x

Alex Tirta: Alexis, Exist, hingga Peranan di Bulutangkis

Rabu, 1 November 2017 15:01 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Hotel Alexis di Jakarta Utara.

Wacana Gubernur Jakarta saat ini, Anies Baswedan, untuk menghentikan izin usaha Hotel Alexis terus menjadi gunjingan para netizen. Banyak warga Jakarta meminta kepada Gubernur baru tersebut untuk menghentikan dengan segera hotel yang telah melegenda tersebut.

Berita terakhir mengabarkan bahwa Anies telah menolak melakukan perpanjangan kontrak untuk izin usaha yang diajukan oleh pihak Hotel Alexis. Hal tersebut seakan menjawab keraguan banyak pihak akan janji manis Anies-Sandiaga perihal penghentian izin usaha Hotel Alexis.

Baca Juga

Naiknya pemberitaan mengenai penghentian izin usaha Hotel Alexis pun menimbulkan sebuah pertanyaan, siapa pemilik hotel terkenal di Jakarta Utara itu? Belakangan diketahui nama Hotel Alexis merupakan nama yang diambil dari sang pemilik hotel ini sendiri, Alex Tirta.

Alex Tirta yang memiliki nama lengkap Tirta Juwana Darmadji ini dikabarkan banyak media adalah seorang pemilik usaha yang memiliki usaha griya pijat dan hotel dengan gedung bercorak warna-warni tersebut.

Alex Tirta (kanan).

Di balik akan banyaknya rumor yang mengatakan bahwa dirinya adalah pemilik Hotel Alexis, nyatanya Alex Tirta juga memiliki kontribusi nyata dalam bidang olahraga. Alex Tirta juga diketahui merupakan seorang pengurus olahraga bulutangkis.

Melihat hal tersebut, INDOSPORT mencoba merangkum profil singkat Alex Tirta di dunia olahraga bulutangkis, yang telah mengarumkan nama Indonesia di kancah dunia.


1. Merupakan Ketum Pemprov Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Wilayah DKI

Alex Tirta saat disahkan menjadi Ketum Pengprov Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) di DKI.

Selain menjadi seorang pengusaha, Alex Tirta merupakan Ketua Umum Pengprov Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) di DKI. Dirinya mendapatkan jabatan tersebut di tahun 2015 hingga 2019 mendatang, dengan menggantikan Icuk Sugiarto.

Dalam pemilihan Ketum Pemprov, dirinya mendapatkan empat suara dari enam pemilik suara yang hadir. Keempat Pengurus Kota (Pengkot) PBSI yang memilih Alex adalah, Retno Kustiyah, Ketua Pengkot Jakarta Pusat, Juniarto Suhandinata (Ketua Pengkot Jakarta Selatan), Arifin Wiguna (Ketua Pengkot Jakarta Timur), dan Alex sendiri yang Ketua Pengkot Jakarta Utara.

“Terima kasih kepada empat Pengkot PBSI di DKI Jakarta yang telah mempercayai saya untuk menjadi Ketua Pengprov PBSI DKI Jakarta.  Kepercayaan ini akan saya kerjakan sebaik-baiknya dan lewat kesempatan ini saya meminta dukungan kawan-kawan semuanya untuk bersama-sama memajukan prestasi bulu tangkis Jakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya,” tutur Alex dalam pidatonya dikutip Juara.net.


2. Tidak Diakui KONI DKI Jakarta sebagai Ketum Pemprov PBSI DKI

Alex Tirta.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Alex Tirta terpilih menjadi Ketua Umum Pengprov PBSI Wilayah DKI Jakarta pada tahun 2015 dengan menggeser posisi Icuk Sugiarto. Namun, hal tersebut sempat tidak mendapat pengakuan dari KONI DKI Jakarta.

Dilansir dari beritasatu, KONI Pusat DKI membatalkan rekomendasi dukungan KONI DKI kepada Pengprov PBSI DKI hasil Musprovlub 2015 yang secara aklamasi dan sah telah memilih Alex Tirta sebagai Ketua Umum periode 2015-2019 menggantikan Icuk Sugiarto.

Menanggapi hal tersebut, Alex Tirta pun menanggapinya dengan santai. Dirinya mengatakan bahwa polemik tersebut merupakan sebuah dinamika organisasi yang harus disikapi secara arif.

“Saya menghargai sikap KONI DKI yang mencabut rekomendasi tersebut, namun hal itu tidak masalah karena saya adalah tetap Ketua Umum PBSI DKI yang sah dan memegang SK dari Pengurus Pusat PBSI yang menjadi dasar legalitas saya sebagai Ketua Umum PBSI DKI,” ujar Alex Tirta.


3. Menjadi Wakil Ketua Umum I PBSI, setelah Ditunjuk oleh Wiranto

Alex Tirta dan Wiranto.

Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan, Wiranto, memilih Alex Tirta sebagai Wakil Ketua Umum I PBSI pada periode 2016-2020. Dirinya bergabung bersama dengan Lutfi Hamid sebagai Wakil Ketua Umum II, dan Karna Brata Lesmana sebagai Wakil Ketua Umum III.

Pengumuman pengurus baru PBSI disampaikan di Hotel Atlet Century Jakarta, Minggu (04/12/16) tahun lalu. Beberapa wajah lama dipertahankan oleh Wiranto, termasuk Ricky Soebagja dan Susy Susanti.

Berikut susunan pengurus PP PBSI periode 2016-2020.

Ketua Umum: Wiranto
Wakil Ketua Umum I/Ketua Harian: Alex Tirta
Wakil Ketua Umum II: Lutfi Hamid
Wakil Ketua Umum III: Karna Brata Lesmana

Dewan Kehormatan
Try Sutrisno
Soerjadi
Subagyo Hadisiswoyo
Chairul Tanjung
Sutiyoso
Joko Santoso

Dewan Penasihat

Gita Wirjawan
Bambang S. Brodjonegoro
Nurdin Halid
Nusron Wahid
Hamid Awaludin
Lukmanul Hakim
Franky Wijaya
Ciputra
Justian Suhandinata
Tan Joe Hok
Rudi Hartono
Anton Subowo

Sekretaris Jenderal: Achmad Budiharto 
Wakil Sekretaris Jenderal: Oei Wijanarko Adi Mulya

Bendahara: Beni Prananto
Wakil Bendahara: Sutoto Agus Harmono

Staf Ahli Organisasi
Indra Utoyo
Juniarto Suhandinata

Staf Ahli Hukum
Umbu S Samapaty
Arfa Gunawan

Staf Ahli Binpres
Taufik Hidayat
Christian Hadinata

Subid Hubungan Luar Negeri: Bambang Roediyanto 
Subid Informasi Teknologi: Devi Indah Kartika
Subid Humas dan Media: Ricky Soebagja, Carmelita

Bidang Binpres: Susy Susanti 
Subid Pelatnas: Lius Pongoh
Subid Pengembangan Prestasi dan Sport Science: Basri Yusuf

Bidang Organisasi dan Kelembagaan: Edy Sukarno
Subid Organisasi dan Tata Laksana: Topan Indra Karsa

Bidang Keabsahan dan Implementasi PBSI: Rachmat Setiyawan

Bidang Turnamen dan Perwasitan: Eddiyanto Sabarudin
Subid Turnamen: Sarjono
Subid Perwasitan: Nelson Napis

Bidang Pengembangan Daerah dan Komunitas: Alfianto Wijaya

Subid Korwil I:
Sukriadi
Eri Zulhendrizal

Subid Korwil II:
Agung Lindartawan
Suyono

Subid Korwil III:
Junaidin Yaman
Dharmawan Duming
Calvyn A Kobis

Subid Komunitas: Edy Prayitno

Bidang Dana dan Usaha: Yoppy Rosimin
Subid Sponsorship: Alan Budikusuma

Bidang Sarana dan Prasarana: Freddy EP Husein

Subid Pengadaan dan Logistik:
HM Ferlie
Masranudin Abd Azis
Johnson Runtung


4. Pemilik PB Exist, Salah Satu Klub Bulutangkis Terbaik di Tanah Air

PB Exist, klub bulutangkis milik Alex Tirta.

Alex Tirta diketahui memiliki salah satu klub bulutangkis terbaik di Tanah Air bernama PB Exist. Sarana tempat pelatihannya berlokasi di GOR lama kawasan Jalan Lodan, Ancol, Jakarta Utara. Namun kini, PB Exist dikabarkan telah pindah lokasi ke daerah komplek Perumahan Nirwana Estate, Jalan Cikaret raya, Cibinong, Bogor.

Diketahui, GOR tersebut memiliki luas tanah seluas 1.500 meter persegi, dengan luas bangunan mencapai 2.600 meter persegi. GOR tersebut kabarnya difasilitasi dengan tujuh lapangan, asrama, ruang belajar, perpustakaan, tempat fitnes, ruang video, tempat latihan pasir, hingga gedung serbaguna.

PB Exist pun dikenal melahirkan para pebulutangkis ternama yang selalu mencuri gelar juara di kejuaraan-kejuaraan nasional, seperti Fitriani, Priskila Siahaya, Rohmat AR, Alwi M., Felix Eka, hingga Shelawati.

Alex Tirta

Berita Terkini