x

Kaleidoskop Tenis Juli-Desember 2014

Sabtu, 27 Desember 2014 18:21 WIB
Penulis: Riki Ilham Rafles | Editor: Zainal Hasan

Beberapa rekor terjadi seperti pencapaian gemilang Serena Williams pada ajang Grand Slam. Dia berhasil melengkapi gelarnya yang ke-18 kali sekaligus menyamai pencapaian legenda tennis dunia Martina Navratilova dan Chris Evert.

Berbalik dengan apa yang dialami Serena, penampilan petenis putra unggulan dunia, Rafael Nadal justru sempat melempem dalam kurun waktu ini. Dia secara mengejutkan kandas di tangan petenis berusia 19 tahun, Nick Kyrgios.

Berikut rangkuman INDOSPORT terkait rekaman tennis dunia medio Juli hingga Desember 2014.


1. Juli

Kyrgios (kiri) kalahkan Rafael Nadal (kanan)

Rafael Nadal disingkirkan Petenis Berusia 19 tahun.

Setelah bertarung selama dua jam dan 58 menit, Nick Kyrgios akhirnya membuat kejutan dengan menyingkirkan petenis nomor satu dunia, Rafael Nadal dengan skor 7-6 (5), 5-7, 7-6(5), 6-3.

Laga ini terjadi pada babak keempat kejuaran tennis dunia paling bergengsi, Grand Slam Wimbledon 2014. Nadal harus mengakui keunggulan petenis asal Australia yang berperingkat 144 dunia.

Hal itu membuat Kyrgios berhasil mencatatkan namanya dalam lembaran sejarah tennis dunia sebagai pemain berperingkat di atas 100 pertama yang sukses mengalahkan petenis nomor satu sejak 1992.

David Ferrer Kalah dari petenis Peringkat 46 Dunia.

Petenis peringkat 46 dunia asal Argentina Leonardo Mayer meraih gelar ATP perdananya usai mengalahkan unggulan teratas David Ferrer dengan hasil akhir 6-7, 6-1, 7-6 di final Hamburg.

Mayer menjadi pemenang dari peringkat terendah di turnamen ATP Tur Dunia 500 sejak petenis peringkat 54 dunia Radek Stepanek mengunci gelar Washington pada 2011.


2. Agustus

Federer Cetak 300 Kemenangan Turnamen Master

Pada usia pascakepala tiga, Federer masih mampu mencetak kemenangannya yang ke 300 di turnamen master dengan melibas petenis Kanada, Vasek Pospisil, 7-6 (5), 5-7, 6 2 pada babak kedua Western & Southern Open 2014 di Cincinnati, Kamis (14/08/14).

Israel Batal Jamu Argentina Akibat Konflik Gazza.

Konflik di jalur Gaza berdampak pada olahraga. Federasi Tenis Internasional (ITF) memerintahkan playoff Piala Davis antara Tim Davis Israel melawan Argentina, Sabtu (16/08/14).

Sejatinya Israel akan menjamu Argentina dalam partai playoff grup dunia yang dijadwalkan berlangsung di Tel Aviv, Israel, September 2014. ITF memerintahkan pertandingan dipindahkan ke Florida, Amerika Serikat demi pertimbangan keamanan dan keselamatan.

Martin Navratilova Coaching Clinic di Indonesia.

Peraih delapan kali gear juara tunggal putri dan sebelas kali ganda putri WTA, Martin Navratilova datang ke Indonesia untuk berbagi pengalaman dalam kegiatan coaching clinic serta mempromosikan BNP Paribas WTA Final yang digelar di Singapura, Sabtu (16/08/14).

Petenis Indonesia Berjaya di Kanada

Petenis junior Indonesia Tami Grende kembali mengukir prestasi usai mengalahkan pasangan Jepang, Chithiro Muramatai/Yuhima Saigo dengan skor 7-5 dan 6-2 di turnamen internasional Kanada Terbuka 2014, Minggu (31/08/14).

Keberhasilan Tami menjadi menjadi bekal bagi petenis asal Bali tersebut untuk mengikuti Grandslam US Open 2014.


