x

5 Fakta Menarik Lando Norris, Pembalap Muda F1 yang Dilabeli ‘The New Lewis Hamilton’

Rabu, 1 Februari 2023 00:29 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Lando Norris, pembalap F1 dari tim McLaren.

INDOSPORT.COM - Kompetisi balapan Formula 1 musim 2023 akan segera berlangsung. Salah satu pembalap yang patut mendapat sorotan adalah Lando Norris. 

Lando Norris merupakan salah satu pembalap muda yang akan berjibaku di arena balap Formula 1 di musim 2023. 

Baca Juga

Dia mewakili tim McLaren F1 sejak 2018 dengan performa yang cukup impresif untuk seorang pembalap muda. 

Dengan ikut balapan secara resmi terhitung pada 2019, Lando Norris mengakhiri musim debutnya dengan bertengger di urutan ke-11. 

Tiga tahun berikutnya hingga musim 2022 kemarin, pembalap berdarah Belgia-Inggris itu tidak pernah keluar dari peringkat 10 besar. 

Baca Juga

Hal itu juga yang membuat McLaren memperpanjang kontraknya pada 2021 lalu, dengan durasi multitahun. 

Lando Norris kala itu, tidak bisa menyembunyikan perasaan bahagianya, dan mengaku merasa sangat senang bisa kembali membalap bersama McLaren untuk tahun-tahun berikutnya. 

“Saya sangat senang bisa memperpanjang hubungan dengan McLaren sejak 2022 dan seterusnya. Saya telah bergabung selama hampir lima tahun dan sudah sangat merasa seperti keluarga sendiri di sini, apalagi McLaren telah memberikan dukungan pada saya sejak seri junior.

Baca Juga

“Komitmen saya untuk McLaren jelas, yakni memenangkan balapan dan menjadi juara dunia F1 serta ingin melakukannya bersama tim ini. saya ucapkan banyak terima kasih kepada tim hingga bisa terus berkembang,” jelasnya.

Jelang musim 2023, menarik untuk diketahui fakta-fakta tentang Lando Norris yang mungkin belum kamu ketahui. Simak selengkapnya di bawah ini. 


1. 5. Karir junior yang impresif

Lando Norris pembalap Formula 1 bersama tim Renauld 2019

Lando mengawali karir profesional pada 2014 dengan masuk kejuaraan usia muda di Inggris, Ginetta Junior Championship. 

Pada 2015, dia ditawarkan satu tempat oleh Carlin untuk balapan di kejuaraan MSA Formula Championship. Penampilannya cukup mengesankan dengan mengklaim gelar juara di musim pertamanya. 

Baca Juga

Dia kemudian pindah ke Formula 4, Formula Renault, British Formula 3 dan Formula 3 European Championship. 

4. Juara F3 dengan Solid

Lando direkrut oleh Carlin Racing untuk kejuaraan FIA Formula 3 European dan langsung bersinar sejak musim pertama. 

Tim pengembangan ini tercatat sejarah pernah diperkuat oleh pembalap F1 ternama, seperti Sebastian Vettel, Carlos Sainz dan bahkan Nico Rosberg. 

Baca Juga

Selama bersama Carlin, Landon berhasil juara F3 Championship dengan performa solid sepanjang musim 2017. 

Di musim itu, dia berada di posisi pertama 9 kali, 8 kali fastest lap dan 20 kali naik podium. Inilah yang membuat McLaren tertarik padanya. 

3. Mengidolakan Lewis Hamilton

Sebagai pembalap berkebangsaan Inggris, Lando Norris tentu saja mengidolakan para pembalap ternama seperti Jenson Button dan Lewis Hamilton. 

Baca Juga

Meski kekagumannya pada Lewis Hamilton, Lando juga pernah membuat rakyat Inggris terkejut karena menyatakan dukungannya untuk Max Verstappen di musim 2021 lalu.

Banyak fans Formula 1 di Inggris yang mengaku kecewa dengan tindakan Lando. Namun, hal ini bisa dipahami karena hubungannya dengan Max semasa karir junior.


2. 2. Driver Muda F1 tapi Populer

Pembalap McLaren, Lando Norris.

Mungkin kita semua sudah mengenal nama-nama legendaris dari olahraga balap ini, namun Lando Norris sudah memiliki popularitas luar biasa sejak berlaga di Formula 1. 

Norris memiliki karakter yang sangat disukai yang membuat dirinya di kalangan penggemar F1 muda jauh sebelum series Formula 1 di Netflix. 

Lando dikenal sebagai pribadi yang ceria dan pendapatnya yang suka blak-blakan telah membuatnya memiliki tempat di hati para penggemar. 

Baca Juga

1. Menolak Red Bull

Meski Lando masih belum berhasil mencapai gelar juara dunia di Formula 1, dia hampir saja menang di musim 2021. Tentu ini pencapaian yang mengesankan bagi pembalap muda. 

Yang membuatnya semakin mengejutkan adalah hampir juara dunia dengan McLaren, yang mungkin berada di urutan ketiga atau keempat saat kualifikasi. 

Performanya jelas menarik perhatian beberapa tim top F1, seperti Red Bull dan Mercedes Benz. Namun, secara gamblang, dia menolak meninggalkan McLaren.

Lewis HamiltonF1Formula 1McLarenLando Norris

Berita Terkini