Oase

Jelang Hari Kemerdekaan RI, Densus 88 Amankan 41 Terduga Teroris di Indonesia

Senin, 16 Agustus 2021 06:41 WIB
Editor: Subhan Wirawan
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tim Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror Polri berhasil menangkap puluhan terduga teroris dalam tempo tiga hari di sejumlah daerah jelang peringatan hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Diketahui, Densus 88 total telah menangkap 41 terduga teroris di sejumlah daerah sejak Kamis (12/8) hingga Minggu (15/8) lalu.

Terbaru, Densus 88 berhasil mengamankan satu orang terduga teroris yang berasal dari Banten, serta tiga orang lainnya yang berada di wilayah Jabar.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menyampaikan, penangkapan terduga teroris terus dilakukan dan menyebut jika organisasi mereka berada dalam satu jaringan.

"Tambahan baru ditangkap Banten 1 dan Jabar 3. Total 41," kata Ramadhan kepada wartawan, Minggu (15/8/2021).

Ramadhan menjelaskan Densus 88 terus menangkap terduga teroris di wilayah lain.

Hanya, Ramadhan enggan merinci jumlah terduga teroris hingga wilayah pasti dari penangkapan itu mengingat Densus 88 masih bekerja.

"Di beberapa wilayah. Dan saat ini Densus sedang bekerja," imbuhnya.

Terkait keberhasilan Densus 88 mengamankan sejumlah terduga teroris jelang hari Kemerdekaan Indonesia, pengamat terorisme Ridlwan Habib merasa kagum dan berikan apresiasi atas tindakan tersebut.

Menurut Ridwan, hampir setiap tahun kelompok teroris merencanakan serangan di momentum HUT Kemerdekaan.

"Ini prestasi yang baik dari Polri, yakni berhasil mencegah plot atau rencana serangan di peringatan yang sangat penting bagi negara Indonesia," ujarnya dalam keterangan yang diterima redaksi di Jakarta, Minggu (15/8/2021).

Menurut Ridwan, hampir setiap tahun kelompok teroris merencanakan serangan di momentum HUT Kemerdekaan.

"Alhamdulillah kali ini berhasil dicegah. Momentumnya sangat strategis karena Presiden juga akan pidato tanggal 16 nanti dan dilanjutkan sidang umum MPR, " ucapnya.

Meski sudah puluhan yang ditangkap, Ridlwan mengingatkan agar kewaspadaan tidak kendur terhadap aksi mencurigakan yang ingin meruntuhkan kesatuan Indonesia.

Menurutnya, tiap-tiap kelompok terorisme yang ada seperti sel tidur atau sleeping cell yang sewaktu-waktu bisa bangkit menyerang.

Baca berita asli di AkuratCo

Disclaimer :
Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo. Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo