Ihsan Maulana Mustofa Bisa Bangkit Meski Keluar dari Pelatnas PBSI

Selasa, 29 Oktober 2019 17:20 WIB
Editor: Juni Adi
© PBSI
Penampilan Ihsan Maulana di Tong Yun Kai Cup 2019 Copyright: © PBSI
Penampilan Ihsan Maulana di Tong Yun Kai Cup 2019

INDOSPORT.COM - Sebuah keputusan mengejutkan diambil oleh pebulutangkis muda Indonesia, Ihsan Maulana Mustofa yang memilih mundur dari pelatihan nasional PBSI di Cipayung, pada Sabtu (26/10/19) lalu.

Hal itu diketahui dari sebuah foto yang diunggah Ihsan di akun instagram pribadinya, @ihsan_maulanamustofaa. Dalam keterangannya, ia menulis salam perpisahan.

"6 sampai hampir 7 tahun di PBSI. Bukan waktu yang sebentar dan bukan sesuatu yang mudah. Alhamdullilah. Terimakasih PBSI untuk kesempatan yang diberikan untuk saya," tulis Ihsan Maulana.

"Alhamdullilah saya pernah merasakan berjuang bersama dengan kawan-kawan untuk membawa nama Indonesia,"

"Saya ucapkan terimakasih, tidak lupa untuk badminton lovers, terimakasih untuk supportnya dan Ihsaners. Semoga di lain waktu saya membawa nama Indonesia lagi. Amin."

Penampilan yang inkonsisten karena cedera dan cendrung menurun sejak setahun terakhir, diyakini menjadi faktor utama Ihsan memilih  pergi dari pelatnas.

Saat ini, Ihsan berada di peringkat 69 dunia, sehingga lebih banyak berlaga di turnamen dengan level yang lebih rendah seperti turnamen level 100 dan 300.

Prestasi terbaiknya di tahun 2019 ini datang dari ajang Rusia Open BWF World Tour Super 100, dengan menginjakan kakinya sampai di babak semifinal.  

Sedangkan di level 300, dia tak bisa berbuat banyak karena kerap kalah di babak pertama seperti Thailand Masters dan Malaysia Open 2019.

Keluar dari PBSI bukanlah akhir dari segalanya bagi Ihsan Maulana. Hal itu sudah dibuktikan oleh Sony Dwi Kuncoro, yang hingga saat ini masih eksis mengikuti turnamen bulutangkis di sejumlah negara ataupun tingkat nasional, meski harus menjalani masa-masa sulit di tahun pertamanya keluar.

Sony Dwi Kuncoro memang sudah keluar pelatnas PBSI sejak 2014. Sejauh ini, atlet asal Surabaya itu hanya berlatih sendiri dan menggunakan kocek pribadi atau mendapat sponsor untuk bisa tampil di berbagai turnamen bulutangkis

Terbaru, Sony Dwi Kuncoro mampu menembus final ajang Caffino Indonesia International Challenge 2019, di GOR Bulu Tangkis Djarum, Magelang, Jawa Tengah, Senin (27/10/19). Sayang, Sony gagal meraih gelar juara, setelah kalah  21-13 dan 21-15 dari Ikhsan.