x

Hasil MotoGP Spanyol 2023: Ungguli Duo KTM, Bagnaia Kembali Rajai Jerez

Minggu, 30 April 2023 21:46 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Francesco Bagnaia sukses menjadi pemenang seri MotoGP Spanyol 2023 yang digelar pada Minggu (30/04/23) malam di Circuit de Jerez.. (Foto: REUTERS/Jon Nazca)

INDOSPORT.COM - Francesco Bagnaia sukses menjadi pemenang seri MotoGP Spanyol 2023 yang digelar pada Minggu (30/04/23) malam di Circuit de Jerez.

Pembalap dari Ducati tersebut memenangi duel melawan duo KTM, Brad Binder dan Jack Miller, yang harus puas finis di posisi kedua dan ketiga.

Ini adalah kemenangan dua musim beruntun bagi Bagnaia di Jerez karena di 2022 lalu pun ia jadi yang tercepat di lintasan ini.

Podium kali ini adalah obat bagi rider yang akrab disapa Pecco itu setelah menempati posisi 16 di GP Argentina dan retired di GP Amerika Serikat.

Akhirnya sang juara dunia bertahan asal Italia tersebut bisa semakin menekan Marco Bezzecchi di tabel perolehan poin sementara MotoGP 2023.

Baca Juga

Karena gagal finis di seri kali ini, Bezzechi (65) yang mewakili VR46 hanya tinggal unggul tiga poin saja dari Bagnaia (62) di posisi kedua.

Bezzecchi sedang tidak dinaungi keberuntungan karena ia terlibat insiden kecelakaan yang juga membuat Miguel Oliveira harus terjatuh dan tidak lagi bisa meneruskan balapan.

Baca Juga

Red Flag atau bendera merah sempat dikibarkan karenanya. Bezzecchi sendiri tidak mengalami cedera serius namun Oliveira sampai harus diberikan perawatan.

Fabio Quartararo dianggap menjadi penyebab utama crash ini dan akhirnya rider berpaspor Prancis itu harus mendapat long lap penalty.

Hukuman yang sama pun juga dijatuhkan untuk rekan setimnya di Yamaha yakni Franco Morbidelli.

Baca Juga

1. Jalannya Balapan

Francesco Bagnaia merayakan podium bersama Brad Binder peringkat kedua dan Jack Miller peringkat ketiga. (Foto: REUTERS/Jon Nazca)

Saat race dimulai, Jack Miller yang menemapti grid kedua bisa langsung memimpin. Mengendari KTM RC16, ia begitu percaya diri merebut tampuk kepemimpinan dari Aleix Espargaro.

Memasuki tikungan kedua, terjadilah kecelakaan yang membuat Miguel Oliveira dan Marco Bezzecchi harus out.

Fabio Quartararo jadi kambing hitamnya karena terjatuh lebih dulu. Setelah bendera merah dikibarkan dan para pembalap masuk kembali ke dalam paddock, balapan pun dimulai lagi dengan pemotongan jumlah lap.

Pasca restart, para rider KTM masih mendominasi di urutan terdepan. Hanya saja kali ini giliran Brad Binder di pucuk diikuti oleh Miller serta Jorge Martin.

Perlahan tapi pasti, Francesco Bagnaia yang memulai dari grid kelima memperbaki posisinya. Ia menikung Martin yang pernah setim dengannya di Ducati dan merebut posisi ketiga.

Baca Juga

Miller dan Binder pun tak kalah asik saling kejar mengejar mengingat jarak mereka tidak sampai satu detik.

Binder jadi pemenang duel satu tim tersebut namun kemudian posisi pertama yang sudah ia perjuangan dapat ditikung oleh Bagnaia di empat putaran terakhir.

Di last lap, Binder sempat kembali jadi yang terdepan namun nasi berkata lain usai sekali lagi Bagnaia menyalipnya. Sang rider Afrika Selatan pun tidak punya kesempatan untuk melakukan comeback lagi.

Baca Juga

Hasil Balapan MotoGP Spanyol 2023

1 Francesco Bagnaia - Ducati Lenovo (GP23)
2 Brad Binder - Red Bull KTM (RC16)
3 Jack Miller - Red Bull KTM (RC16)
4 Jorge Martin - Pramac Ducati (GP23)
5 Aleix Espargaro - Aprilia Factory (RS-GP23)
6 Luca Marini - Mooney VR46 Ducati (GP22)
7 Dani Pedrosa - KTM Test Rider (RC16)
8 Alex Marquez - Gresini Ducati (GP22)
9 Takaaki Nakagami - LCR Honda (RC213V)
10 Fabio Quartararo - Monster Yamaha (YZR-M1)
11 Franco Morbidelli - Monster Yamaha (YZR-M1)
12 Fabio Di Giannantonio - Gresini Ducati (GP22)
13 Augusto Fernandez - Tech3 GASGAS (RC16)
14 Stefan Bradl - Team HRC (RC213V)
15 Raul Fernandez - RNF Aprilia (RS-GP22)
16 Iker Lecuona - Repsol Honda (RC213V)
17 Jonas Folger - Tech3 GASGAS (RC16)

Gagal Finis

Maverick Viñales - Aprilia Factory (RS-GP23)
Johann Zarco - Pramac Ducati (GP23)
Marco Bezzecchi - Mooney VR46 Ducati (GP22)
Alex Rins - LCR Honda (RC213V)
Joan Mir - Repsol Honda (RC213V)
Miguel Oliveira - RNF Aprilia (RS-GP22)

Baca Juga
MotoGPJack MillerMotoGP SpanyolBrad BinderFrancesco BagnaiaBerita MotoGPMotoGP 2023

Berita Terkini