Ganda Campuran Indonesia Mulai Bangkit dari Kubur, Liliyana Natsir Buka Suara

Kamis, 2 Februari 2023 16:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Legenda bulu tangkis Indonesia, Liliyana Natsir, baru-baru ini memberikan komentarnya terkait sektor ganda campuran Indonesia yang mulai bangkit kubur. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Legenda bulu tangkis Indonesia, Liliyana Natsir, baru-baru ini memberikan komentarnya terkait sektor ganda campuran Indonesia yang mulai bangkit kubur. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Legenda bulutangkis Indonesia, Liliyana Natsir, baru-baru ini berkomentar terkait sektor ganda campuran Indonesia yang mulai bangkit kubur.

Di awal tahun 2022, PBSI secara mengejutkan mendepak dua ganda campuran top dunia, yakni Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Saat ini, PBSI memiliki tiga pasangan andalan yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbella.

Regenerasi ganda campuran di PBSI ini begitu cepat dan memancing perhatian Liliyana Natsir. Peraih emas Olimpiade Rio meyakini butuh proses untuk membentuk generasi emas setelah Praveen/Melati dari Hafiz/Gloria.

“Ya memang butuh proses ya, dari terakhir sebelum saya pensiun ada Jordan/Melati, akhirnya Jordan melati keluar dari PBSI,” ujar Liliyana dilansir dari Bolalob Badminton di acara Indonesia Masters 2023 pekan kemarin.

“Sekarang otomatis ada Rinov/Pitha, Rehan/Lisa Rinov/Pitha dan di bawahnya, mereka memikul beban yang cukup berat. Jadi butuh proses,” lanjut Liliyana.

Meski di awal-awal sempat banjir kritikan, namun tiga pasangan PBSI tersebut berhasil membuktikan bahwa mereka mampu menjadi tulang punggung.

Rinov/Pitha mampu menembus peringkat 9 dunia. Rinov/Pitha merupakan runner-up Malaysia Masters 2022 dan mampu menembus BWF World Tour Finals 2022 di akhir tahun.

Sementara, Rehan/Lisa sukses merangsek ke peringkat 13 dunia. Mereka berhasil menjuarai gelar juara Hylo Open 2022 setelah sebelumnya jadi runner-up di Orleans Masters.

Namun demikian, Rinov/Pitha dan Rehan/Lisa masih berjuang keras di awal musim. Mereka selalu tumbang di babak-babak awal di Malaysia Open, India Open dan Indonesia Masters.