x

6 Rekor Roger Federer, Petenis Peraih 300 Kemenangan Grand Slam

Jumat, 22 Januari 2016 21:17 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha

Roger Federer mengukir rekor di ajang Australia Terbuka 2016. Ia tampil sebagai petenis pria pertama yang mengumpulkan 300 kemenangan di laga Grand Slam. 

Rekor ini tercipta setelah ia mengalahkan petenis Bulgaria, Grigor Dimitrov di ajang Australia Terbuka 2016. Federer menang 6-4, 3-6, 6-1, dan 6-4 di laga tersebut. 

Selain Federer, petenis lain yang berhasil mengumpulkan 300 kemenangan di ajang Grand Slam adalah petenis legendaris Martina Navratilova dengan 306 kemenangan.

Selain mencatat sejarah dengan kemenangan tersebut, mantan petenis nomor satu dunia ini juga banyak mencatat rekor positif lain di dunia tenis. 

Berikut INDOSPORT sajikan sejumlah rekor positif yang berhasil diraih Federer.


1. Gelar Muda

Pada 2001, saat usianya berusia 19 tahun, Federer meraih gelar pertama meski hanya berada di peringkat dua. Hari bersejarah itu terjadi di Milan, Italia saat ia mengalahkan Goran Ivanisevic dan Yevgeny Kafelnikov. Sayang ia tak harus bertekuk lutut saat berhadapan dengan Julien Boutter di babak final. 

Kemenangan ini memang tak terlalu cemerlang, namun ini menjadi penanda terbitnya sinar yang dimiliki Federer. 


2. Australia Terbuka

Selain meraih rekor kemenangan terbanyak bagi petenis pria di ajang Grand Slam, Federer juga merupakan petenis ketiga yang meraih lima gelar di ajang Australia Terbuka. 

Selain itu, dengan usianya yang telah menginjak 34 tahun, Federer juga menjadi petenis paling tua yang berlaga di babak 16 besar Australia Terbuka. 


3. Petenis Terbaik

Performa luar biasa yang ditunjukkan Federer hingga usianya yang tak lagi muda membuat ia didaulat sebagai salah satu petenis terbaik dunia sepanjang masa oleh banyak petenis, yang masih aktif maupun yang sudah pensiun, maupun oleh para pelatih. 


4. Petenis Swis Terbaik

Saat ini Roger Federer memiliki rekan senegara yang memiliki kualitas permainan  tak terlalu jauh, yaitu Stan Wawrinka. Petenis 30 tahun itu meraih dua gelar Grand Slam, Australia Terbuka pada 2014 dan Prancis Terbuka pada 2015. 

Namun jauh sebelum kehadiran Wawrinka, Federer telah membuat harum nama Swiss di dunia Internasional. Ia menjadi petenis Swiss pertama yang berhasil meraih gelar Grand Slam yang ia raih di ajang Australia Terbuka pada 2004 lalu. 


5. Grand Slam

Federer menjadi petenis pria pertama yang berhasil mencapai 10 final Grand Slam secara beruntun yang ia raih pada 2008. Penampilan impresifnya saat itu dihentikan petenis Yugoslavia, Novak Djokovic yang mengalahkannnya di babak semifinal Australia Terbuka tahun 2008.


6. Kembar

Di luar dunia tenis yang ia geluti, Federer juga mencatat 'rekor' yang tak bisa di dapat semua orang. Pernikahannya dengan Mirka Vavrinec memberinya dua pasang anak kembar. 

Hebatnya, Federer memiliki sepasang anak kembar perempuan, dan sepasang anak kembar laki-laki. Anak kembar pertama pasangan Federer-Mirka lahir pada 23 Juli 2009 dan dinamai Myla Rose dan Charlene Riva. Sedangkan anak kembar lelaki mereka lahir pada 6 Mei 2014 yang dinamai Leo dan Lennart. 

Australia TerbukaRoger FedererIn Depth Sports

Berita Terkini