Kenang Momen Borong Medali, Oma Gil Jadi Pemain 'Terlupakan' di Commonwealth Games

Rabu, 27 Juli 2022 16:05 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Indra Citra Sena
© badmintonengland.co.uk
Reputasinya sebagai mantan ratu bulutangkis Eropa membuat nama komentator legendaris, Gillian Clark, mencuat jelang All England 2020. Copyright: © badmintonengland.co.uk
Reputasinya sebagai mantan ratu bulutangkis Eropa membuat nama komentator legendaris, Gillian Clark, mencuat jelang All England 2020.

INDOSPORT.COM – Legenda bulutangkis asal Inggris, Gillian Clark, baru-baru ini mengunggah cuitan soal dirinya menjadi pemain terlupakan di Commonwealth Games.

Penggemar bulutangkis yang pernah menonton pertandingan Superseries di televisi pasti pernah mendengar suara khas wanita yang mengomentari pertandingan.

Suara itu tak lain adalah Gillian Clark, mantan pebulutangkis berkewarganegaraan Inggris Raya. Oma Gill, sapaan akrabnya, lahir pada 2 September 1961.

Ia adalah mantan atlet yang mewakili Inggris Raya di Olimpiade Barcelona 1992 dengan tandemnya, Julie Bradbury. Mereka kalah di perempat final ganda putri dari peraih medali emas dari Korea Selatan.

Perjalanan karier Oma Gil sebagai pebulutangkis cukup panjang dan dikenal aktif di ganda putri. Namun sepertinya, tak banyak yang tahu jika ia juga pernah berlaga di tunggal putri sekaligus memenangi dua medali perunggu Commonwealth Games.

Belum lama ini, komentator berusia 60 tahun tersebut membagikan cuitan di akun Twitter pribadinya terkait karier bulutangkisnya. Ia mengenang momen tak terlupakan sekaligus terlupakan.

"Pertandingan Commonwealth Games ke-10 saya @birminghamcg22. Empat sebagai atlet (12 medali termasuk 6 emas) & yang ke-6 sebagai komentator TV," cuitnya.

"Lebih dikenal sebagai pemain ganda, banyak yang lupa bahwa saya juga bermain tunggal. Dua medali perunggu tunggal putri di Commonwealth Games. Kenangan yang membahagiakan," ujar Oma Gil.