x

3 Fakta Gregoria Mariska yang Belum Banyak Diketahui

Senin, 23 Oktober 2017 13:55 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Gregoria Mariska Tunjung.

Indonesia berhasil meraih dua juara dalam BWF World Junior Championships 2017 yang berlangsung di GOR Among Rogo, Yogyakarta. Kedua kemenangan itu berhasil diraih dari nomor tunggal putri dan ganda campuran.

Gregoria Mariska Tunjung mampu meraih kemenangan dengan mengalahkan wakil China, Han Yue lewat permainan rubber set. Gregoria mampu memastikan keunggulan dirinya dengan mengakhiri pertandingan dengan skor 21-13, 13-21, dan 24-22.

Gregoria Mariska Tunjung meraih medali emas World Junior Championships 2017.

Sementara dari nomor ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari mampu meraih juara dengan mengalahkan pasangan yang juga berasal dari Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dengan hasil akhir 21-23, 21-15, dan 21-18.

Sayangnya, hal itu tidak mampu diikuti oleh pebulutangkis Indonesia dari nomor ganda putri. Pasalnya, pasangan Jauza Fadhila Sugiarto/Ribka Sugiarto harus kandas di babak final dari pasangan asal Korea Selatan Ha Na-baek/Yu Rim-lee dalam rubber set 21-18, 11-21, dan 3-21.

Gregoria Mariska Tunjung meraih medali emas World Junior Championships 2017.

Titel juara yang mampu diraih oleh Gregoria Mariska Tunjung itu pun mendapatkan perhatian khusus dari banyak kalangan masyarakat. Hal itu sebagai buntut dari kekhawatiran banyak pihak dalam menilik prestasi pebulutangkis putri Indonesia.

Sebab, usai era Susy Susanti, Mia Audina, ataupun Maria Kristin Yulianti, belum ada lagi pebulutangkis putri Indonesia yang mampu memberikan prestasi besar bagi negara, khususnya di ajang internasional.

Kini, perempuan cantik berusia 18 tahun itu pun memberikan secerca harapan untuk mendongkrak perkembangan bulutangkis putri di Indonesia.

Baca Juga

Menilik hal ini, berikut INDOSPORT akan menyajikan fakta pebulutangkis Gregoria Mariska Tunjung yang belum banyak diketahui oleh publik.


1. Biodata

Gregoria Mariska Tunjung meraih medali emas World Junior Championships 2017.

Gregoria Mariska Tunjung lahir pada 11 Agustus 1999 silam di Wonogiri, Jawa Tengah. Perempuan yang kini berusia 18 tahun itu telah menjadi pemain bulutangkis Pelatnas Cipayung sejak 2013 lalu, bersama dengan rekannya Hana Ramadhini dan Fitriani.

Sebelumnya, Gregoria mengawali masa sebagai atlet bulutangkis bersama PB Mutiara Cardinal Bandung. Perempuan dengan tinggi badan mencapai 164 cm itu pun mengumbar awal mula tertarik untuk bermain bulutangkis kala menyaksikan pertandingan bulutangkis yang dilakoni oleh Taufik Hidayat.

"Waktu kecil, saya nonton pertandingan Taufik Hidayat di televisi. Saat itu bapak melihat betapa saya antusias sekali dan bilang kalau saya mau dibelikan raket keesokan harinya. Saat itu rasanya senang bukan main, dari sinilah saya mulai bermain bulutangkis," ujar Gregoria, dikutip dari Bola Nasional (21/05/16).


2. Prestasi

Podium tunggal putri World Junior Championships 2017.

Nama Gregoria Mariska Tunjung semakin tenar di Indonesia usai dirinya mampu meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2017 yang berlangsung di Yogyakarta. Prestasi yang ditorehkannya terbaru itu bahkan membuat dirinya mencetak sejarah.

Pasalnya, terakhir kali Indonesia menjadi juara di nomor tunggal putri pada seri pertama yang berlangsung pada 1992 silam di Jakarta. Pada masa itu, pebulutangkis bernama Kristin Yunita mampu memberikan sumbangan medali emas untuk Indonesia.

Gregoria Mariska.

Selain prestasi terbarunya itu, Gregoria juga turut menyumbangkan berbagai medali untuk Indonesia di nomor tunggal putri. Seperti ketika dirinya berlaga di SEA Games 2017 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia.

Di kompetisi yang digelar pada Agustus 2017 kemarin itu, atlet berusia 18 tahun tersebut mampu meraih medali perunggu usai kandas dari pebulutangkis tuan rumah di babak semifinal.

Selain di nomor tunggal putri, Gregoria bersama rekan-rekannya juga mampu menyumbangkan medali perunggu kala berjibaku di nomor beregu SEA Games 2017 itu.

Prestasi lain yang turut ditorehkan sebelumnya, yakni pada Kejuaraan Asia Junior yang berlangsung di Bangkok, Thailand pada 2016 lalu. Gregoria mampu meraih medali perak usai menjadi runner up pasca kekalahan dari wakil asal China di babak final.


3. Hobi

Gregoria Mariska Tunjung.

Sebagai seorang pebulutangkis, Gregoria Mariska Tunjung nyatanya tidak hanya memiliki hobi untuk bermain bulutangkis. Atlet cantik berusia 18 tahun itu diketahui juga mempunyai hobi untuk melakukan travelling.

Di akun Instagram resmi miliknya, @greegoriaa, Gregoria sering kali mengunggah foto-foto kala dirinya sedang berpergian ke suatu daerah.

Seperti halnya foto yang di-posting ketika dirinya sedang berpergian ke Candi Prambanan, Yogyakarta. Gregoria memperlihatkan foto pemandangan di sekitaran candi serta foto yang memperlihatkan dirinya tengah berpose di Candi Prambanan itu.

Ada pula posting-an foto yang memperlihatkan dirinya tengah berpose manis di tengah hutan di Bukit Moko, Bandung. Nampak wajahnya yang berseri-seri terpotret manis dengan latar belakang pepohonan yang menjulang tinggi.

Gregoria MariskaRaketKejuaraan Bulutangkis Dunia 2017

Berita Terkini