x

Juarai India Open 2018, Ini Tiga Rekor Yang Dicatat Kevin/Marcus

Senin, 5 Februari 2018 19:54 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
kevin/Marcus meraih gelar juara di India Open 2018

Dipasangkan sejak tahun 2015 lalu, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sakamuljo sudah menuai banyak prestasi. Pasangan berjuluk Duo Minions ini pun telah sukses menorehkan beberapa rekor bertaraf internasional.

Kevin/Marcus menjadi pebulutangkis ganda putra yang paling ditakuti di dunia karena permainan mereka yang lincah dan cepat, ditambah arah pukulan yang kerap sulit ditebak, terutama pukulan dari Kevin. Hal tersebut tentu membuat pasangan lawan kerap kerepotan untuk menaklukan mereka.

Baca Juga

Kevin/Marcus sendiri baru dipasangkan pada awal 2015 lalu karena pasangan mereka sebelumnya mengalami cedera. Baru beberapa pekan dipasangkan mereka sudah mampu menyabet medali emas di turnamen All England 2015. 

Dari situlah keduanya mulai mengoleksi berbagai medali dari turnamen dunia yang membuatnya kini menjadi pasangan ganda putra yang memuncaki ranking BWF.

Tak hanya mendominasi ranking BWF, Kevin/Marcus ternyata juga telah menorehkan beberapa rekor dunia yang konon akan sulit dipatahkan oleh pebulutangkis lain dalam waktu dekat ini. Berikut rekor Marcus/Kevin yang telah INDOSPORT rangkum.


1. Sabet 7 Gelar Super Series dalam Setahun

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di ajang BWF Dubai World Super Series Finals 2017.

Duo Minions menutup tahun 2017 dengan gemilang dan fantastis. Mereka berhasil memenangkan turnamen Dubai Super Series Finals pada Desember lalu, setelah mengalahkan mengalahkan pasangan China dengan 21-16, 21-18 pada laga final di Hamdan Sports Complex, Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu (17/12/2017).

Atas prestasi ini, Marcus/Kevin berhasil mencatat sejarah baru. Ganda putra kebanggaan Indonesia ini berhasil meraih tujuh gelar superseries dalam satu tahun kalender. Mereka menggeser posisi pasangan Korea Selatan,  Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong yang meraih enam gelar superseries dalam satu tahun kalender.

Secara keseluruhan, Marcus/Kevin melangkah ke 9 final ajang superseries tahun ini. Mereka hanya gagal di final Korea Terbuka dan Denmark Terbuka.

Berikut gelar juara tersebut: 

1. All England 

2. India Open

3. Malaysia Open

4. Japan Open

5. China Open

6. Hong Kong Open

7. Dubai Super Series Finals


2. Pendapatan Hadiah Uang Tertinggi Sepanjang 2017

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di laga kedua Dubai Super Series Finals 2017.

Kemenangan Marcus/Kevin dalam ketujuh gelar Super Series membawa pasangan ganda putra terbaik dunia itu ke rekos selanjutnya. Dari 7 kemenangan Marcus/Kevin tentu mendapat hadiah dalam bentuk gaji yang dibagikan. 

Total hadiah uang yang mereka hasilkan selama turnamen di tahun 2017 membuat mereka sebagai pebulutangkis terkaya di Indonesia, bahkan di dunia. Jika dijumlahkan dari seluruh turnamen termasuk Dubai Super Series Finals, Marcus/Kevin masing-masing berpenghasilan Rp2,51 miliar selama tahun 2017.


3. Hattrick Turnamen Bulutangkis

kevin/Marcus meraih gelar juara di India Open 2018

Kemenangan Marcus/Kevin pada turnamen India Open 2018 pada hari Minggu (04/02/18) tersebut menjadi kemenangan ketiga pasangan ganda putra itu pada turnamen yang sama. Sebelumnya, Marcus/Kevin juga menjuarai India Open di tahun 2016 dan 2017. Rekor tiga kemenangan beruntun tersebut sendiri belum pernah diraih oleh para pebulutangkis dunia di turnamen manapun. 

Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoRaketDubai Super Series Finals 2017India Open 2018

Berita Terkini