AkuratCo

Ucapkan Terima Kasih ke Anies Baswedan, Sutiyoso Juga Bahas Persija

Jumat, 31 Desember 2021 13:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso, berterima kasih kepada Anies Baswedan yang telah mewujudkan salah satu mimpinya untuk ibu kota tercinta.

Adalah Jakarta Internasional Stadium (JIS), cita-cita yang sudah direncanakan Sutiyoso sejak menjadi gubernur pada tahun 1997.

"Tentu saja saya terima kasih lah ya sama dia (Anies). Karena ini salah satu mimpi lagi. Salah satu mimpi saya,

“Karena ini ibu kota negara ya dan saya merenung-renung waktu saya jadi gubernur itu," katanya dalam dialog virtual Karni Ilyas Club, Kamis malam (31/12/21).

Stadion JIS kata dia, bisa jadi markas klub sepak bola ibu kota, Persija Jakarta. Dulu, tim Macan Kemayoran bukanlah klub bola yang diperhitungkan di Tanah Air.

Salah satunya karena tak memiliki stadion. Sementara, dia menganggap sepak bola merupakan olahraga yang menyatukan masyarakat.

Apalagi saat itu, ibu kota dihadapkan dengan huru-hara politik menjelang lengsernya Soeharto.

"Waktu saya jadi gubernur tahun 1997, itu namanya Persija itu sebenarnya kesebelasan di pinggir kali. Nggak diperhitungkan lah,

“Sementara saya menganggap sepak bola ini penting bukan saja olahraganya atau penggemarnya banyak, tapi dia bisa menyatukan. Terus saya melahirkan dan membidani namanya Jakmania, itu suporter paling fanatik," ujarnya.

Bang Yos, sapaan akrabnya Sutiyoso, lalu bercerita. Dulu, dia menagih kompensasi dari perusahaan-perusahaan yang ada di Jakarta.

Hasilnya, perusahaan-perusahaan itu membebaskan tanah Taman BMW. Tanah Taman BMW yang jadi lokasi pembangunan Stadion JIS itu lalu diserahkan padanya pada akhir masa jabatannya tahun 2007.

"Sekarang dibangun oleh Anies, jadi JIS itu dan saya tentu saja gembira saya saking penasarannya sudah meninjau ke sana, dan cuma memang belum 100 persen lah. 90 persen," katanya.

Dia juga mengaku Jakmania lahir atas inisiasinya. Di sana, bergabung anak-anak muda. Kata dia, mereka mewakili orang Batak, Padang, Jawa dan orang Sunda. Semuanya bergabung di Jakmania.

Agamanya juga berbeda-beda. Bersatunya anak muda Jakarta itu menjadi impiannya sebelum membentuk dan membidani lahirnya Jakmania.

"Ini menyatu. Ini tujuan saya dan saya rasa sekarang ini jumlahnya sudah 100 ribu lebih anggotanya. Dan waktu itu Persija tidak punya lapangan sendiri. GBK itu kan bukan lapangan Persija. Itu punya pemerintah pusat," katanya.

Pembangunanya hampir rampung, Jakarta International Stadium (JIS) sendiri rencananya bakal di-soft launching pada Februari 2022 mendatang.

Baca berita asli di Akurat.co

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo