Oase

Menkes Imbau Masyarakat untuk Tidak Pilih-pilih Jenis Vaksin

Rabu, 25 Agustus 2021 10:18 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat untuk tidak pilih-pilih vaksin Covid-19 mengingat setiap jenis vaksin memiliki manfaat yang sama.

Saat ini, di Indonesia sendiri diketahui ada beragam jenis vaksin Covid-19 yang tersedia, antara lain Sinovac, AstraZeneca, Moderna, hingga Pfizer.

"Dengan adanya beberapa jenis vaksin yang datang, kami mengimbau masyarakat untuk tidak pilih-pilih vaksin karena semua jenis vaksin memberikan manfaat yang sama yakni membangun antibodi untuk tubuh," kata Budi dalam konferensi persnya dikutip AKURAT.CO dari video yang ditayangkan di channel Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (24/8/2021).

Masih kata Budi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan instruksi agar stok vaksin yang dimiliki Indonesia segera didistribusikan ke masyarakat. Dia menyatakan bahwa vaksin Covid-19 gratis. Dia berharap masyarakat berani melaporkan bila ada yang memungut biaya vaksinasi Covid-19.

"Kalau ada yang meminta bayaran untuk vaksin Covid-19 dapat menghubungi layanan pengaduan Kementerian Kesehatan di nomor telepon 1500567 atau e-mail [email protected]," jelas Budi.

Budi mengatakan pada September mendatang sekitar 80.717.720 dosis vaksin Covid-19 akan masuk ke Tanah Air dari berbagai merek.

“Di bulan September pun kita akan dapat lebih banyak sekitar 80,7 (juta),” kata Budi.

Budi merincikan, vaksin yang tiba yaitu 23.328.000 vaksin Sinovac produksi BioVac, dan 25.000.000 vaksin Sinovac produksi CoronaVac.

Kemudian, sekitar 5.383.400 vaksin AstraZeneca dan 7.139.340 vaksin Pfizer setiap minggunya akan diterima Indonesia.

Budi melanjutkan, ada sekitar 19.366.980 vaksin berbagai merek dari kerja sama multilateral dengan fasilitas Covax/Gavi dan sekitar 500.000 vaksin hasil kerja sama bilateral juga akan tiba ke Tanah Air.

“Jadi bulan September ini kita akan mendapat vaksin lebih banyak,” beber Menkes.

Masih kata Menkes, masyarakat jangan khawatir akan kekurangan vaksin Covid-19. Dia memastikan masyarakat memiliki hak yang sama memperoleh vaksin.

Di sisi lain, Menkes mendorong pemerintah daerah segera mendistribusikan vaksin yang tiba di wilayah masing-masing kepada masyarakat.

“Kita pasti akan kirimkan cukup banyak ke daerah-daerah minggu ini dan minggu depan,” kata dia.

Baca berita asli di AkuratCo

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo.