Profil Singkat Pemain Asing di Grup A dan B Superliga Badminton 2019

Senin, 18 Februari 2019 18:00 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:
Grup A

MUSICA

1. Sai Praneeth

Sai Praneeth merupakan pemain asal India yang saat ini berlatih di Akademi Badminton Gopichand di Hyderabad. PrAneeth pernah mengguncang dunia bulutangkis di ajang Djarum Indonesia Open 2013 karena mengalahkan pebulutangkis andalan Indonesia, Taufik Hidayat dengan skor akhir 15-21, 21-12, 21-17.

Di tahun 2017 gelar juara kembali disabet di Singapore Open Super Series setelah mengalahkan rekan senegaranya Srikanth Kidambi. Karenanya, ia menjadi orang India keempat yang memenangkan gelar superseries setelah Saina Nehwal, Srikanth Kidambi, dan PVSindhu.

2. Vladimir Ivanov

Pria kelahiran 3 Juli 1987 ini merupakan atlet bulutangkis asal Rusia. Di sektor ganda putra, berpasangan dengan Ivan Sozonov dan dengan rekan setimnya itu ia berhasil menyabet gelar juara di All England.

Pencapaiannya dalam All England, membuatnya dan Sozonov menjadi orang Rusia pertama yang memenangkan gelar tersebut. Saat ini ia bertengger di peringkat 22 dunia di nomor ganda putra.

3. Lee Yong-dae

Lee Yong-dae merupakan atlet bulutangkis asal Korea yang memiliki segudang prestasi. Ia bermain dalam sektor ganda putra dan ganda campuran. 

Dia pernah mencapai peringkat nomor 1 dunia dengan 4 mitra berbeda, Jung Jae-sung , Ko Sung-hyun, dan Yoo Yeon-seong di ganda putra, dan Lee Hyo-jung di ganda campuran. Saat ini ia berada di peringkat 37 dunia di nomor ganda putra.

4. Kim Sa-rang

Selain Lee Yong-dae, terdapat atlet Korea Selatan lain yang siap bertanding di Superliga Badminton 2019. Ia adalah Kim Sa-rang, lelaki berusia 29 tahun yang saat ini menempati peringkat 155 dunia di nomor ganda putra.

Prestasi yang pernah diraihnya ialah pemegang medali perunggu sebanyak dua kali dalam kejuaraan dunia BWF tahun 2013 dan 2014. Selain itu ia juga memenangkan medali emas di Asian Games 2014 yang diselenggarakan di Incheon, Korea selatan.

BERKAT ABADI

5. Brice Leverdez

Pebulutangkis asal Perancis ini bernama Brice Leverdez. Ia akan memperkuat klub Berkat abadi yang berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Brice Laverdez yang kini berusia 32 tahun itu mulai bermain bulutangkis sejak tahun 2005 saat usianya 12 tahun.

Di Kejuaraan Eropa pada tahun 2018 silam di Spanyol ia berhasil meraih medali perunggu di sektor tunggal putra.