x

Tampil Sempurna di Arena F1, Max Verstappen Masih Kalah dari Erling Haaland

Kamis, 21 Desember 2023 20:04 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor:
Max Verstappen berselebrasi dengan trofi di podium usai memenangkan balapan Formula 1 di Sirkuit Sao Paulo, Brasil, Minggu (05/11/23). (Foto: REUTERS/Amanda Perobelli)

INDOSPORT.COM - Pembalap Formula 1 (F1), Max Verstappen, rupanya masih kalah dari Erling Haaland kendati tampil begitu dominan musim ini.

Tak berlebihan jika menyebut Formula 1 (F1) 2023 adalah musimnya Max Verstappen. Pembalap Red Bull Racing tersebut meraih gelar juara dengan catatan begitu impresif.

Baca Juga

Max Verstappen sukses memenangi 19 dari 22 balapan musim ini, yang membuatnya merebut gelar juara dunia ketiga dalam tiga musim berturut-turut.

Sederet rekor bersejarah pun dipecahkan oleh pembalap berjuluk Mad Max tersebut, termasuk peraih persentase kemenangan terbanyak dalam semusim (86%), jumlah kemenangan terbanyak semusim (19), hingga kemenangan beruntun terbanyak (10).

Namun, meski mengalami catatan mengagumkan, Max Verstappen rupanya "atlet biasa" di luar sirkuit Formula 1. Ia bahkan "dikalahkan" Erling Haaland dalam penganugerahan World Sports Star of The Year Award 2023 yang diselenggarakan oleh BBC.

Ya. Penyerang Manchester City, Erling Haaland, menjadi peraih penghargaan BBC World Sports Star of The Year 2023. Erling Haaland mengalahkan Max Verstappen, Simone Biles (senam), Siya Kolisi (rugby), Aitana Bonmati (sepak bola), dan Novak Djokovic (tenis).

Baca Juga

Meski demikian, keputusan penyelenggara memberikan penghargaan kepada Erling Haaland dirasa tepat. Pasalnya, penyerang asal Norwegia tersebut mewarnai musim perdananya di Man City dengan mencetak 36 gol dalam 35 pertandingan, serta membantu timnya meraih treble.

Dengan demikian, Max Verstappen telah kalah dalam dua tahun berturut-turut oleh pemain sepak bola. Tahun lalu, dirinya kalah oleh kapten Timnas Argentina, Lionel Messi.

Sejauh ini, hanya ada dua pembalap F1 yang berhasil meraih penghargaan bergengsi tersebut. Mereka adalah Niki Lauda (1977) dan Sebastian Vettel (2013).

Adapun daftar lengkap peraih penghargaan BBC Sports Award 2023 dapat disimak pada halaman selanjutnya artikel ini.

Baca Juga

1. Daftar Lengkap Pemenang

Penalti Erling Haaland di laga Manchester United vs Manchester City. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Berikut ini daftar nominasi dan pemenang BBC Sports Award 2023 yang diumumkan pada Selasa (19/12/23) waktu setempat. 

BBC Sports Personality of The Year

Mary Earps (Sepak Bola Wanita)

Young Sports Personality of The Year

Mia Brookes (Snowboarding)

Unsung Hero Award

Des Smith (Pendiri Sheffiled Caribbean Sports Club)

Hellen Rollason Award

Fatima Whitbread (Lempar Lembing)

World Sport Star Award

Erling Haaland (Sepak Bola Pria)

Lifetime Achievement Award

Sir Kenny Dalglish (Sepak Bola Pria)

Team of The Year

Manchester City

Coach of The Year

Manchester City

Baca Juga
F1Max VerstappenFormula 1Erling Braut Haaland

Berita Terkini