Pelatih Asal Indonesia Bongkar Kekurangan Mantan Pebulutangkis No 1 Dunia Usai Ditinggalkannya

Rabu, 4 Maret 2020 12:09 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih asal Indonesia, Mulyo Handoyo membeberkan yang menjadi kekurangan salah satu anak asuhnya, yakni Srikanth Kidambi. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih asal Indonesia, Mulyo Handoyo membeberkan yang menjadi kekurangan salah satu anak asuhnya, yakni Srikanth Kidambi.

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Indonesia, Mulyo Handoyo memberi tahu apa yang menjadi kekurangan salah satu anak asuhnya, yakni pebulutangkis Srikanth Kidambi pasca ditinggal olehnya.

Pecinta bulutangkis pasti tahu bagaimana perkembangan pesat pebulutangkis Srikanth Kidambi semasa masih dilatih oleh Mulyo Handoyo. ia berhasil menunjukkan performa impresif dan bahkan menjelma menjadi salah satu tunggal terbaik di era itu.

Setidaknya, saat dahulu di bawah arahan pelatih Mulyo Handoyo, pebulutangkis Srikanth Kidambi berhasil mencapai lima partai final turnamen Super Series dan berhasil memenangkan empat di antaranya, serta hanya kalah sekali dari rekan senegaranya, Sai Praneeth.

Namun pasca romantismenya dengan coach Mulyo Handoyo berakhir pada tahun 2017 silam, pebulutangkis Srikanth Kidambi seolah kehilangan arah. Ia mengalami penurunan performa drastis dan sempat menderita cedera dalam beberapa waktu.

Seusai berhasil melakukan come back dari cederanya, pebulutangkis Srikanth Kidambi juga masih mampu kembali ke performa terbaiknya seperti ketika dulu masih dilatih oleh coach Mulyo Handoyo.

Melihat performa mantan anak asuhnya kini, coach Mulyo Handoyo menyebut hal inilah yang saat ini menjadi kelemahan dari pebulutangkis Srikanth Kidambi pada saat ini.

"Saya telah menyaksikan dia bermain belakangan ini. Keahlian teknis dan strateginya masih bagus. Hanya kemampuan fisiknya yang tidak mendukungnya. Saya pikir secara fisik dia tidak cukup fit dan kurang motivasi, ” ujar Mulyo Handoyo dikutip di media hindustantimes.com.

Bahkan untuk memperbaiki performa tunggal putra Srikanth Kidambi dan khususnya sektor tunggal India, Asosiasi Bulutangkis India (BAI) kini memutuskan merekrut pelatih asal Indonesia lainnya yakni Agus Dwi Santoso yang telah dikenal sukses mengantarkan banyak pemain negara Asia lainnya.

Bahkan BAI rela merogoh kocek hingga 1/2 miliar untuk bisa memboyong coach Agus Dwi Santoso yang diharapkan bisa memperbaiki performa sektor tunggal India menjelang Olimpiade Tokyo 2020 yang sudah menghitung bulan saja masa kualifikasinya.