AkuratCo

Terkini, BNPB Catat Tambahan Korban Jiwa Erupsi Gunung Semeru

Kamis, 9 Desember 2021 14:20 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© wikipedia
Korban jiwa erupsi Gunung Semeru terus bertambah. Copyright: © wikipedia
Korban jiwa erupsi Gunung Semeru terus bertambah.

INDOSPORT.COM - Berdasarkan evakuasi yang dilakukan oleh relawan dan tim penyelamat, korban jiwa erupsi Gunung Semeru masih terus bertambah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, korban jiwa pada hari Kamis (9/12/21), adalah 39 orang. Sementara itu, sekitar 13 orang warga dilaporkan masih hilang.

"Data korban jiwa per hari ini, tercatat korban meninggal dunia 39 orang dan hilang 13 orang," ujar Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan tertulis, Kamis (9/12/21).

Saat ini, upaya pencarian korban masih terus dilakukan. Begitu juga dengan proses identifikasi dan verifikasi terhadap warga yang meninggal.

Dia mengatakan, tim SAR gabungan juga menargetkan pencarian terhadap seluruh korban yang dilaporkan hilang akan berakhir enam hari ke depan. Dia berharap target itu terpenuhi.

Proses pencarian korban tersebut, kata dia, akan difokuskan di sejumlah titik utama yang dilaporkan warga, misalnya area Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, dan wilayah Desa Curah Kobokan.

Selain jumlah korban jiwa yang terus bertambah, jumlah pengungsi juga makin meningkat. Tercatat hingga Rabu (8/12/21), setidaknya ada 6.022 warga yang dilaporkan mengungsi akibat erupsi Gunung Semeru.

Para pengungsi itu tersebar di 115 titik posko tanggap Darurat Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru.

"Posko terus memutakhirkan data warga terdampak maupun warga yang mengungsi di wilayah Kabupaten Lumajang, Malang dan Blitar," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengungkapkan rencananya merelokasi lebih dari 2.000 rumah warga Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang terdampak erupsi Semeru.

Jokowi mengatakan, relokasi tersebut mungkin saja dilakukan mengingat ada beberapa wilayah yang berbahaya bagi warga jika mereka kembali.

Namun untuk sekarang, pemerintah ingin fokus terlebih dahulu menangani korban-korban luka, meninggal, dan mencari mereka yang masih hilang.

Baca berita asli di Akurat.co

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo