Oase

Kejar Target, Pemkot Yogyakarta Akan Habiskan Stok Dosis Vaksin Covid-19

Sabtu, 11 September 2021 10:55 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), minta pemkot Yogyakarta habiskan Stok Dosis Vaksin Covid-19. Copyright: © Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), minta pemkot Yogyakarta habiskan Stok Dosis Vaksin Covid-19.

INDOSPORT.COM – Demi mengejar target 80 persen vaksinasi, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti diminta untuk segera menghabiskan dosis vaksin Covid-19 yang tersedia saat ini.

Hal ini diminta langsung oleh Presiden Joko Widodo saat rapat tertutup bersama jajaran provinsi dan kabupaten/kota se-DIY di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Jumat (10/9/21) lalu.

"(Kata Jokowi) pokoknya apa yang ada, disuntikkan aja," kata Haryadi seusai rapat.

Dalam rapat itu, Jokowi meminta kepada seluruh jajaran forkopimda provinsi dan kabupaten/kota agar lebih mempercepat program vaksinasi.

Di satu sisi, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengungkap target 20 ribu vaksinasi sehari belum tercapai lantaran kinerja di daerah tingkat 2 yang belum optimal.

Haryadi menjelaskan, capaian vaksinasi di Kota Yogyakarta sebetulnya bisa lebih banyak jika pihaknya tak membagi stok tersedia untuk kebutuhan penyaluran dosis kedua.

"Kami cadangkan untuk memberikan keamanan untuk yang sudah vaksin pertama. Percepatannya (vaksinasi) kan mengakibatkan vaksin pertama kita kan gencar. Tapi saya cadangkan untuk vaksin keduanya," imbuh Haryadi.

Sementara itu, dari data Pemda yang dilansir dari Akurat.co, disebutan bahwa capaian vaksinasi di DIY per 9 September dari total sasaran 2.879.699 telah terpenuhi 66,42 persen untuk dosis pertama.

Sedangkan untuk dosis kedua, sejauh ini masih di angka 29,71 persen. Cukup jauh dari target pemerintah yang meminta terpenuhinya 80 persen sasaran dosis pertama hingga Oktober 2021 nanti.

Baca berita asli di AkuratCo

Disclaimer:
Artikel ini adalah kerja sama antara INDOSPORT dengan AkuratCo. Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo.