x

Pebalap Ken Block Tewas Kecelakaan, Rifat Sungkar Kenang Persahabatan di Amerika

Selasa, 3 Januari 2023 12:56 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pebalap reli, Ken Block saat bersama dengan Rifat Sungkar / Instagram @kblock43

INDOSPORT.COM - Kabar duka dari dunia otomotif di awal tahun 2023. Pembalap reli Ken Block meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan. Rifat Sungkar ikut berduka.

Dilansir dari Motortrend.com pada Selasa (03/01/23), Ken Block menjadi korban dalam kecelakaan snowmobile (mobil salju), dan ia meninggal dunia di usia yang ke-55 tahun.

Akun Instagram Hoonigan yang merupakan brand milik Ken Block, turut membenarkan kabar duka cita tersebut.

"Dengan duka mendalam, kami konfirmasi bahwa Ken Block meninggal dunia dalam kecelakaan mobil salju hari ini," tulisnya.

"Ken adalah seorang visioner, perintis, dan ikon. Dan yang terpenting, seorang ayah dan suami. Dia akan sangat dirindukan."

Baca Juga

Hoonigan juga meminta masyarakat untuk menghormati Ken Block, dan tetap menjaga privasi keluarga yang tengah berduka cita.

"Harap untuk menghormati privasi keluarga saat ini, saat mereka berduka," unggahnya.

Ken Block memulai kariernya di dunia balap reli sejak 2005 hingga 2014. Selain itu, ia juga jadi pebalap di Rallycross, dan bekerja sama dengan Ford, Audi, hingga Porsche.

Baca Juga

Bersama Ford, Ken Block mengenalkan gaya mengemudikan mobil yang sangat unik, dikenal dengan nama Gymkhana. 

Selain sebagai pereli, Ken Block terkenal sebagai drifter. Beberapa video YouTube buatannya, Gymkhana, ditonton banyak orang pencinta otomotif dan drifting.

Hingga kini, Gymkhana sangat identik dengan Ken Block, meski sudah berganti tangan dan dipegang oleh Travis Pastrana.

Baca Juga

1. Rifat Sungkar Sampaikan Duka

Potret kemenangan Rifat Sungkar di Kejurnas Sprint Rally 2019, Minggu (08/09/19).

Mendengar kabar tewasnya Ken Block dalam kecelakaan snowmobile, pebalap reli asal Indonesia, Rifat Sungkar menuliskan ungkapan duka cita melalui Instagram.

"R.I.P my Idol and my good friend. Kamu akan selalu menginspirasi dan selamanya di hati kami," tulis Rifat Sungkar via Instastory.

Ada alasan khusus mengapa Rifat Sungkar sudah dianggap sahabat oleh Ken Block. Tahun 2013 lalu, Rifat Sungkar ikut ambil bagian dalam Kejuaraan Rally America.

Ia mengikuti lima putaran: Oregon Trail Rally, Susquenhannock Trail Performance Rally, New England Forest Rally, Ojibwe Forest Rally, dan Lake Superior Performance Rally.

Pada putaran New England Forest Rally, Rifat keluar sebagai juara ketiga. Namun yang menjadi lebih menarik adalah cerita di balik layar. Ia melihat mobil Ken Block mati total.

Baca Juga

Rifat Sungkar memutuskan berhenti, lalu membantu untuk menderek mobil Ken Block sepanjang kurang lebih 20 km, dan pebalap asal California itu tiba di service area tepat waktu.

Mobil Ken Block berhasil diperbaiki, dan pada akhirnya Ken Block berhasil menjuarai putaran New England Forest Rally. Ia sangat berterima kasih pada sosok Rifat Sungkar.

Baca Juga

"Terima kasih untuk temanku Rifat yang membantu menderek mobilku, dan juga @AlexGelsomino yang memperbaiki kerusakan yang terjadi pada alternator mobil ini usai menjalani etape ke-11."

"Tanpa itu semua, saya tak mungkin bisa memenangi New England Forest Rally," tulis Ken Block sembari mengunggah potretnya bersama Rifat Sungkar dari Indonesia.

Baca Juga
Rifat SungkarReliOtomotifBerita Otomotif

Berita Terkini