x

Jadwal MotoGP 2024 Resmi Dirilis, Kapan Balapan di Mandalika Digelar?

Kamis, 28 September 2023 17:05 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Dorna Sports telah resmi merilis jadwal sementara MotoGP 2024. Sirkuit Mandalika diproyeksi menjadi seri balapan ke-17. Foto: Reuters/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COM - Dorna Sports telah resmi merilis jadwal sementara MotoGP 2024. Sirkuit Mandalika diproyeksi menjadi seri balapan ke-17.

Total ada 22 seri balapan di 18 negara berbeda yang akan berlangsung pada MotoGP 2024. Kazakhstan menjadi negara pendatan baru yang siap melakoni debutnya musim depan.

Baca Juga

Spanyol kembali menjadi penyelenggara terbanyak dengan menggelar empat seri yakni MotoGP Spanyol, MotoGP Catalunya, MotoGP Aragon, dan MotoGP Valencia.

MotoGP Mandalika 2024 dijadwalkan berlangsung pada 27-29 September 2024 dan masuk ke periode sibuk.

Balapan di Sirkuit Mandalika masuk jadwal triple header, atau tiga pekan beruntun, yang melibatkan antara MotoGP India, MotoGP Indonesia, dan MotoGP Jepang.

Setelah jeda satu pekan, balapan triple header selanjutnya akan digelar di MotoGP Australia, MotoGP Thailand, dan MotoGP Malaysia.

Baca Juga

Total ada 11 balapan di paruh pertama MotoGP 2024. Jeda musim akan terjadi setelah MotoGP Jerman pada 5-7 Juli 2024, sebelum dilanjutkan lagi di MotoGP Inggris pada 2-4 Agustus 2024.

Gelaran pertama MotoGP Kazakhstan 2024 akan berlangsung di Sirkuit Sokol pada 14-16 Juni 2024. Musim ini MotoGP Kazakhstan gagal digelar karena sirkuit yang belum lolos uji kelayakan.

MotoGP Qatar lagi-lagi bakal menjadi balapan pembuka musim depan pada 8-10 Maret 2024. Sedangkan balapan pamungkas akan digelar di Valencia pada 15-17 November 2024.

MotoGP Mandalika 2023 sendiri dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 13-15 Oktober mendatang dan akan jadi gelaran kedua di lintasan yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, itu.

Baca Juga

1. Tiket Mulai Diburu

Tribune Sirkuit Mandalika.

Dengan sudah dipastikannya jadwal MotoGP Mandalika untuk musim 2024 mendatang, para penikmat balap kuda besi tanah air bisa mulai bersiap.

Pasalnya agenda internasional ini cukup banyak menyerap minat pecinta balapan lokal. Terbukti dengan larisnya penjualan tiket untuk seri MotoGP Mandalika 2023.

Baca Juga

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mencatat tiket yang telah terjual sebanyak 20.000 dua pekan jelang balapan.

Ditargetkan penjualan karcis akan mencapai 60.000 lembar terutama dengan diskon yang diberikan pada sejumlah kalangan.

Para pegawai negeri Nusa Tenggara Barat akan mendapatkan potongan jika membeli tikekt semua kategori kecuali VIP, Deluxe, dan Premiere.

Fasilitas penunjang untuk kenyamanan para pengunjung dan penonton MotoGP Mandalika tengah terus ditingkatkan.

Baca Juga

Sejumlah pembenahan di dalam serta di luar sirkuit terus dilakukan terutama bila berkaca pada gelaran tahun lalu.

Di MotoGP Mandalika 2022 sistem drainase jadi sorotan usai ketidamampuan membendung air hujan sehingga lintasan kebanjiran dan menunda jalannya balapan.

Diharapkan tahun ini sudah ada perbaikan signifikan yang tentunya bisa semakin menambah keseruan MotoGP Mandalika.

Evaluasi tahun ini bisa pula menjadi acuan bagi pengelola menggelar balapan edisi 2024 mendatang.

Baca Juga
MotoGPSirkuit MandalikaMotoGP MandalikaJadwal MotoGP

Berita Terkini