x

Miris! Tidak Ada Nama Wakil Indonesia di Daftar Peraih Gelar Juara Super Series Terbanyak

Rabu, 20 Desember 2017 18:44 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Imam Nahrawi saat mengunjungi pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur (16/06).

Dunia bulutangkis Tanah Air sedang dalam merasakan momen menggembirakan. Hal itu menyusul torehan prestasi gemilang yang diraih pasangan ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di sepanjang 2017.

Pasangan yang kerap dijuluki Duo Minions itu tidak hanya berhasil membawa pulang gelar juara partai pamungkas Dubai Super Series Final 2017, tapi juga sukses membuat dua sejarah baru.

Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon meraih tujuh gelar juara super series pada tahun 2017.

Kevin/Marcus kini tercatat sebagai satu-satunya pasangan ganda putra yang sukses meraih tujuh gelar juara super series dalam satu tahun. Pencapaian itu berhasil melewati prestasi yang pernah dicatatkan ganda putra Korea Selatan, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong, yang meraih enam gelar juara Super Series sepanjang 2015 lalu.

Dimulai dari All England 2017, Kevin/Marcus tampil konsisten dengan menjadi juara di India Open, Malaysia Open, Japan Open, China Open, Hongkong Open, dan terakhir juara di Dubai Super Series Final 2017.

Tidak hanya itu, Kevin/Marcus juga menjadi pasangan ganda putra yang paling banyak menembus babak final dalam satu tahun, yakni sembilan kali.

Namun, terlepas dari kesuksesan yang diraih oleh Kevin/Marcus di sepanjang 2017 ini, prestasi wakil Indonesia dalam ajang turnamen level super series masih jauh dari kata memuaskan.

Dikatakan demikian karena belum ada wakil Indonesia yang menyandang status peraih gelar juara super series terbanyak di semua nomor, mulai dari tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Saat ini, pemegang gelar juara super series terbanyak didominasi oleh wakil China, Korea Selatan, dan juga Malaysia.

Lee Yong-dae masih berstatus peraih gelar juara super series terbanyak kategori ganda putra.

Di nomor ganda putra contohnya. Saat ini sosok yang menjadi pemegang gelar juara super series terbanyak adalah Lee Yong-dae yang mengoleksi 37 gelar juara. Beralih ke nomor ganda putri, gelar juara super series terbanyak masih dipegang oleh wakil China, Yu Yang dengan 35 kemenangan di babak final.

Untuk sektor ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mungkin menjadi kebanggan Indonesia. Namun, nyatanya total gelar juara super series yang diraih keduanya masih di bawah pebulutangkis China, Zhao Yunlei dan Zhang Nan, yang masing-masin sudah merebut 27 gelar juara.

Lee Chong Wei sudah memiliki 46 gelar juara super series.

Berikutnya di nomor tunggal putri, pebulutangkis China, Wang Yihan masih berstatus sebagai peraih gelar juara terbanyak dengan total 20 kali. Nah, di nomor ganda putra sendiri, Lee Chong Wei asal Malaysia masih belum punya pesaing sebagai tunggal putra terbanyak meraih gelar juara super series.

Tidak tanggung-tanggung, meski belum pernah meraih medali emas Olimpiade, Chong Wei memiliki rekor 46 gelar juara super series. Hal itu tidak saja membuatnya perkasa di nomor tunggal putra, tapi juga menjadi peraih gelar juara super series terbanyak sepanjang masa.

Baca Juga

Dari Indonesia sendiri, pebulutangkis yang paling banyak meraih gelar juara super series masih dipegang oleh Liliyana Natsir dari nomor ganda campuran. Selama kariernya, pebulutangkis yang akrab disapa Butet itu sudah memiliki 23 gelar juara super series.

Lee Chong WeiLiliyana NatsirPBSILee Yong DaeMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo

Berita Terkini