AkuratCo

Survei: Identik sebagai Wakil, Sandiaga Uno Jadi Cawapres Terfavorit

Senin, 27 Desember 2021 17:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© INDOSPORT/M.Adiyaksa
Sandiaga Uno jadi kandidat terfavorit calon wakil presiden di Pemilu 2024. Copyright: © INDOSPORT/M.Adiyaksa
Sandiaga Uno jadi kandidat terfavorit calon wakil presiden di Pemilu 2024.

INDOSPORT.COM - Survei terbaru Politika Research and Consulting (PRC) menampilkan Sandiaga Uno sebagai kandidat terfavorit calon wakil presiden di Pemilu 2024.

Pria yang kini menjabat Menparekraf tersebut menempati posisi pertama yang memiliki elektabilitas tertinggi sebagai cawapres 2024.

Hal itu berdasarkan temuan Politika Research and Consulting bekerja sama dengan Parameter Politik Indonesia bertajuk 'Political Outlook 2022: Meneropong Poros Koalisi Partai Politik'.

Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo, memaparkan tingkat keterpilihan Sandiaga Uno yang sebesar 16,7 persen.

"Sandi memberikan kepercayaan dia sebagai cawapres nyaris di semua survei kita. Dalam dua tahun terakhir ini survei nasional Sandi unggul dalam cawapres," kata Rio saat merilis survei secara daring, Senin (27/12/21).

Sementara di posisi kedua, terdapat nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang memiliki elektabilitas sebesar 12,4 persen.

Lalu di peringkat ketiga terdapat nama Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, dengan elektabilitas sebesar 10,5 persen.

Menyusul di bawahnya, ada nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dengan elektabilitas sebesar 9,3 persen; Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 5,0 persen; dan Ridwan Kamil sebesar 4,9 persen.

Rio pun mengungkapkan alasan yang membuat Sandiaga Uno selalu muncul di peringkat pertama dalam simulasi cawapres di Pemilu 2024 mendatang.

"Memori masyarakat terkenang Pilpres 2019 dan lainnya seperti wakil gubernur DKI. Sandi identik dengan wakil-wakil," ujarnya.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada 12 November–4 Desember 2021. Pengambilan sampel sdilakukan dengan metode multi stage random sampling, melibatkan 1.600 responden yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi.

Responden sendiri telah berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah dan diambil di tiap provinsi secara proporsional berdasarkan data jumlah penduduk pada Pilpres 2019.

Sementara itu, untuk tingkat kepercayaan survei mencapai 95 persen dan margin of error sebesar 2,5 persen.

Baca berita asli di Akurat.co

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo