AkuratCo

Bangun Sumur Resapan, Anies Baswedan Ingin Pastikan Sesuai Standar

Senin, 6 Desember 2021 19:32 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arief Tirtana/INDOSPORT
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memerintahkan Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI untuk mengawasi kerja para kontraktor yang membuat sumur resapan. Copyright: © Arief Tirtana/INDOSPORT
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memerintahkan Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI untuk mengawasi kerja para kontraktor yang membuat sumur resapan.

INDOSPORT.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memerintahkan Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI untuk mengawasi kerja para kontraktor yang membuat drainase vertikal/sumur resapan.

Pemantauan tersebut bertujuan agar sumur resapan tersebut benar-benar dibangun sesuai standar, supaya bisa berfungsi maksimal untuk mencegah banjir.

"Kami instruksikan kepada OPD terkait, seperti Dinas Sumber Daya Air (SDA) untuk secepatnya mengevaluasi pekerjaan para kontraktor dalam membangun drainase vertikal," kata Anies Baswedan dalam keterangannya.

Dia mengatakan, kontraktor yang mengerjakan drainase vertikal perlu menginformasikan secara transparan terkait pelaksanaan proyek yang mereka kerjakan terutama kepada publik.

Jadi, masyarakat bisa tahu apa yang tengah dikerjakan dan ikut mengawasi pembangunan drainase maupun yang sudah beroperasi.

"Poinnya adalah agar drainase vertikal (sumur resapan) berfungsi dengan optimal dalam mengatasi banjir atau genangan, serta tidak membahayakan kepentingan umum seperti pengguna jalan," katanya.

Mantan Mendikbud itu juga meminta agar dinas-dinas terkait juga ikut mengidentifikasi jenis-jenis masalah yang timbul setelah pembangunan sumur resapan dilakukan. Setalah itu dinas terkait mengambil solusi.

Dia juga meminta agar jajarannya menegur para kontraktor untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul sesuai dengan prosedur, sekaligus standar durasi waktu penuntasannya.

"Tentu kami akan bertindak tegas jika terjadi permasalahan melalui mekanisme penalti terhadap kontraktor terkait jika terdapat penyimpangan," katanya.

Anies Baswedan bahkan meminta anak buahnya untuk memanggil kontraktor pembuatan sumur resapan.

Mereka harus diberi pesan tegas Pemprov DKI agar seluruh proyek sumur resapan yang mereka buat dibangun sesuai standar, tidak mengganggu kepentingan umum, dan pastinya tidak membahayakan orang lain.

Seperti diketahui, Pemprov DKI membangun ribuan sumur resapan tahun ini, yang mana ditarget selesai pada akhir Desember. 

Baca berita asli di Akurat.co

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo