x

Kaleidoskop Tenis Juli - Desember 2016: Kebangkitan Murray dan Kerber

Kamis, 29 Desember 2016 11:00 WIB
Editor: Dery Adhitya Putra

Seperti enam bulan sebelumnya, banyak juga yang menarik yang terjadi dan patut untuk dikenang para pecinta olehraga tenis pada semester kedua tahun 2016. Pada bulan Juli hingga Desember 2016, terjadi pergeseran pada singgasana petenis terbaik dunia, baik untuk nomor tunggal putra maupun tunggal putri.

Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, harus merelakan posisi sebagai petenis pria nomor satu dunia kepada Andy Murray. Kegemilangan petenis asal Inggris tersebut dalam berbagai turnamen yang diikutinya selama semester kedua tahun 2016 membuat dirinya sukses menggeser Djokovic untuk menduduki posisi puncak dalam daftar petenis dunia.

Nasib serupa juga dialami oleh rekan seprofesi Murray, Angelique Kerber. Petenis wanita asal Jerman tersebut akhirnya mematahkan dominasi Serena Williams yang lama duduk di kursi pemuncak daftar petenis wanita dunia.

Selain dua hal tersebut, masih banyak peristiwa menarik yang terjad isepanjang semester kedua 2016 dan menarik untuk dikenang. Untuk itu, INDOSPORT telah merangkum apa saja yang terjadi dalam Kaleidoskop tenis untuk bulan Juli hingga Desember 2016:


1. Juli

Petenis cantik dunia asal Serbia, Ana Ivanovic resmi menikahi pemain Manchester United, Bastian Schweinsteiger.

3 Juli

Harapan Novak Djokovic untuk mempertahankan gelar wimbledon yang diraihnya tahun lalu kandas. Petenis nomor satu dunia versi ATP tersebut disingkirkan oleh non-unggulan di babak ketiga.

Petenis asal Montonegro, Milos Raonic, menorehkan rekor impresif di Wimbledon tahun ini. Dalam laga babak keempat melawan Jack Sock, Raonic, mencetak pukulan tercepat di Wimbledon tahun ini.

10 Juli

Andy Murray dan Williams bersaudaran berjaya di Wimbledon. Murray menjadi juara setelah mengalahkan Milos Raonic di babak final tunggal putra. Serena dan Venus Williams menjadi yang terbaik di kategori ganda putri usai menaklukkan pasangan Timea Babos dan Yaroslava Shvedova.

Serena melengkapi torehan manisnya di Wimbledon setelah menyabet gelar juara untuk nomor tunggal putri, usai mengalahkan Angelique Kerber di babak final lewat dua set. Prestasi tersebut membuat Serena menyamai rekor Steffi Graff dengan total 22 gelar juara Grand Slam.

12 Juli

Petenis cantik dunia asal Serbia, Ana Ivanovic resmi menikahi pemain Manchester United, Bastian Schweinsteiger. Italia menjadi negara yang dipilih keduannya untuk melangsungkan perayaan janji suci tersebut.

Andy Murray berpesta untuk merayakan kesuksesannya menjadi juara pada turnamen tenis Wimbledon. Beberapa foto kondisi Murray yang tampak mabuk berat usai berpesta semalaman beredar luas di Inggris.

18 Juli

Argentina dan Inggris melaju ke babak semifinal Piala Davis. Juan Martin del Potro dkk lolos dari babak perempatfinal setelah mengalahkan Italia dengan skor 3-1. Sementara Andy Murray cs mengalahkan Serbia dengan skor 3-2 untuk meraih tiket ke babak semifinal.

19 Juli

Demi menunjang penampilannya di Olimpiade 2016, Murray akhirnya memutuskan mundur dari kejuaran Kanada Terbuka 2016.

31 Juli

Bob dan Mike Bryan memutuskan untuk tidak berlaga di Olimpiade Rio karena ketakutan akan virus Zika. Pasangan ganda putra asal Amerika Serikat tersebut menjadi petenis ketiga dan keempat yang mengundurkan diri dari ajang Olimpiade usai Simona Halep dan Milos Raonic.


2. Agustus

Petenis unggulan kelima dunia, Rafael Nadal berhasil menyabet medali emas Olimpiade Rio 2016 bersama pasangannya, Marc Lopez di nomor ganda putra.

