Advertorial

Asuransi Mobil Penting untuk Dimiliki, Ini Tips Memilih Produk Terbaiknya!

Senin, 31 Oktober 2022 18:49 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Lifepal
Ada sejumlah tips yang perlu Anda perhatikan jika berencana untuk memiliki asuransi mobil. Copyright: © Lifepal
Ada sejumlah tips yang perlu Anda perhatikan jika berencana untuk memiliki asuransi mobil.

INDOSPORT.COM – Ada sejumlah tips yang perlu Anda perhatikan jika berencana untuk memiliki asuransi mobil.

Pemilik kendaraan roda empat tentu sadar pentingnya memiliki asuransi mobil untuk memberi perlindungan biaya saat melakukan perbaikan karena kerusakan akibat kecelakaan, bencana alam seperti terendam banjir dan sebagainya.

Asuransi mobil tidak hanya melindungi kendaraan dari kecelakaan saja, bahkan hal-hal yang Anda rasa menjadi tanggung jawab pribadi seperti pencurian pada mobil Anda juga akan dilindungi oleh asuransi.

Karena itu, tentu penting untuk Anda yang ingin membeli produk proteksi kendaraan mengetahui asuransi mobil dengan klaim termudah. Termasuk, layanan yang bisa diperoleh, seperti  layanan asuransi mobil Tugu.

Nah, buat lebih jelasnya mengenai produk asuransi mobil, mari sebelumnya kenali dulu 

Alasan Penting Memiliki Asuransi Mobil

Seperti dijelaskan sebelumnya, asuransi mobil merupakan produk perlindungan yang memberi ganti rugi finansial saat memperbaiki kerusakan mobil. Jenis asuransi yang dipilih akan memengaruhi bentuk kerusakan yang dilindungi.

Sebelum mengetahui jenis-jenisnya, penting untuk Anda mengetahui apa saja manfaat memiliki produk asuransi mobil, yaitu:

1. Perlindungan Finansial

Secara garis besar, bisa dibilang inilah manfaat utama dari asuransi. Lebih spesifik lagi, asuransi mobil akan membantu finansial Anda apabila kelak terjadi peristiwa yang mengakibatkan Anda harus keluar biaya besar.

Misalnya, untuk memperbaiki kendaraan karena terjadi kecelakaan, atau untuk mengganti kendaraan yang hilang karena dicuri. Bahkan, asuransi mobil bisa digunakan bila ternyata Anda merupakan pihak yang lalai dan menjadi penyebab kecelakaan tersebut.

Mengingat pihak yang salah yang harus menanggung seluruh biaya untuk dirinya sendiri maupun korban, tentu uang yang dikeluarkan tidak sedikit. Dengan seluruh beban finansial yang harus dihadapi, maka asuransi mobil bisa jadi solusi untuk meringankan.

2. Menanggung Biaya Perbaikan Kendaraan

Tak hanya penting untuk Anda yang baru saja membeli kendaraan baru, asuransi mobil juga sangat penting untuk pemilik kendaraan lama. Sebab, asuransi mobil bisa memberikan perlindungan dari kecelakaan sesegera mungkin.

Anda pun akan bisa menikmati perlindungan dari kerusakan karena faktor alam seperti cuaca sekalipun, seperti badai atau kebakaran.

Mengingat bahwa biaya perbaikan mobil tidak sedikit, adanya proteksi dari asuransi mobil akan membantu meringankan kondisi finansial Anda. Pasalnya, Anda bisa ajukan klaim agar asuransi menanggung biaya perbaikan tersebut.

3. Memberi Proteksi bagi Pengemudi dan Penumpang

Asuransi mobil tidak hanya sebatas memberikan proteksi bagi kendaraan, melainkan juga memberi perlindungan bagi pengemudi dan penumpang ketika suatu peristiwa terjadi. Misalnya, kecelakaan yang mengharuskan pengemudi dan penumpang menerima perawatan medis.

Seperti diketahui, biaya perawatan medis karena kecelakaan bisa jadi melambung, tergantung tingkat keparahan luka maupun cedera yang diterima korban. Dengan adanya perluasan jaminan terhadap pengemudi dan penumpang, beban finansial karena biaya medis pun bisa dikurangi.

