x

Martina Hingis, Tua-Tua Makin Jadi

Minggu, 12 Juli 2015 09:30 WIB
Editor: Galih Prasetyo

Lahir di Kosice, Cekoslovakia (sebelum berpisah menjadi Rep Ceko dan Slovakia) pada 30 September 1980, Martina Hingis menjelma menjadi petenis dunia yang membuat terpukau lawan dan kawan di setiap laganya. 

Menarik jika melihat sepak terjang dimulai saat ia menjadi petenis profesional pada 1997 di nomor ganda putri. Total ia sudah memenangkan lima gelar grand slam untuk tunggal putri serta 10 gelar grand slam AS terbuka di nomor ganda putri. 

Tahun ini, Hingis kembali buktikan ia masih memiliki taji untuk membuat lawan bertekuk lutut. Berpasangan dengan petenis asal India, Sania Mirza, gelar ganda putri Wimbledon 2015 sukses ia raih. 

Berikut 4 Fakta Menarik Martina Hingis: 


1. Termuda

Martina Hingis sempat catatkan rekor sebagai petenis termuda. Ia adalah petenis termuda yang sukses meraih gelar grand slam di abad ke 20. Gelar itu ia dapat saat berpasangan dengan Helena Sukova di ajang wimbledon. Ia meraih gelar tunggal putri tersebut di usia 15 tahun dan 9 bulan. Di tahun yang sama ia sukses mencapai semifinal tunggal putri di AS Terbuka. Di Austria Terbuka 1996, ia sukses kalahkan Monica Seles. 


2. Mundur Sementara

Meraih gelar Wimbledon dan gelar grand slam di usia muda, karir Hingis begitu melesat. Namun hal buruk terjadi. Di usia 22, ia mendapat cedera yang memaksanya untuk mundur sementara dari tenis profesional. Usai beberapa kali operasi, Hingis mulai tampil kembali pada tur WTA 2006. Ia sukses meraih tiga gelar di nomor tunggal putri. 


3. Pensiun Lalu Bermain Kembali

Pada Juli 2013, Martina Hingis putuskan untuk pensiun untuk bermain di turnamen untuk nomor ganda putri. Pasangan terakhirnya ialah Daniela Hantuchova. Ia mengatakan ingin bermain untuk tunggal putri. Namun, keputusannya ia koreksi. Ia sempat tampil di ganda putri bersama Sabine Lisicki dan sempat melatih Sabine pada Wimbledon. Hingis kemudian berpasangan dengan Sania Mirza dan sukses meraih peringkat dua dunia di nomor ganda putri pada 15 Juni 2015. 


4. Gelar Juara

Cukup banyak gelar yang sudah diraih petenis yang sempat menjadi petenis nomor satu dunia pada 1998. Berikut beberapa gelar grand slam yang pernah diraih Martina Hingis, 

Australia Open: 1997,1998 dan 1999 
Wimbledon: 1997 
US Open: 1997
WTA Tour Championship: 1998 dan 2000

Australia Open Super Series 2014Martina Hingis

Berita Terkini