x

Kurang Menghibur, BWF Akan Ubah Format Skor Bulutangkis?

Kamis, 30 November 2017 13:08 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo kalahkan pasangan Rusia pada babak delapan besar China Open 2017.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) tengah menggodok wacana perubahan sistem skor pertandingan bulutangkis. Dalam berita yang dilansir The Star, dewan BWF telah menyetujui format skor baru dari yang reli 21x3 menjadi 11x5.

Hal tersebut dibicarakan dalam pertemuan BWF yang berlangsung di Montego Bay, Jamaica. Namun keputusan akhir baru akan dibuat pada rapat tahunan yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand, pada Mei tahun depan, bertepatan dengan ajang Thomas dan Uber Cup. 

Lee Chong Wei.

"Akan menjadi menghibur pada akhirnya dan baik untuk para fans. Bayangkan kemungkinan punya rasa deg-degan di penghujung set sebanyak lima kali," tutur Presiden BWF Poul-Erik Hoyer dalam Denmark Open 2017, Oktober lalu.

"Ini akan mendekatkan kita pada apa yang kita mau, yakni meningkatkan olahraga ini dan membuatnya makin menghibur di industri olahraga yang terus berkembang ini. Perubahan itu juga akan menarik bagi orang-orang muda yang senang menonton olahraga dinamis yang serba cepat," lanjutnya.

Baca Juga

Format reli 21 poin dalam maksimal 3 set sudah dipakai selama sepuluh tahun terakhir. Format 11x5 akan ditetapkan maksimal 15 poin saat skor mencapai 10-10.

Sistem baru tersebut telah diuji coba dalam beberapa turnamen BWF level 3 dan 4 di awal tahun ini, seperti misalnya Iran International Challenge 2017.

BWF

Berita Terkini