7 Agustus

Perjalanan Venus Williams di Olimpiade Rio terhenti dengan cepat. Petenis asal Amerika Serikat tersebut tersingkir di babak pertama setelah secara mengejutkan kalah dari Kirsten Flipkens lewat tiga set.

8 Agustus

Langkah ganda putra terbaik Inggris Raya, Andy Murray/Jamie Murray harus terhenti di babak pertama Olimpiade Rio 2016 usai dikalahkan petenis tuan rumah, Andre Sa dan Thomaz Bellucci.

Masih dari ajang yang sama, Novak Djokovic tak kuasa menahan tangis usai dikalahkan petenis Argentina, Juan Martin del Potro. Hasil ini membuat pemegang peringkat satu dunia tersebut harus tersingkir dari ajang Olimpiade.

Menyusul Murray dan Djokovic, pasangan ganda putri Amerika Serikat, Serena dan Venus Williams, juga tersingkir di putaran pertama cabang tenis di Olimpiade Rio 2016. Pasangan yang pernah meraih tiga medali emas Olimpiade tersebut takluk dari wakil Republik Ceko, Lucie Safarova dan Barbora Strycova.

12 Agustus

Petenis unggulan kelima dunia, Rafael Nadal berhasil menyabet medali emas Olimpiade Rio 2016 bersama pasangannya, Marc Lopez di nomor ganda putra. Pasangan asal Spanyol itu sukses mengalahkan pasangan Rumania, Florin Mergea/Horia Tecau.

13 Agustus

Petenis asal Puerto Rico, Monica Puig, mencatatkan prestasi manis bagi negaranya. Puig menyumbangkan medali emas pertama untuk negaranya sepanjang sejarah Olimpiade saat sukses mengalahkan petenis asal Jerman, Angelique Kerber, di babak final tunggal putri melalui tiga set.

14 Agustus

Andy Murray meraih medali emas olimpiade. Petenis asal Inggris tersebut menjadi juara untuk cabang tunggal putra setelah mengalahkan Juan martin del Potro melalui empat set.

29 Agustus

Maria Sharapova menemukan cara untuk melampiaskan rasa frustasi dan marah yang dimilikinya usai dihukum selama 24 bulan akibat kasus doping. petenis asal Rusia tersebut memilih olahraga tinju sebagai ajang pelepasan stress.


3. September

Stan Wawrinka menjadi juara AS Terbuka setelah mengalahkan Novak Djokovic melalui empat set di babak final.

12 September

Stan Wawrinka menjadi juara AS Terbuka. Petenis asal Swiss tersebut mengangkat trofi juara setelah mengalahkan Novak Djokovic melalui empat set di babak final. Prestasi ini merupakan gelar AS Terbuka pertama untuk Wawrinka dan trofi Grand Slam ketiga yang diraihnya sepanjang karier.

13 September

Angelique Kerber berhasil menjadi juara AS Terbuka setelah mengalahkan Karolina Pliskova di babak final tunggal wanita.Kerber menjadi petenis wanita tertua yang merasakan peringkat satu dunia untuk pertama kalinya.

14 September

Stan Wawrinka menjuarai turnamen Grand Slam Amerika Serikat Terbuka 2016 setelah mengalahkan Novak Djokovic di babak final. Namun, seorang presenter TV berhasil mengalahkannya dalam pertandingan tenis

Dua petenis AS, Serena dan Venus Williams termasuk dua atlet yang menjadi korban hacker asal Rusia yang sukses membocorkan data medis para atlet yang dimiliki oleh Badan Anti Doping Dunia (WADA)


18 September

Anggota kru penyelenggara Japan Women's Open (JWO) punya cara unik untuk mengeringkan lapangan yang basah akibat hujan. Menggunakan handuk yang disebar di lapangan, sekitar 30 anggota kru berdiri menginjak handuk-handuk itu dan melompat-lompat di atasnya. Mereka seolah sedang melakukan koreografi tari.

19 September

Tim Piala Davis Inggris harus mengubur mimpi untuk tampil di final setelah pemain tunggal putra mereka, Dan Evans, ditaklukkan Leonardo Mayer. Hasil ini membuat Argentina akan berhadapan dengan Kroasia di partai final.