4. Akses Fitur dan Layanan Tambahan

Hal lain yang juga bisa Anda nikmati dengan memiliki asuransi mobil adalah akses ke berbagai fitur dan layanan tambahan, yang tentunya juga sudah diatur di dalam polis asuransi mobil.

Misalnya, fasilitas derek mobil jika kendaraan Anda sewaktu-waktu kehabisan bahan bakar, mengalami ban bocor, dan sebagainya. Ada juga layanan hotline 24 jam yang bisa Anda hubungi kapan saja jika kelak Anda mengalami masalah darurat pada kendaraan yang membutuhkan penanganan segera.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Setelah memahami apa saja manfaat memiliki asuransi mobil, selanjutnya adalah mengetahui jenis-jenis asuransi kendaraan roda empat. Berikut ini adalah dua jenis asuransi mobil yang umum dipilih nasabah:

Asuransi Mobil All Risk

Auransi mobil All Risk atau comprehensive memberikan perlindungan secara menyeluruh. Yaitu mencakup kerusakan akibat kecelakaan, aksi kerusuhan, bencana alam seperti terendam banjir, dan risiko kehilangan.

Jenis ini memberi perlindungan total yang sebanding dengan nilai premi lebih mahal di bandingkan jenis TLO.

Asuransi TLO

Asuransi Total Loss Only (TLO) memberi perlindungan yang terbatas dan cenderung dibuat spesifik. Mayoritas hanya melindungi kerusakan kecil di bawah 75% dan risiko kehilangan.

Beberapa lagi hanya melindungi kerusakan kecil pada kendaraan, dan memang jenis ini punya premi lebih ringan.

Tips Tepat Memilih Asuransi Mobil

Tentu saja hal paling penting saat memilih produk asuransi mobil adalah menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan finansial nasabah dengan produk asuransi mobil yang tepat.

Selain itu, setidaknya terdapat beberapa poin penting yang wajib dipertimbangkan sebelum membeli polis asuransi mobil, yaitu:

Pilih perusahaan terpercaya

Pilihlah perusahaan asuransi terpercaya yang telah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pasalnya, perusahaan asuransi yang terdaftar di lembaga tersebut dapat dikatakan sebagai perusahaan profesional dan terpercaya. Sangat kecil kemungkinan melakukan penipuan terhadap nasabahnya.

Pilih perusahaan yang memiliki bengkel rekanan yang luas

Jika diperhatikan secara umum, perusahaan asuransi memiliki kerja sama dengan kurang lebih 400 bengkel yang tersebar di Indonesia. Meski demikian, ada juga perusahaan yang bisa bekerjasama hingga 500-an bengkel rekanan.

Dengan begitu, saat terjadi kerugian Anda lebih mudah untuk mengajukan klaim di semua bengkel rekanan perusahaan asuransi.

Besar kemungkinan Anda mendapatkan bengkel rekanan yang lokasinya paling dekat dengan domisili Anda.

Bandingkan produk polis asuransi dari berbagai perusahaan

Ada banyak perusahaan asuransi mobil di Indonesia. Karena itu, sebaiknya Anda membandingkannya terlebih dahulu secara detail dengan mengisi form perbandingan. Pastikan pula pilihan Anda memiliki reputasi yang baik.

Misalnya, perusahaan asuransi A memberikan tambahan layanan derek gratis, sedangkan perusahaan B memberikan tambahan layanan asuransi kecelakaan diri. Jika mobil rusak tapi bengkel jauh dari lokasi maka Anda bisa memilih perusahaan A.

Sementara itu, jika mobil rusak dan sopir termasuk penumpang mengalami kecelakaan maka bisa memilih perusahaan B. Untuk itu, pilihlah produk sesuai dengan kebutuhan dan yang menawarkan premi paling kompetitif.

Pilih yang proses klaimnya mudah dan cepat

Untuk tips terakhir, pilihlah produk asuransi mobil yang menawarkan proses klaim yang mudah dan cepat.

Misalnya, jika terjadi kecelakaan dan mobil rusak Anda cukup menghubungi customer service atau call center lalu ada tim yang datang membawa mobil Anda ke bengkel. Selain itu, bisa juga memilih klaim asuransi yang bisa dilakukan lewat aplikasi.

Itulah alasan penting memiliki asuransi mobil, mengetahui jenis-jenis dan tips memilih produk terbaiknya. Jadi, sudahkah Anda melengkapi kendaraan kesayangan dengan asuransi mobil?