3. September

Serena Williams Rebut Grand Slam ke-18

Serena Williams meraih gelar ketiganya secara beruntun di ajang Amerika Terbuka dengan menaklukkan Caroline Wozniacki dua set langsung.

Hasil itu sekaligus membuatnya setara dengan dua legenda tennis lainnya, yakni Artina Navratilova dan Chris Evert. Itu artinya adik kandung dari Venus Williams ini hanya butuh 4 gelar grand slam lagi untuk menyamai rekor Steffi Graf yang telah mengumpulkan 22 gelar grand slam selama kariernya.

Petenis Kroasia Pertama yang Berhasil juara Amerika Terbuka

Marin Cilic mencatatkan diri sebagai petenis putra Kroasia pertama yang berhasil meraih trofi Amerika Terbuka setelah mengandaskan perlawanan Kei Nishikori dengan skor 6-3,6-3,6-3

Li Na umumkan Pensiun 

Petenis asal China, Li Na mengumumkan pensiun dari dunia tenis pada usia 32 tahun. Keputusan itu diambil karena dia tak kunjung bisa sembuh dari cedera yang telah membuatnya absen selama tujuh bulan pada 2014.


4. Oktober

Kei Nishikori (Jepang)

Maria Saraphova Juara China Terbuka

Petenis asal Rusia, Maria Sharapova berhasil memenangkan China Terbuka setelah berhasil mengalahkan petenis asal Republik Ceko, Petra Kvitova dengan skor 6-4,2-6,6-3 pada babak final, Minggu (05/10/14).

Pemegang 18 gelar Grand Slam takluk di Singapura.

Kejutan terjadi pada laga WTA Finals 2014 di Singapura, Rabu (22/10/14). Pemegang 18 gelar Grand Slam, Serena Williams harus mengakui keunggulan Simona Halep dengan skor 0-6,2-6.

Petenis Asia pertama di ATP Finals

Petenis asal Jepang, Kei Nishikori berhasil melangkah ke ATP Finals 2014 setelah menaklukan petenis asal Prancis, Jo- Wilfried Tsonga dengan skor 6-1,4-6,6-4 pada laga final Paris Masters 2014.

Dengan raihan tersebut, Nishikori berhasil mencatatkan namanya di lembaran sejarah tennis sebagai wakil Asia pertama yang bisa berlaga di ATP Finals.


5. November

Kemenangan ke-600 Novak Djokovic

Tahun 2014 menjadi milik Novak Djokovic, yang hingga akhir tahun ini tetap bercokol di peringkat teratas dunia setelah memenangi gelar Paris Master yang ketiga kalinya dan mencatat kemenangan ke-600 di turnamen ATP, organisasi tenis pria sedunia.

Raihan tersebut didapat petenis asal Serbia setelah berhasil mengandaskan perlawanan Milos Raonic dengan skor 6-2,6-3 pada ajang BNP Paribas Masters, Prancis, Minggu (02/11/14).

Juara Tanpa Bertanding

Novak Djokovic, Senin (17/11/14), sukses menjadi jawara ATP World Tour Finals 2014 dengan kemenangan bye alias tak perlu bertanding. Petenis Serbia ini menjadi kampiun usai pada partai puncak Roger Federer menyatakan mundur.

Federer mengumumkan pengunduran dirinya saat memasuki lapangan. Ia mundur usai berlaga tiga jam kontra Stanislas Wawrinka pada babak semifinal dirinya mengalami masalah pada punggung dan tak bugar.


6. Desember

Serena dan Djokovic dapat penghargaan ITF

Dua petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic dan Serena Williams dianugerahi gelar "Juara Dunia 2014" dari Federasi Tenis Dunia (ITF). Penghargaan itu diberikan berkat penampilan apik mereka di turnamen reguler (ATP Tour) maupun Grand Slam sepanjang 2014.

Serena WilliamsRafael NadalATPWTAMarin CilicWTA FinalsATP Finals 2014Roger Federer

Berita Terkini