All England 2017

Ini Alasan Kemenpora Ganjar Bonus Ratusan Juta untuk Kevin/Marcus

Rabu, 15 Maret 2017 12:59 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Lanjar Wiratri/Indosport
Pemberian bonus dari Menpora Imam Nahrawi kepada pasangan Kevin/Marcus. Copyright: © Lanjar Wiratri/Indosport
Pemberian bonus dari Menpora Imam Nahrawi kepada pasangan Kevin/Marcus.

Dalam ajang All England 2017, Indonesia berhasil membawa pulang gelar juara di nomor ganda putra melalui perjuangan pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Keberhasilan keduanya di turnamen bulutangkis tertua di dunia tersebut pun langsung diganjar bonus senilai masing-masing Rp250 juta dari pihak Kementerian Pemuda dan Olaraga (Kemenpora).

Kevin/Marcus berhasil meraih gelar juara ganda putra di All England 2017.

Bonus tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi saat menyambut kedatangan Marcus/Kevin di Tanah Air, pada Selasa (14/03/2017) kemarin di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Dalam pernyataannya, Menpora menegaskan bonus ratusan juta yang pihaknya berikan memang layak diterima Kevin/Marcus, meski memang secara level All England memiliki tingkatan yang sama dengan kejuaraan Super Series lainnya.

Meski begitu, Imam menilai bahwa ajang All England merupakan turnamen bersejarah dan prestisius karena membawa nama negara.

"All England, Piala Sudirman, Thomas dan Uber itu kan ajang prestisus dan bersejarah.  Tidak semua orang bisa meraih posisi  dapat juara di situ," jelas pria asal Bangkalan, Madura tersebut.

"Jumlah bonus nanti dilihat lagi tergantung untuk All England, Thomas dan lainnya. Nominalnya tidak perlu ditanyalah yang penting kan apresiasi," sambung pria yang akrab disapa Cak Imam itu.

Pemberian bonus secara simbolik yang dilakukan Menpora saat menjemput kedatangan Kevin/Marcus.

Pada kesempatan itu, Menpora juga menjelaskan bahwa nantinya bonus yang diterima Kevin/Gideon akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing atlet. Bonus tersebut baru akan cair dalam waktu sebulan ke depan karena harus melewati proses administrasi.

"Karena kita mengikuti proses pencairan APB, maka akan dimintai nomor rekening administasi. Tidak memakan waktu terlalu lama, saya harap sebulan uang bonus sudah masuk ke rekening mereka," tutup Menpora.

Sedikit informasi, selain Kevin dan Markus, Herry Iman Pierngadi selaku pelatih ganda putra Indonesia juga kebagian cipratan bonus dari Kemenpora sebesar Rp100 juta.

Kevin/Marcus sendiri berhasil meraih gelar juara All England pertamanya setelah mengalahkan pasangan asal China, Li Junhui/Liu Yuchen di partai final dengan skor akhir 21-19 dan 21-14.