26 September

Serena Williams merayakan ulang tahunnya yang ke-35. Sepanjang kariernya di dunia tenis, Serena telah berhasil meraih gelar Grand Slam sebanyak 22 gelar di nomor tunggal putri dan empat medali emas di ajang Olimpiade.

29 September

Novak Djokovic mengonfirmasi dirinya tidak akan ikut serta dalam turnamen China Open yang berlangsung pada bulan Oktober di Beijing, China. Djokovic mengalami cedera siku dan berusaha untuk memulihkan keadaannya. Sebelumnya, petenis putri peringkat dua dunia, Serena Williams juga memutuskan untuk mundur dari turnamen ini karena mengalami cedera bahu.


4. Oktober

Kaleidoskop Tenis Oktober Petenis nomer dua dunia asal Inggris Raya, Andy Murray, berhasil merebut gelar juara Shanghai Masters 2016

4 Oktober

Andy Murray mengaku menjadi korban dari seorang pelayan kamar yang nekat. Petenis asal Inggris tersebut diikuti oleh perempuan yang diduga mengaguminya hingga ke kamar hotel.

5 Oktober

Maria Sharapova memenangkan banding atas kasus doping yang menjeratnya. Hal tersebut membuat masa hukuman yang harus dijalaninya berkurang dari 24 bulan menjadi hanya 15 bulan.

7 Oktober

Tennis Integrity Unit (TIU) tengah sibuk membongkar dugaan pengaturan skor di event grand slam, Wimbledon tahun ini. Pihak TIU mengklaim bahwa sejak Juli hingga September tahun ini, mereka menerima laporan peringatan adanya kasus pengaturan skor laga tenis di Amerika Serikat Terbuka dan Wimbledon.

9 Oktober

Petenis Polandia, Agnieszka Radwanska berhasil merebut gelar juara di China Open 2016 setelah mengalahkan petenis Inggris, Johanna Konta. Ini merupakan kemenangan kedua Radwanska di China Open.

10 Oktober

Andy Murray meraih kemenangan dalam babak final turnamen China Terbuka setelah membekuk Grigor Dimitrov lewat dua set langsung. Dengan kemenangan ini, Murray mengantongi lima gelar juara musim ini.

11 Oktober

Juara China Open, Andy Murray memprotes Asosiasi Petenis Profesional (ATP) setelah mengetahui catatan taktiknya ditayangkan stasiun televisi saat final China Open melawan Grigor Dimitrov. Melalui manajemennya, dia meminta agar pelanggaran privasi seperti itu tidak lagi terjadi.

12 Oktober

Dua mantan petenis nomor satu dunia, Rafael Nadal dan Roger Federer kini berada di luar empat besar ranking dunia untuk pertama kali dalam 13 tahun terakhir mendominasi persaingan di dunia tenis. Nadal kini berada di peringkat kelima dunia menurut tabel peringkat dari ATP. Sedangkan Federer berada dua peringkat di bawah petenis asal Spanyol itu.

Sementara itu, petenis Rusia, Maria Sharapova, kembali ke berlaga untuk pertama kalinya setelah terbukti mengkonsumsi obat dengan kandungan zat yang dikategorikan doping. Sharapova tampak senang meski tampil dalam laga amal

17 Oktober

Petenis nomer dua dunia asal Inggris Raya, Andy Murray, berhasil merebut gelar juara Shanghai Masters 2016. Kepastian itu diraih usai Murray menaklukkan petenis asal Spanyol, Roberto Bautista Agut. Ini merupakan gelar ketiganya di ajang Shanghai Masters, usai meraih prestasi tersebut pada tahun 2010 dan 2011.

31 Oktober

Dominika Cibulkova berhasil mengalahkan petenis wanita nomor 1 dunia, Angelique Kerber, di ajang WTA Finals. Cibulkova meraih gelar dengan hasil 6-3 dan 6-4. Ini merupakan pencapaian tertinggi yang diraih Cibulkova sepanjang kariernya di dunia tenis.


5. November

Andy Murray akhirnya berhasil menjadi petenis nomor satu dunia, menggeser posisi Novak Djokovic, usai berhasil menembus partai final Prancis Terbuka 2016.

