x

Lewis Hamilton Bakal Jalani Balapan ke-300, Ini Daftar Pembalap F1 dengan Start Terbanyak

Sabtu, 23 Juli 2022 12:38 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Lewis Hamilton Bakal Jalani Balapan ke-300, Ini Daftar Pembalap F1 dengan Start Terbanyak.

INDOSPORT.COM - Berikut daftar pembalap Formula 1 (F1) yang mampu mencatatkan start atau balapan terbanyak sepanjang sejarah, termasuk ada Lewis Hamilton.

Saat ini Lewis Hamilton telah menjalani 299 balapan sejak memulai debut di F1 pada 2007 silam. Ia hanya sekali melewatkan balapan yakni saat GP Sakhir 2020 lalu karena terinfeksi Covid-19.

Baca Juga

Pada akhir pekan ini tepatnya di F1 GP Prancis di Sirkuit Paul Ricard, Le Castellet. Lewis Hamilton akan menjalani balapan ke-300.

Akan tetapi, pembalap berusia 37 tahun ini masih kalah dengan lima nama lainnya. Seperti  Kimi Raikkonen dengan 349 start dan di bawahnya ada Fernando Alonso yang masih aktif.

Baca Juga

Hal ini membuat Lewis Hamilton menyebut kalau Fernando Alonso merupakan rival terberatnya. Apalagi mereka pernah bertandem di McLaren Mercedes pada 2007, dan sempat bersaing sengit memperebutkan gelar dunia pada 2010-2014.

"Sulit menyebut siapa rival terkuat saya. Pasalnya, tiap kali bertarung dengan seseorang, Anda ada di fase berbeda dalam hidup Anda," ujar Lewis Hamilton dilansir dari Crashnet.

"Saya ingat ketika ditugaskan setim dengan Fernando pada usia 22 tahun. Saya masih muda, secara mental dan skill. Ada beban besar ketika harus berhadapan dengan pembalap hebat seperti dia."

"Jadi, bisa saya katakan, kalau murni soal ritme balap dan kemampuan, saya rasa orangnya adalah Fernando. Kami menjalani beberapa pertarungan yang hebat."

Baca Juga

"Saya harap kami bisa mendapatkannya lebih sering. Semoga ia juga tetap balapan, dan semoga kami bisa kembali bertarung pada masa depan," pungkasnya.

Selain Lewis Hamilton, siapa lima pembalap lainnya yang mampu mencatatkan start terbanyak di Formula 1? 


1. Michael Schumacher dan Jenson Button (306 start)

Michael Schumacher bersama tim Mercedes pada 2012 silam.

Michael Schumacher merupakan pembalap F1 legendaris yang paling dikenal oleh para penggemar. Ia memiliki rekor 7 kali memenangkan gelar juara dunia F1.

Michael Schumacher berkarier selama 21 tahun di F1. Debutnya terjadi pada 1991 silam di GP Belgia.

Baca Juga

Ia bergabung bersama tim Jordan yang menjadi tim pertamanya di F1. Ia masuk sebagai Bertrand Gachot yang saat itu tengah menjalani kasus hukum dan berurusan dengan kepolisian Inggris.

Sementara itu mantan pembalap McLaren, Jenson Button memiliki rekor yang sama dengan Michael Schumacher. Ia mampu mencatatkan 306 kali start.

Baca Juga

Ia memutuskan pensiun dari F1 setelah pada akhir musim 2016 lalu setelah 17 tahun berkarier. Jenson Button sempat meraih juara dunia di musim 2009 saat membalap bersama tim Brawn GP.

Rubens Barrichello  (322 start)

Rubens Barrichello merupakan pembalap asal Brasil yang pernah berkiprah di balap F1 selama 19 tahun. Ia terjun di dunia F1 sejak 1993 sampai 2011 bersama enam tim: Jordan, Stewart, Ferrari, Honda, Brawn GP dan Williams.

Baca Juga

Prestasi terbaiknya didapat ketika ia membela tim Ferrari selama enam tahun yakni pada 2000 hingga 2005. Selama di Ferrari, ia menemani Michael Schumacher meraih juara dunia lima kali beruturut-turut (2000-2004).

Rubens Barrichello pensiun dari F1 di akhir musim 2011 dan sempat ikut balap Indy di Amerika tahun 2012. Kemudian ia mencoba beralih ke Brazilian Stock Car V8 Series di Brasil dan juara di 2014.


2. Fernando Alonso (344 start)

Pembalap Formula 1, Fernando Alonso.

Pembalap yang sudah berusia 40 ini belum pensiun dari dunia formula 1. Juara dunia F1 2005 dan 2006 tersebut kini menjadi bagian di tim Alpine.

Karena belum menyerah di atas sirkuit, Fernando Alonso kini telah mencetak rekor dengan mencatatkan 344 kali start.

Dia kini hanya terpaut sembilan seri saja untuk menyalip rekor Kimi Raikkonen sebagai pembalap dengan race start terbanyak sepanjang sejarah Formula 1.

Fernando Alonso memulai kiprah di dunia F1 sejak debut pada GP Australia 2001. Dia telah melewati rekor Schumacher yang berkarier selama 21 tahun dan tiga bulan di ajang F1.

Kimi Raikkonen (349 start)

Pembalap Formula 1 asal Finlandia yakni Kimi Raikkonen telah pensiun saat usia 41 tahun pada akhir musim 2021 lalu. Ia sempat menjadi pembalap tertua di atas lintasan.

Debut Raikkonen dimulai pada 2001 silam bersama tim Red Bull Sauber Petronas. Sejak itu, Raikkonen telah menjelajah di lima tim berbeda di antaranya ke McLaren Mercedes, Lotus, Ferrari, dan tiga musim terakhir bersama Alfa Romeo.

Pengalaman panjang itu membuat dirinya tercatat sebagai pembalap dengan jumlah start terbanyak sepanjang sejarah yaitu 349 kali.

Baca Juga
Lewis HamiltonMichael SchumacherFernando AlonsoKimi RaikkonenJenson ButtonFormula 1

Berita Terkini