AkuratCo

Presiden Jokowi Segera Lantik Andika Perkasa sebagai Panglima TNI

Selasa, 16 November 2021 19:43 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), akan melantik Andika Perkasa sebagai panglima TNI yang baru, Rabu (17/11/21). Copyright: © Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), akan melantik Andika Perkasa sebagai panglima TNI yang baru, Rabu (17/11/21).

INDOSPORT.COM - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, akan melantik Andika Perkasa sebagai panglima TNI yang baru, Rabu (17/11/21).

Kabar tersebut diungkapkan langsung oleh Presiden saat meresmikan Tol Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung, Selasa (16/11/21).

"Pelantikan Panglima (TNI) insya Allah besok hari Rabu," demikian ujar Presiden Jokowi.

Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, kepada wartawan, Jakarta, hari ini.

"Sesuai dengan doorstop Bapak Presiden saat peresmian tol di Serang, beliau menyampaikan besok akan dilaksanakan pelantikan panglima," kata Heru.

Selain melantik Andika Perkasa sebagai panglima TNI, Presiden Jokowi juga dijadwalkan melantik sejumlah duta besar untuk negara sahabat pada hari yang sama.

"Iya, ada dua agenda," kata Heru.

Meskipun Presiden Jokowi telah mengonfirmasi pelantikan panglima TNI akan dilakukan besok, ia membantah jika pelantikan itu akan dilakukan bersamaan dengan reshuffle kabinet.

“Belum (reshuffle), besok pelantikan Panglima (saja),” kata Presiden.

Meskipun telah dipastikan pelantikan akan dilaksanakan besok, Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya belum mendapatkan undangan resmi dari Istana terkait agenda tersebut.

"Saya belum tahu pasti karena sampai dengan saat ini kami belum dapat undangannya,” kata Dasco saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (16/11/21).

“Tapi akan kita serahkan mekanismenya kepada Istana yang mempunyai jadwal tersendiri yang tentunya disesuaikan dengan jadwal Pak Presiden," tambahnya lagi.

Sebelumnya, Jokowi telah memastikan akan melantik KSAD Jenderal Andika Perkasa sebagai panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi mengajukan nama Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI ke DPR RI pada 3 November 2021, yang kemudian disetujui usai menggelar uji kelayakan dan kepatutan.

Setelah itu, DPR RI menyepakati hasil fit and proper test dari Komisi I pada rapat paripurna. Kini, Andika Perkasa tinggal selangkah lagi menjadi panglima TNI yang baru.

Baca berita asli di Akurat.co

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo