AkuratCo

Anwar Abbas Bahas Gestur Jokowi di Acara MUI yang Dianggap Marah

Senin, 13 Desember 2021 11:19 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas, buka suara soal gestur Presiden Jokowi yang dianggap sebagian orang sedang marah di acara Kongres Ekonomi Umat. Copyright: © Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas, buka suara soal gestur Presiden Jokowi yang dianggap sebagian orang sedang marah di acara Kongres Ekonomi Umat.

INDOSPORT.COM - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas, buka suara soal gestur Presiden Jokowi yang dianggap sebagian orang sedang marah di acara Kongres Ekonomi Umat.

Menurut Anwar Abbas, ia tidak melihat ada gestur marah pada Jokowi ketika menanggapi kritik darinya, seperti yang disangka banyak orang.

“Beliau (Jokowi) saya lihat juga tidak alergi terhadap apa yang saya sampaikan,” ucap Anwar Abbas dalam keterangannya, Jakarta, Senin (13/12/21).

“Dan kalau kita lihat bahasa tubuh (body language) beliau ketika tidak jadi membaca sambutan yang sudah dibuatkan untuk beliau oleh stafnya itu jangan ditafsirkan Pak Jokowi marah," tambahnya lagi.

Justru, Anwar Abbas menangkap sebaliknya. Menurut dia, gestur Presiden Jokowi itu membenarkan kritikannya dan menunjukkan ia berterima kasih atas kritik-kritiknya itu.

"Malah terkesan oleh saya beliau benar-benar berterima kasih kepada saya karena beliau mendapatkan momentum yang baik untuk menjelaskan duduk persoalan yang ada tentang kritik-kritik yang saya sampaikan," katanya.

Terbukti, kata dia, saat acara pembukaan selesai dan Jokowi hendak pulang, Anwar Abbas didatangi seorang Staf Presiden di dalam ruangan kongres. Saat itu, Staf Presiden justru mengatakan Jokowi sedang menunggunya sebelum meninggalkan lokasi kongres itu.

"Buktinya bagi saya, ketika acara selesai beliau keluar untuk pulang. Saya tidak ikut keluar mengantar beliau tapi staf beliau menyusul saya ke ruangan menyatakan Bapak (Jokowi), menunggu buya, beliau mau pamit kata staf tersebut,

“Dan saya lihat beliau sudah berdiri dekat mobil bersama dengan Menteri Agama. Lalu kita bicara lagi sebentar tentang poin-poin yang telah beliau sampaikan dan janjikan di depan kongres," katanya.

Dia mengatakan, publik perlu tahu bahwa di samping sering melontarkan kritik, dia juga terbiasa bercanda dengan Presiden Jokowi.

Salah satunya yang terkini di acara Kongres Ekonomi Umat ke-2 tersebut. Anwar Abbas menanyakan kabar presiden dan bahkan menyebutnya kelihatan kurus, yang kemudian dijawab santai oleh Jokowi sambil tertawa, bahwa posturnya sudah seperti itu sejak lama.

Baca berita asli di Akurat.co

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo