Oase

Bertemu 'Utusan Tuhan', Pemulung Jogja Kaget Dikasih Motor

Selasa, 24 Agustus 2021 11:38 WIB
Editor: Isman Fadil
© hipwee.com
Malioboro Yogyakarta yang Melegenda. Copyright: © hipwee.com
Malioboro Yogyakarta yang Melegenda.

INDOSPORT.COM - Kejadian tak terduga terjadi usai seorang pemulung bernama Sartini asal Dipowinatan, Mergangsan, Kota Yogyakarta mendapatkan motor secara cuma-cuma dari pria tak dikenal ada Sabtu, 21 Agustus 2021 kemarin.

Dilansir dari Akurat.co, kejadian bermula saat Wanita paruh baya berusia 42 tahun ini sedang melakukan rutinitas pekerjaannya dengan memilah sampah-sampah di depo pembuangan sampah Jalan Brigjen Katamso, Kota Yogyakarta.

Namun siang harinya terlihat pria menaiki sepeda motor matic Honda Beat berwarna Biru Putih mendatanginya dan Sartini pun mengaku sama sekali tidak mengenalnya bahkan baru pertama kali melihat wajah pria tersebut.

"Saya nggak kenal. Tahu-tahu di pojok situ ngajak senyum tak kira buang sampah. Ternyata nggak bawa sampah. Langsung ke sini, tanya-tanya," kata Sartini dijumpai di depo pembuangan sampah Brigjen Katamso, Senin (23/8/2021).

Mulanya Sartini mengira pria tersebut merupakan mahasiswa yang biasa magang di kantor Diskominfo DIY, sebelah selatan persis depo tempat Sartini biasa mengais rezeki.

Kemudian pria tak dikenal itu melontarkan banyak pertanyaan kepada Sartini "Tanya-tanya terus. Terus saya bercanda, kalau tanya-tanya mbok kasih beras sekilo to, mas," kisahnya.

Bak seperti mimpi bukannya diberi Beras Sekilo justru Sartini malah diberi sepeda motor yang dibawa oleh pria tersebut.

"Tak kira bercanda, ternyata beneran. Kaya mimpi saya. Dua hari dari Sabtu sampai Minggu, motornya takbawa tetapi kaya mimpi," akunya.

Diketahui Motor tersebut dalam kondisi masih baru bahkan masih terdapat plastik di bagian Jok motor.

"Dikasih surat jalannya juga. Yang diberikan helm, kunci, sama kuitansi. Surat servis di dalam jok semua. Terus ada dua orang lagi tanya KTP sama saya fotokopi buat surat-surat motor mungkin. BPKB ambil 6 bulan lagi," lanjut dia.

Sartini sempat menanyakan  identitas dari orang baik tersebut dan ternyata pria tersebut bernama Hasan. Dan hasan mengatakan bahwa motor pemberiannya tersebut ialah pemberian dari Tuhan melaluinya.

"Saya tanya masnya dari mana, katanya dari Tuhan. Cuma perantara bu. Bilang begitu. Terus saya tanya-tanya cuma senyum saja," sebutnya.

Kejadian mengharukan tersebut, viral di media sosial setelah diunggah oleh akun Twitter @narkosun dan dari situlah tertera akun TikTok milik Hasan tadi, yakni @hasanjr11.

Memang Sartini telah mendamba-dambakan memiliki sebuah motor bahkan dirinya juga telah menabung dari hasil memulung sampah untuk membeli motor Yamaha Crypton keluaran tahun lawas seharga Rp2,5 juta.

"Tapi, uang belum ngumpul (motor incaran) sudah laku. Baru punya Rp700 ribu, tidak punya beras ambil Rp100 ribu. Ternyata (uang lama-lama) habis nggak jadi beli," kenangnya.

Diketahui Sartini mulai memulung sejak dua tahun terakhir, setelah sang suami menderita diabetes dan sakit Ginjal hingga kondisinya mulai memburuk. Karena penyakitnya tersebut, Suami Sartini hanya dapat membantu momong anak

Dari hasil memulungnya Sartini memperoleh paling banyak dalam dua hari Maksimal sebesar Rp. 200 ribu dan minimal Rp. 100 Ribu. Uangnya tersebut dipakai untuk membayar uang sewa rumah, belanja kuota internet untuk keperluan belajar daring anak-anak, dan kebutuhan pokok lainnya.

"Kalau nggak nyari ya nggak ada penghasilan," ujarnya.

Sartini juga masih memikirkan akan diapakan Motor barunya tersebut saking tak percayanya. Apakah dipakai untuk menunjang pekerjaannya atau dijual untuk modal usahanya.

"Motor belum saya pakai. Saya juga masih bingung," pungkasnya.

Penulis: Indira Octavia Pancawangi 

Baca berita asli di AkuratCo

Disclaimer: Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo.