Jepang Terbuka 2015

Hayom dan Tommy Melaju, Febe Gugur

Rabu, 9 September 2015 16:43 WIB
Editor: Irfan Fikri
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
 Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT

Berhadapan dengan Hsu, Tommy berhasil menang dua game langsung, 21-10 dan 21-17. Meski begitu, Tommy sempat dibuat susah pada awal game kedua. Ia sempat tertinggal 3-10, 7-14 dan 10-16, sebelum akhir menyalip perolehan angka.

“Babak awal ini buat adaptasi di lapangan. Lawan Hsu Jen Hao saya juga sempat mengalami kesulitan di game kedua, karena arah angin di lapangan sana nggak enak. Tapi kemudian saya mencoba mengatasinya, merubah permainan saya. Beruntung saya bisa menang langsung straight game,” kata Tommy, seperti dikutip dari situs resmi PBSI.

Selanjutnya di babak dua, Tommy masih menunggu lawan antara tuan rumah unggulan empat, Kento Momota atau Wei Nan dari Hong Kong.

“Targetnya ingin bisa main sampe babak-babak akhir, semoga bisa sampai final. Tapi saya juga harus konsentrasi dengan performa saya, harus konsisten di lapangan. Karena besok juga akan menghadapi unggulan,” ungkap Tommy lagi.

Beda dengan Tommy yang menang dua game langsung, Hayom justru harus bersusah payah masuk ke babak dua. Ia harus melewati tiga game untuk menang dari Tanongsak. Dalam waktu 65 menit, Hayom akhirnya menang 24-22, 15-21 dan 21-14.

“Lawan Tanongsak saya main tahan-tahanan aja di lapangan, siapa yang bisa lebih kuat. Kesulitannya tadi depannya dia bagus, banyak spekulasi, jadi saya harus lebih hati-hati. Agak susah juga sebenarnya lawan dia,” kata Hayom.

Di babak dua, Hayom akan berhadapan dengan Chou Tien Chen, Taiwan. Bola-bola depan dan serangan lawan menjadi dua hal yang Hayom waspadai secara khusus dari Chou.

Namun langkah Tommy dan Hayom tak berhasil diikuti Maria Febe Kusumastuti. Febe terpaksa kalah usai berhadapan dengan Bae Yeon Ju, Korea, 16-21 dan 13-21. Dengan demikian, Indonesia tak lagi memiliki wakil di sektro tunggal putri.

Sebelumnya, Linda Wenifanetri memilih mundur karena terserang diare dalam dua hari sebelum jadwal bermainnya.

22