6 November

Andy Murray akhirnya berhasil menjadi petenis nomor satu dunia, menggeser posisi Novak Djokovic, usai berhasil menembus partai final Prancis Terbuka 2016. Prestasi ini membuatnya menjadi petenis tertua yang pernah menjadi nomor satu dunia sejak John Newcombe pada musim 1974.

7 November

Keberhasilan Andy Murray menjadi petenis nomor satu dunia kian lengkap setelah sukses menjadi juara Paris Masters 2016. Di babak final, petenis asal Inggris tersebut mengalahkan John Isner melalui tiga set.

12 November

Demam mannequin challenge merambah berbagai bidang. Para petenis top dunia seperti Andy Murray dan Novak Djokovic pun turut ambil bagian dalam tren yang dipopulerkan oleh siswa Edward H. White High School di Jackonsville, Florida, Amerika Serikat tersebut.

21 November

Andy Murray berhasil meraih kemenangan di ajang ATP World Tour Finals usai mengalahkan Novak Djokovic di partai pamungkas. Kemenangan ini sekaligus membuatnya mengakhiri musim dengan status pemain terbaik dunia.

Kemenangan ini juga memperpanjang rekor kemenangan Murray menjadi 24 beruntun musim ini. Musim ini, Murray mengumpulkan 9 gelar, termasuk satu gelar Grand Slam dan Olimpiade 2016

22 November

Berbagai prestasi yang diraih Andy Murray sepanjang 2016 membuatnya dipertimbangkan untuk menerima gelar kesatria dari Kerajaan Inggris. Namun petenis yang saat ini menghuni peringkat satu dunia tersebut belum merasa pantas untuk menyandang gelar "Sir".

27 November

Argentina menjadi juara Piala Davis 2016. Juan Martin del Potro dkk meraih trofi setelahmengalahkan Kroasia di babak final dengan skor 3-2.

30 November

Petenis wanita nomor tiga dunia,  Agnieszka Radwanska, terpilih sebagai petenis putri dengan pukulan terbaik di dunia. Ia pun dinobatkan menerima penghargaan Shot of the Year dari Women's Tennis Association (WTA). Penghargaan ini merupakan kali keempat yang diterima Radwanska. Petenis 27 tahun ini telah menerima penghargaan serupa sejak 2013 lalu secara beruntun.


6. Desember

Petenis putri asal Jerman, Angelique Kerber dan Andy Murray meraih gelar Juara Dunia 2016 versi International Tennis Federation (ITF).

1 Desember

Petenis tunggal putra peringkat 4 dunia, Stan Wawrinka, dihadiahi replika trofi Amerika Terbuka yang terbuat dari cokelat. Replika menggiurkan tersebut dibuat dalam rangka mempromosikan turnamen Jenewa Terbuka 2017.

2 Desember

Badan anti korupsi di dunia tenis, Tennis Integrity Unit (TIU), dan kepolisian Spanyol menangkap 34 orang dalam kasus dugaan match-fixing atau pengaturan skor di dunia tenis. Enam orang diantaranya dipastikan berstatus sebagai pemain.

Aparat kepolisian menyebut, mereka telah menemukan bukti terjadinya pengaturan skor ini dalam 17 turnamen putra yang berlangsung di lima kota di Spanyol. Perkiraan sementara, kejahatan tersebut bernilai sekitar 500 ribu Euro atau sekitar Rp7,2 miliar.

11 Desember

Berbagai prestasi yang ditorehkan Andy Murray sepanjang 2016 berbuah manis. Berdasarkan pemungutan suara yang dilakukan media asal Inggris, The Telegraph, petenis berusia 29 tahun tersebut dinobatkan sebagai atlet asal Britania Raya terbaik tahun ini.

15 Desember

Petenis putri asal Jerman, Angelique Kerber dan Andy Murray meraih gelar Juara Dunia 2016 versi International Tennis Federation (ITF). Pencapaian yang diraih kedua petenis tersebut selama 2016

Serena WilliamsMaria SharapovaAndy MurrayOlimpiadeAngelique KerberShanghai MastersNovak DjokovicKaleidoskopOlimpiade 2016Olimpiade Rio de JaneiroOlimpiade Rio 2016

Berita Terkini