x

5 Fakta Sirkuit Algarve Arena yang Siap Membuka MotoGP 2023

Kamis, 19 Januari 2023 18:47 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pembalap MotoGP seri saat start dari grid, MotoGP di Algarve, Portugal.

INDOSPORT.COM - MotoGP 2023 akan segera dimulai dengan Sirkuit Algarve Arena Portugal menjadi seri pembuka. Berikut 5 fakta sirkuit yang sulit ditaklukkan ini. 

MotoGP akhirnya merilis daftar final line-up pembalap dan tim untuk kejuaraan kelas premier musim 2023 nanti.

Baca Juga

Pengumuman ini secara resmi diumumkan oleh MotoGP melalui akun media sosialnya tepat pada tanggal 1 Januari 2023 kemarin.

Kini, para peserta MotoGP 2023 sedang sibuk mempersiapkan para rider andalannya agar bisa mendapatkan hasil terbaik di tahun ini.

Seperti yang kita ketahui, MotoGP 2022 kemarin juaranya adalah pembalap milik Ducati Francesco Bagnaia. 

Baca Juga

Dari 20 race yang dilangsungkan tahun lalu, Bagnaia mampu mencatat 10 kali naik podium dengan 7 di antaranya keluar sebagai juara race.

Masih dengan tim yang sama yakni Ducati Lenovo Team, sangat menarik menantikan bagaimana performa Bagnaia dalam mempertahankan gelar juaranya.

Namun selain itu, ada serba-serbi lain jelang MotoGP 2023 salah satunya adalah sirkuit yang akan dipakai dalam 21 race yang diadakan sepanjang tahun. 

Baca Juga

Salah satunya adalah Sirkuit Algarve Arena di Portugal, yang akan jadi seri pembuka MotoGP 2023. 

Oleh karena itu, menarik untuk kita mengulik fakta-fakta tentang sirkuit satu ini yang ternyata sulit ditaklukkan para rider MotoGP.  Berikut 5 faktanya.


1. 2. Gelar GP Penutupan Musim 2020

Sirkuit Algarve.

Sejak 2002, entah alasan apa, MotoGP memang selalu menggelar balapan penutup setiap musimnya di Valencia, Spanyol. 

Namun lagi-lagi karena pandemi Covid-19 di musim 2020, membuat Valencia terkendala menggelar balapan penutupan seperti 18 tahun sebelumnya. 

Sirkuit Algarve pun dipilih oleh otoritas MotoGP untuk menggelar balapan penutup di musim 2020. 

Baca Juga

1. Berada di Dekat Pantai

Sirkuit Algarve International dibangun pertama kali pada 2008 silam dengan berlokasi di Kota Portimao yang masuk bagian Algarve. 

Tidak hanya membangun sirkuit, pemerintah provinsi Algarve juga mendirikan banyak pusat perbelanjaan, tempat wisata, hotel bintang lima, apartemen dan komplek olahraga. 

Hal ini membuat Sirkuit Algarve semakin komplit, dengan pemandangan dekat pantai. Membuat para rider bisa sekaligus balapan dan juga berlibur sejenak.


2. 5. Sirkuit Baru di Ajang MotoGP

Sirkuit Algarve

Portugal memang bukan negara baru untuk menggelar balapan bergengsi seperti MotoGP. Namun sebelumnya yakni medio 2000-2012 yang digunakan adalah Sirkuit Estoril.

Setelah tahun 2012, mereka absen menggelar MotoGP dan baru kembali di musim 2020 dengan sirkuit yang berbeda. Yakni Sirkuit Algarve, yang ternyata sulit ditaklukkan. 

Baca Juga

Sejak musim 2020, GP Portugal selalu digelar di Sirkuit Algarve hingga menjadi seri pembuka di MotoGP 2023 mendatang. 

4. Dua Kali Gelar MotoGP di 2021

Fakta uniknya, sirkuit ini ternyata pernah menggelar race MotoGP sebanyak dua kali di 2021. Padahal, biasanya masing-masing negara hanya sekali saja setahun. 

Hal itu dikarenakan pandemi Covid-19, yang membuat otoritas kompetisi balapan bergengsi ini mengakalinya agar beberapa sirkuit langsung gelar dua balapan sekaligus. 

Baca Juga

Balapan pertama di Sirkuit Algarve terjadi pada 18 April 2021, sementara yang kedua digelar pada 7 November 2021. 

Selain Algarve, sirkuit-sirkuit seperti Losail, Red Bull Ring dan Misano juga menggelar MotoGP 2021 sebanyak dua kali. 

3. Tim yang Pernah Menang di Sirkuit Ini

Sirkuit ini memang baru menggelar MotoGP sejak 2020 lalu, namun sudah ditaklukkan tiga rider dari tiga tim berbeda. 

Baca Juga

Balapan pertama di 2020 lalu, rider KTM Red Bull Miguel Olivieira sukses menaklukkan sirkuit baru di negara Portugal itu. 

Selanjutnya, balapan kedua di sirkuit tersebut giliran Fabio Quartararo di bawah tim Monster Energy Yamaha yang menaklukkannya di 2021. Terakhir di 2022, ialah Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo yang menguasai Sirkuit Algarve. 

MotoGPFabio QuartararoFrancesco BagnaiaMotoGP 2023

Berita Terkini