,984 detik pada penghujung Q3 di saat para pembalap mencoba memanfaatkan dua menit terakhir menyusul bendera merah atas insiden L. Hamilton.

Baca Juga

Selain itu, Verstappen juga mampu mengamankan pole sementara karena unggul atas Charles Leclerc, dari tim Ferrari dengan gap 0,029 detik

Sementara itu, nasib sial harus dialami oleh kedua pembalap dari tim Mercedes, yakni Lewis Hamilton dan George Rusell.


1. Kecelakaan, Lewis Hamilton Harus Start dari Posisi 10

Max Verstappen (Red Bull) dan Lewis Hamilton (Mercedes) di F1 GP Arab Saudi (06/12/21).

Dalam ajang balapan mobil seri ke-11 Formula 1 GP Austria pada Jumat (08/07/22), Lewis Hamilton mengalami kecelakaan di tikungan ketujuh.

Hal tersebut terjadi setelah Hamilton kehilangan kendali atas mobilnya dan menabrak pagar pembatas saat sesi terakhir kualifikasi ke-3 (Q3).

Baca Juga

Dilansir dari Skysport, setelah insiden tersebut Lewis Hamilton mengatakan permintaan maafnya kepada rekan satu timnya melalui radio sebelum dirinya turun dari mobil.

Lewis Hamilton mengatakan "Saya sangat kecewa pada diri sendiri pada akhirnya dan sangat menyesal kepada tim yang bekerja sangat keras untuk menyatukan mobil ini dan saya tidak pernah ingin mengembalikannya dalam keadaan rusak,” dikutip dari Skysports.

Baca Juga

Dirinya juga menambahkan, “Bertarung untuk tiga besar, saya pasti terdorong akan hal itu. Tentu saja saya terdorong untuk melihat performa kami. Kami tidak menyangka akan sedekat itu.”

“Itu adalah hal positif yang sangat besar dari tim tetapi saya benar-benar cukup jauh ke belakang [untuk Sprint] jadi saya tidak tahu apa yang mungkin [terjadi] dari sana.”

Baca Juga

Sebenarnya pembalap berusia 37 tahun asal Inggris tersebut meraih hasil yang cukup positif sebelum insiden kecelakaan yang dialami olehnya.

“Semoga saya bisa menebus beberapa waktu yang hilang.” Pungkas pembalap dari tim Mercedes, Lewis Hamilton.


2. Sergio Perez Dapat Hukuman Karena Langgar Track Limit

Sergio Perez, pembalap Racing Point.

Pembalap asal Meksiko, Sergio Perez, baru saja menerima penalti dari FIA karena dianggap meninggalkan trek tanpa alasan yang jelas saat babak kualifikasi F1 GP Austria 2022.

Pelanggaran track limit memang bukanlah sebuah hal baru di Red Bull Ring. Setelah menyelesaikan sesi kualifikasi di P4, Sergio Perez kini harus rela putaran Q3-nya dihapus waktunya.

"Perez meninggalkan lintasan di Tikungan 8 pada flying lap terakhirnya di Q2, tepat sebelum akhir sesi," demikian bunyi dokumen keputusan FIA tersebut.

"Karena hal ini tidak teridentifikasi sampai saat sebelum Q3 dimulai, lap tersebut tidak dihapus sebelum dimulainya Q3, dan Perez memulai Q3.

Ini adalah konsekuensi dari banyaknya situasi yang harus diperiksa di setiap sesi.” Video yang menampakkan balapan tersebut dinilai jelas, jadi tidak ada keraguan perihal pelanggaran yang dilakukan Perez bagi FIA.

Baca selengkapnya

Lewis HamiltonMax VerstappenFormula 1Mercedes

Berita Terkini