Ada Pelatih Indonesia di Balik Performa Tunggal Putra Kanada di Piala Sudirman

Kamis, 30 September 2021 10:10 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Prio Hari Kristanto
© fortmcmurraytoday
Nama Mario Santoso menjadi tenar dalam sehari terakhir ini setelah terungkap menjadi pelatih tunggal putra Kanada, Brian Yang, yang kalahkan Indonesia di Piala Sudirman 2021. Copyright: © fortmcmurraytoday
Nama Mario Santoso menjadi tenar dalam sehari terakhir ini setelah terungkap menjadi pelatih tunggal putra Kanada, Brian Yang, yang kalahkan Indonesia di Piala Sudirman 2021.

INDOSPORT.COM - Nama Mario Santoso menjadi tenar dalam sehari terakhir ini. Pelatih asal Indonesia ini merupakan pelatih dari Brian Yang, tunggal putra ranking 43 dunia asal Kanada. 

Yang menariknya adalah, Mario berhasil membuat Brian mengalahkan pemilik ranking tujuh dunia asal Indonesia, Jonatan Christie, di babak penyisihan grup Piala Sudirman 2021. 

Dalam laga yang digelar pada Senin, 27 September 2021 malam WIB tersebut, Brian menang lewat permainan rubber set dengan skor 9-21, 22-20, dan 21-18. 

Kekalahan ini sampai membuat Jojo, sapaan akrab Jonatan, mengakui ketangguhan Brian. Menurutnya, Brian punya keunggulan dalam permainan cepat. 

"Seharusnya saya tidak perlu mengubah strategi dengan bermain cepat yang menjadi kesukaan Brian. Sebagai pemain, dia punya track record yang juga tidak jelek," kata Jojo dalam keterangan pers PBSI.

Sedangkan, Brian sendiri sebenarnya bermain nothing to lose karena memang tidak diunggulkan dalam partai ini. Akan tetapi, ia justru mampu memenangi pertandingan. 

"Saya tidak mendapat banyak tekanan karena tidak ada ruginya bagi saya. Dia (Jojo) 10 besar dunia dan saya memang diperkirakan akan kalah," ungkap Brian di situs resmi BWF. 

Ini membuktikan bahwa Mario sukses membuat Brian semakin berkembang menjadi pebulutangkis yang cukup diperhitungkan saat ini. 

Sayangnya, Brian tidak bisa melangkah jauh di Piala Sudirman 2021. Pasalnya, langkah Kanada sudah terhenti di babak grup ini setelah kalah 0-5 dari Denmark dan 2-3 dari Indonesia.