x

Disangka Sepi, Penonton WSBK Mandalika 2022 Kepergok Lebih Pilih Duduk di Bawah Tribun, Kenapa?

Minggu, 13 November 2022 09:55 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Para penonton ternyata lebih memilih duduk di bawah tribun saat menyaksikan race WSBK Mandalika 2022. (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

INDOSPORT.COM – Para penonton ternyata lebih memilih duduk di bawah tribun saat menyaksikan race WSBK Mandalika 2022.

Sebagaimana diketahui saat ini Indonesia tengah menjadi tuan rumah seri ke-11 WSBK 2022 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika pada Jumat (11/11/22) hingga Minggu (13/11/22).

Namun balapan kelas dunia ini sempat mendapatkan sorotan karena sepinya penonton di bangku tribun yang terlihat kosong.

Melansir dari Antara, sepinya penonton dan kosongnya tribun karena memang tak dijual tiket untuk hari pertama yang hanya berisikan sesi latihan bebas atau Free Practice (FP) pertama dan kedua.

Kemudian saat hari kedua dan gelarnya Race 1 WSBK Mandalika penonton memang mulai berdatangan.

Baca Juga

Meski demikian, bangku tribun terlihat tak seramai edisi WSBK 2021 tahun lalu dan ada beberapa spot terlihat kosong dan hanya diisi oleh segelintir orang saja.

Fenomena ini pun menjadi sorotan. Sebab, sebelumnya pihak terkait mengklaim bahwa ada puluhan ribu tiket sudah terjual.

Baca Juga

Namun belum lama ini terjawab sudah mengapa bangku tribun penonton WSBK Mandalika 2022 terlihat sepi penonton.

Yakni lantara para penonton memutuskan dan memilih untuk duduk di bawah tribun penonton saat WSBK Mandalika 2022.

Hal mengejutkan ini pun diketahui dari unggahan akun TikTok @om_pandhu77 pada Sabtu (12/11/22) yang memperlihatkan penonton berkerumun di bawah tribun di WSBK Mandalika 2022.

Baca Juga

1. Akibat Cuaca Terik

Sirkuit Mandalika yang Akan Jadi Tuan Rumah WSBK 2022 (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

Dalam unggahannya, @om_pandhu77 memperlihatkan hanya ada segilintir orang duduk di tribun sambil memegang payung untuk melindungi tubuh dari teriknya cuaca.

Kondisi tersebut pun terlihat memprihatinkan karena sepinya penonton. Namun tiba-tiba @om_pandhu77 mengajak pengikutnya untuk mengintip di bawah tribun.

Kemudian secara mengejutkan ternyata sudah banyak orang yang berkerumun di bawah tribun penonton.

@om_pandhu77 Penonton SEPI di WSBK2022 Sirkuit Mandalika?? Yang unik di Sirkuit Mandalika Part.1 #wsbk2022 #sirkuitmandalika #racemandalika #goestomandalika #mandalikahariini #mandalikacircuit #ompandhu77 ♬ suara asli - Pandhu WK - OmPandhu77

Hal ini terjadi karena tribun penonton tak dilengkapi dengan atap, sehingga membuat para penggemar tak memiliki perlindungan terhadap cuaca.

Apalagi Kawasan Mandalika dikenal dengan cuaca terik dan panas, sehingga membuat penonton memilih untuk duduk di bawah tribun meski sudah dilengkapi topi dan kacamata sebagai pelindung diri dari cuaca panas.

Baca Juga

Unggahan @om_pandhu77 pun bisa menjadi evaluasi bagi peyelenggara di mana semua tribun bisa diperbaiki lagi dengan dilengkapi atap agar membuat penonton nyaman.

Sebelumnya Norman Haka Sulaiman selaku Head of Corcec Xplorin mengklaim jumlah tiket yang terjual hingga H-1 pelaksanaan WSBK Mandalika 2022 mencapai 30.510 lembar.

Baca Juga

"Sampai hari ini tiket yang terjual sebanyak 30.510 lembar tiket," kata Norman Haka Sulaiman, dilansir dari Antara.

Ia mengatakan tiket yang terjual itu terbagi untuk hari kedua pada 12 November sebanyak 6.981 lembar dan hari ketiga pada 13 November sebanyak 23.529 lembar.

Lebih lanjut Norman mengatakan bahwa dari 30.510 lembar tiket WSBK Mandalika 2022 yang sudah terjual tersebut, 70 persen-nya dibeli oleh masyarakat Lombok, NTB dan sekitar 30 persen yang membeli tiket merupakan orang luar Lombok, seperti Bali, dan beberapa daerah di Pulau Jawa.

Baca Juga
MotoGPSirkuit MandalikaWorld Superbike (WSBK)WSBK Mandalika

Berita Terkini